Jika Frenkie De Jong ke Old Trafford, Bagaimana Perannya di MU?

MU masih melakukan negosiasi alot dengan Barcelona

Jakarta, IDN Times- Langkah Frenkie De Jong ke Manchester United makin dekat. Gelandang Barcelona tersebut dikabarkan sudah siap hengkang dari Camp Nou musim panas ini untuk reuini dengan Erik Ten Hag di Old Trafford.

Hanya saja, MU masih di gantung Barcelona lantaran belum menemui kesepakatan soal nilai transfer De Jong. Sebelumnya, proposal Setan Merah senilai 60 juta Euro setara Rp917 miliar ditambah bonus 10 juta Euro (Rp152 miliar) telah ditolak.

Dilansir Metro, Raksaksa Spanyol itu masih kekeh ingin mendapatkan 100 juta Euro atau setara dengan Rp1,5 triliun. Nilai transfer fantastis itu dijadikan Blaugrana untuk membantu menyeimbangkan neraca keuangan di tengah krisis yang mereka alami.

1. Frenkie de Jong diproyeksikan mengisi lini tengah MU

Jika Frenkie De Jong ke Old Trafford, Bagaimana Perannya di MU?Frankie de Jong (uefa.com)

Erik Ten Hag memang memprioritaskan untuk mengontrak pemain berkualitas di pos gelandang pada bursa transfer musim panas 2022. Terlebih, klub sudah kehilangan Nemanja Matic, Paul Pogba, Jesse Lingard dan Juan Mata dari Old Trafford yang sudah habis kontrak.

Frenkie de Jong dinilai sebagai pemain yang paling cocok mengisi posisi gelandang MU. Selain punya kualitas yang sangat baik, dia juga sudah mengenal baik cara bermain Ten Hag, yang notabene adalah pelatihnya saat membela Ajax Amsterdam. 

Alhasil, skema yang diinginkan pelatih asal Belanda itu pun bakal lebih mudah diaplikasikan De Jong di lapangan.

Baca Juga: 5 Alasan Frenkie De Jong Jadi Buruan Manchester United

2. Frankie de Jong bisa duet lagi bareng Donny van de Beek

Jika Frenkie De Jong ke Old Trafford, Bagaimana Perannya di MU?Donny van de Beek (planetfootball.com)

Jika MU berhasil membawa Frenkie De Jong ke Old Trafford, dia kemungkinan akan bisa membangkitkan kembali performa Donny van de Beek. Maklum, mantan rekannya itu sempat jadi pesakitan di MU musim ini. Hal itu bahkan membuatnya sempat dipinjamkan ke Everton

Bersama De Jong, Van de Beek sempat tampil kompak bersama menghidupkan lapangan tengah Ajax dalam beberapa musim. Duo ini bahkan punya peran kunci dalam membantu Ajax mencapai semifinal Liga Champions 2019. 

Untuk itu, kedatangan De Jing kemungkinan besar bakal memberikan dampak positif bagi Van de Beek di Old Trafford.

3. Frankie de Jong bakal diandalkan di formasi 4-2-3-1 milik Ten Hag

Jika Frenkie De Jong ke Old Trafford, Bagaimana Perannya di MU?Instagram

Jika Ten Hag akan memainkan sistem yang hanya membutuhkan satu striker, maka ia bisa menggunakan formasi 4-2-3-1. Dengan formasi itu, De Jong bisa dimainkan dalam poros ganda dengan dukungan Van de Beek.

Melansir Manchester Evening News, De Jong sendiri bisa bergabung dengan McTominay, Garner atau Fred di poros ganda, meskipun Manchester United sendiri sebetulnya membutuhkan gelandang bertahan yang baru dan lebih baik.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya