Ten Hag Tiru Aturan Ketat Sir Alex Ferguson di MU

Jam latihan dimulai lebih awal

Jakarta, IDN Times - Manajer Manchester United, Erik ten Hag, menerapkan aturan lama yang sempat ditinggalkan pasca Sir Alex Ferguson pensiun. Ten Hag mengembalikan tradisi yang pernah ditancapkan Ferguson dengan menerapkan jam latihan yang lebih pagi.

Ten Hag, dilansir The Sun, memajukan waktu latihan MU menjadi pukul 09.00. Padahal, sejak Ole Gunnar Solskjaer menangani tim, para pemain MU baru mulai latihan jam 10.00

1. Ferguson pernah menerapkannya

Ten Hag Tiru Aturan Ketat Sir Alex Ferguson di MUpotret Sir Alex Ferguson (uefa.com)

Ini bukan hal baru buat MU. Ketika masih aktif melatih, Ferguson sempat menerapkan jadwal tersebut di Carrington.

Para pemain tak boleh telat untuk datang ke latihan, karena ada denda yang menanti. Aturan ini juga diterapkan oleh Ten Hag.

Demi memberikan contoh, Ten Hag malah datang satu jam sebelum latihan dimulai. Sementara, para asistennya sudah di lapangan sejak pukul 07.45.

Baca Juga: Ten Hag Sudah Lontarkan Ultimatum ke ManCity dan Liverpool

2. Berkumpul lebih dini

Ten Hag sebenarnya menggelar latihan perdana lebih dini. Start untuk persiapan MU sebenarnya dimulai pada awal Juli 2022 nanti, yakni ketika jelang laga pramusim di Bangkok.

Namun, Ten Hag mau pemainnya berkumpul dua pekan sebelum laga pramusim. Memang, imbasnya ada sejumlah pemain seperti Bruno Fernandes dan Cristiano Ronaldo yang belum nongol.

Keduanya diberikan jatah libur ekstra ketimbang pemain lain, akibat baru saja membela Timnas di UEFA Nations League.

3. Geber fisik

Ten Hag Tiru Aturan Ketat Sir Alex Ferguson di MUpotret Erik ten Hag (uefa.com)

Start dua pekan lebih dini sebenarnya dimanfaatkan Ten Hag untuk menggeber kondisi fisik para pemain Setan Merah. Ten Hag menganalisis, kalau MU musim lalu kurang tinggi intensitas permainannya akibat kalah dalam urusan fisik. Makanya, menurut Ten Hag, tak heran jika skema gegenpressing Ralf Rangnick gagal.

Kini, demi menerapkan filosofi permainan menyerangnya di MU, Ten Hag bakal membenahi stamina para pemainnya. Baru setelahnya, Ten Hag menanamkan fondasi skema, strategi, serta taktik bermain.

Baca Juga: Ronaldo Belum Nongol di Latihan Perdana Manchester United

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya