Jadi Korban Rasisme, Richarlison Dilempari Pisang

Brasil perangi tindak rasisme

Jakarta, IDN Times- Aksi rasisme kembali terjadi di lapangan hijau. Kini, striker Timnas Brasil, Richarlison De Andrade, menjadi korban perilaku tak terpuji tersebut saat memperkuat negaranya dalam laga uji coba. 

Pemain Tottenham Hotspur itu nampak dilempari pisang oleh penonton di Stadion Parc des Princes. Kala itu, dia tengah membela Brasil dalam laga persahabatan melawan Tunisia yang berlangsung pada Rabu (28/9/2022).

1. Richarlison dilempar pisang saat rayakan gol

Dalam video yang beredar di media sosial, Richarlison tampak dilempari pisang oleh penonton saat merayakan gol kedua Brasil yang dia cetak di menit 19. Koleganya, Fred, pun langsung menendang pisang itu ke luar lapangan 

Sebelum laga, Timnas Brasil sebetulnya sudah mengampanyekan tindakan anti-rasisme, dengan berfoto bersama spanduk anti aksi tersebut menjelang kick-off. 

"Tanpa pemain-pemain kulit hitam kami, kami tak akan memiliki bintang di baju kami, Timnas Brasil melawan rasisme," tulis spanduk tersebut. 

Baca Juga: Vinicius Jr Jadi Sasaran Rasial, Bintang-bintang Brasil Membela

2. Vinisius sudah alami duluan tindakan rasisme

Jadi Korban Rasisme, Richarlison Dilempari PisangRodrygo dan Vinicius Jr berselebrasi di depan fans Atletico Madrid. (washingtonpost.com)

Dikutip The Sun, aksi tersebut merupakan bentuk dukungan Timnas Brasil kepada Vinicius Jr. Maklum, pemain Real Madrid itu sebelumnya menjadi korban rasisme di televisi dan di lapangan jelang laga melawan Atletico Madrid.

Pertama, pemain sayap itu mengalami perilaku rasisme dari seorang agen asal Spanyol, Pedro Bravo, saat merayakan gol ke Mallorca. Selain itu, perilaku itu kembali dia alami memasuki Stadion Wanda Metropolitano oleh fans Los Rojiblancos.

3. CBF bakal terus memerangi rasisme

Sementara itu, Federasi Sepak bola Brasil (CFB) turut menanggapi insiden tersebut. Mereka menyesalkan atas apa yang ada di Paris dan bakal terus berkomitmen buat memerangi rasisme.  

"sayangnya, setelah aksi ini, sebuah pisang dilempar ke arah Richarlison sebagai pencetak gol kedua Brazil. CFB memperkuat posisinya buat memerangi rasisme dan menolak semua manifestasi prasangka," tulis CFB melalui Twitter. 

Baca Juga: Vinicius Jr Jadi Korban Rasisme, LaLiga Turun Tangan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya