10 Pemain Belgia Paling Sering Main di Premier League

Siapa terbaik?

Premier League terus kedatangan pemain-pemain dari berbagai negara setiap musimnya. Hal tersebut tak mengherankan karena kasta teratas Liga Inggris ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pesepak bola. Belgia yang berada di peringkat 1 FIFA juga menjadi salah satu negara Eropa yang kerap mengekspor pemainnya ke Premier League.

Setidaknya dalam beberapa musim terakhir, cukup banyak pemain Belgia yang berlaga di Premier League. Hampir di setiap posisi, pemain asal Belgia memiliki tempat utama di klub Premier League. Hal tersebut membuat mereka mencatatkan pertandingan yang cukup banyak. Lalu siapa saja pemain Belgia yang catatkan pertandingan terbanyak di Premier League? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 10 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak dalam Sejarah Manchester City

1. Vincent Kompany (265 Pertandingan)

10 Pemain Belgia Paling Sering Main di Premier Leaguemancity.com

Pemain Belgia dengan pertandingan terbanyak di Premier League adalah Vincent Kompany. Bek tangguh Belgia ini bermain di Premier League bersama Manchester City sejak musim 2008/2009 hingga 2018/2019. Sebelas musim membela City, Kompany dipercaya menjadi kapten dan tampil dalam 265 pertandingan Premier League.

Sebagai bek tengah, pemain yang gantung sepatu pada Agustus 2020 itu mencatatkan 18 gol, 8 assist, 94 clean sheet serta satu kali Player of the Season. Kompany juga berhasil meraih trofi Premier League sebanyak empat kali bersama klub asal Manchester tersebut. 

2. Marouane Fellaini (260 Pertandingan)

10 Pemain Belgia Paling Sering Main di Premier Leaguepremierleague.com

Di urutan kedua ada Marouane Fellaini yang pernah membela dua klub Premier League. Pemain gelandang ini pertama kali tampil di Premier League pada musim 2008/2009 bersama Everton. Tampil meyakinkan membuatnya dilirik Manchester United hingga akhirnya direkrut pada musim 2013/2014.

Bersama The Reds Devils, Fellaini bertahan hingga musim 2017/2018 sebelum akhirnya hengkang ke Liga Tiongkok. Selama bermain di Premier League, Fellaini mencatatkan 260 pertandingan. Ia sukses mencetak 37 gol, 16 assist, serta 1 kali Player of the Month.

3. Romelu Lukaku (252 Pertandingan)

10 Pemain Belgia Paling Sering Main di Premier Leaguepremierleague.com

Romelu Lukaku menjadi pemain Belgia yang malang melintang di Premier League. Sembilan musim di Premier League, Lukaku membela empat klub berbeda. Keempat klub tersebut adalah Chelsea, West Bromwich, Everton, dan Manchester United. Namun, karier terbaiknya ia raih saat membela Everton dan Manchester United.

Lukaku memutuskan hijrah ke Serie A pada awal musim 2019/2020. Selama di Premier League, Lukaku telah mencatatkan 252 penampilan. Sebagai seorang striker, ia mencetak 113 gol, 35 assist, serta satu kali meraih Player of the Month. Meskipun cukup lama di Premier League, Lukaku belum pernah menjadi juara.

4. Eden Hazard (245 Pertandingan)

10 Pemain Belgia Paling Sering Main di Premier Leaguepremierleague.com

Eden Hazard pantas disebut sebagai pemain Belgia tersukses yang bermain di Premier League. Ia bermain di Premier League bersama Chelsea selama tujuh musim. Tepatnya sejak musim 2012/2013 hingga 2018/2019 sebelum akhirnya ia hijrah ke LaLiga. Selama berkarier di Premier League, Hazard mencatatkan 245 penampilan dengan mencetak 85 gol dan 54 assist.

Penghargaan pribadi lainnya yang diraih Hazard antara lain Player of the Month, Goal of the Month, Best Playmaker hingga Player of the Season. Kesuksesannya semakin lengkap karena saat bersama The Blues ia sukses merengkuh trofi Premier League sebanyak dua kali. 

5. Simon Mignolet (245 Pertandingan)

10 Pemain Belgia Paling Sering Main di Premier Leaguepremierleague.com

Di posisi kiper, Belgia juga memiliki stok kiper yang cukup banyak, salah satunya Simon Mignolet. Kiper 32 tahun ini menjadi andalan dua klub berbeda selama di Premier League. Ia pertama kali membela Sunderland selama tiga musim yaitu sejak 2010/2011 hingga 2012/2013.

Berkat penampilan impresifnya, Mignolet pun diboyong Liverpool pada musim selanjutnya dan bertahan hingga musim 2017/2018. Selama di Premier League, Mignolet mencatatkan 245 pertandingan dengan catatan 80 clean sheet. Saat ini ia masih aktif bermain di Liga Belgia bersama Club Brugge.

Baca Juga: Kalau Ronaldo Bikin Hotel, Simon Mignolet Buka Usaha Kedai Kopi

6. Mousa Dembele (243 Pertandingan)

10 Pemain Belgia Paling Sering Main di Premier Leagueindependent.ie

Tottenham Hotspur menjadi klub Premier League yang diperkuat pemain Belgia cukup banyak. Salah satunya yaitu Mousa Dembele yang berposisi sebagai gelandang. Dembele membela Spurs sejak musim 2012/2013 hingga Desember 2018. Namun, sebelum bergabung dengan Spurs, Dembele lebih dulu membela Fulham selama dua musim.

Hampir sepuluh musim di Premier League, Dembele telah tampil dalam 243 laga. Ia mencatatkan 12 gol dan 12 assist untuk Spurs dan Fulham. Hingga kini Dembele belum mampu meraih trofi Premier League. Saat ini ia bermain di Liga Tiongkok bersama Guangzhou R&F.

7. Christian Benteke (233 Pertandingan)

10 Pemain Belgia Paling Sering Main di Premier Leagueliverpoolfc.com

Christian Benteke sudah kenyang pengalaman bermain di Premier League. Striker asal Belgia ini debut pertama kali di Premier League pada musim 2012/2013 bersama Aston Villa. Hingga saat ini ia juga masih aktif membela klub Premier League, yaitu Crystal Palace.

Klub Premier League lainnya yang pernah dibela pemain 30 tahun itu adalah Liverpool. Selama bermain di kasta teratas Liga Inggris tersebut, Benteke telah mencatatkan 233 pertandingan bersama ketiga klub itu. Sebagai seorang striker, ia sukses mengoleksi 74 gol, 20 assist, serta pernah sekali menjadi Player of the Month.

8. Jan Vertonghen (232 Pertandingan)

10 Pemain Belgia Paling Sering Main di Premier Leagueinstagram.com/ jvertonghen

Jan Vertonghen adalah pemain Belgia yang berposisi sebagai bek tengah. Pemain 33 tahun ini telah membela Tottenham Hotspur sejak musim 2012/2013 dan bertahan hingga musim 2019/2020. Kurang lebih 8 musim berkarier di Premier League, Vertonghen telah tampil dalam 232 pertandingan.

Bek tangguh ini mencatatkan 6 gol, 4 assist, dan 72 clean sheet. Ia juga pernah meraih penghargaan pribadi, yaitu Player of the Month. Delapan musim di Premier League, Vertonghen belum mampu juara bersama Spurs. Saat ini pemain 33 tahun itu bermain di liga Portugal bersama Benfica.

9. Toby Alderweireld (183 Pertandingan)

10 Pemain Belgia Paling Sering Main di Premier Leaguepremierleague.com

Pemain kesembilan dalam daftar ini juga membela Tottenham Hotspur, yaitu Toby Alderweireld. Sama seperti Vertonghen, Alderweireld juga seorang bek tengah. Sebelum membela Spurs sejak 2015/2016, ia juga pernah membela Southampton selama satu musim.

Alderweireld bermain di Premier League sudah hampir tujuh musim. Hingga kini, ia mencatatkan 183 pertandingan dengan mencatatkan 8 gol, 4 assist, serta 63 clean sheet. Sama seperti Dembele dan Verthongen, Alderweireld juga belum berhasil meraih trofi Premier League. 

10. Kevin De Bruyne (165 Pertandingan)

10 Pemain Belgia Paling Sering Main di Premier Leaguemancity.com

Pemain Belgia yang tak kalah gemilang saat bermain di Premier League adalah Kevin de Bruyne. Ia membela Chelsea selama semusim di awal kariernya. Namun, de Bruyne gagal tampil apik. Sempat hijrah ke Bundesliga, de Bruyne kembali menerima tantangan bermain di Premier League, yaitu bersama Manchester City sejak musim 2015/2016. 

Selama berkarier di Premier League, de Bruyne telah bermain dalam 165 laga bersama Chelsea dan City. Catatan pribadinya adalah 38 gol, 72 assist, 1 Player of the Season, 2 kali Goal of the Month, dan 2 kali Best Playmaker. Ia juga berhasil mengantarkan The Citizens juara Premier League sebanyak dua kali.

 

Belgia memang sedang dalam masa keemasan sepak bola mereka. Hal itu tak lepas dari banyaknya pemain berkualitas di berbagai posisi. Siapa pemain Belgia terbaik yang bermain di Premier League?

Baca Juga: 10 Potret Menawan Kevin De Bruyne, Gelandang Andalan Manchester City

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya