10 Pemain Paling Diandalkan Thomas Tuchel Sebelum Menangani Chelsea

Tuchel adalah pelatih baru Chelsea

Thomas Tuchel merupakan pelatih berkebangsaan Jerman yang terbilang cukup muda untuk ukuran seorang pelatih. Namun, pelatih berusia 47 tahun itu sudah memiliki segudang pengalaman. Ia baru saja ditunjuk sebagai juru taktik Chelsea untuk menggantikan Frank Lampard. Tuchel tentu saja diharapkan bisa membawa The Blues kembali berjaya dengan skuad yang mentereng. Sebelum melatih klub asal London tersebut, Tuchel telah melatih beberapa klub.

Ia memulai karier sebagai pelatih dengan menangani tim muda Mainz 05 dan kemudian promosi ke tim utama. Setelah itu, ia menangani Borussia Dortmund dan terakhir Paris Saint-Germain. Total 7 trofi sudah ia raih dan tentu saja mengandalkan banyak pemain untuk meraihnya. Kira-kira, siapa saja pemain paling diandalkan Thomas Tuchel sebelum menangani Chelsea? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Thomas Tuchel: Melatih Sejak Muda, Berkembang Kemudian

1. Nikolce Noveski (167 Pertandingan)

10 Pemain Paling Diandalkan Thomas Tuchel Sebelum Menangani Chelseamainz05.de

Pemain paling diandalkan Thomas Tuchel selama karier kepelatihannya adalah Nikolce Noveski. Pemain berkebangsaan Makedonia Utara itu menjadi pemain yang diandalkan Tuchel saat menangani Mainz 05.

Noveski yang ditangani Tuchel selama lima musim mencatatkan 167 pertandingan di tiga kompetisi berbeda. Sebagai seorang bek tengah, ia hanya mampu mengoleksi 4 gol dan 1 assist.

2. Elkin Soto (146 Pertandingan)

10 Pemain Paling Diandalkan Thomas Tuchel Sebelum Menangani Chelseabundesliga.com

Pemain kedua dalam daftar ini juga merupakan pemain yang diandalkan Thomas Tuchel saat menangani Mainz 05. Pemain tersebut adalah Elkin Soto yang berposisi sebagai gelandang.

Sama seperti Noveski, pemain berkebangsaan Kolombia ini juga merasakan dilatih Tuchel selama lima musim. Ia dimainkan dalam 146 pertandingan di tiga kompetisi berbeda dengan catatan 8 gol dan 9 assist.

3. Eric Maxim Choupo-Moting (132 Pertandingan)

10 Pemain Paling Diandalkan Thomas Tuchel Sebelum Menangani Chelseagoal.com

Berbeda dengan dua pemain sebelumnya, Eric Maxim Choupo-Moting dilatih Thomas Tuchel saat membela dua tim berbeda. Ia juga menjadi anak asuh Tuchel saat membela Mainz 05. Saat pelatih asal Jerman itu melatih Paris Saint-Germain, Choupo-Moting juga masuk dalam skuad. Selama lima musim ditangani Tuchel, pemain asal Kamerun itu dimainkan dalam 132 pertandingan dengan torehan 31 gol dan 11 assist.

4. Andre Schurrle (114 Pertandingan)

10 Pemain Paling Diandalkan Thomas Tuchel Sebelum Menangani Chelseabundesliga.com

Andre Schurrle adalah pemain yang cukup sering menjadi anak asuh Thomas Tuchel. Saat dirinya memulai karier di tim muda Mainz 05, ia juga merasakan dilatih Tuchel. Kemudian, ia ikut sang pelatih promosi ke tim utama Mainz 05 sebelum hengkang ke beberapa tim.

Akhirnya, ia kembali merasakan dilatih Tuchel saat sama-sama di Borussia Dortmund. Selama empat musim ditangani Tuchel, ia memainkan 114 pertandingan di enam kompetisi berbeda dengan catatan 41 gol dan 13 assist.

5. Andreas Ivanschitz (112 Pertandingan)

10 Pemain Paling Diandalkan Thomas Tuchel Sebelum Menangani Chelseaspiegel.de/Fredrik von Erichsen/dpa

Berikutnya ada Andreas Ivanschitz yang menjadi anak asuh Thomas Tuchel saat di Mainz 05. Meskipun hengkang lebih dulu dari Mainz, ia juga mencatatkan pertandingan yang cukup banyak. Ivanschitz yang berposisi sebagai gelandang serang mencatatkan 24 gol dan 20 assist. Jumlah tersebut ia torehkan dari 112 pertandingan yang diberikan Tuchel selama empat musim.

6. Niko Bungert (109 Pertandingan)

10 Pemain Paling Diandalkan Thomas Tuchel Sebelum Menangani Chelseabundesliga.com

Sebagai rekan duet Nikolce Noveski di lini belakang Mainz 05, Thomas Tuchel memainkan Niko Bungert. Bek tengah berkebangsaan Jerman itu ditangani Thomas Tuchel selama lima musim. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2019 lalu itu dimainkan Tuchel dalam 109 pertandingan. Sebagai seorang bek, ia mencatatkan 7 gol dan 2 assist dari penampilannya tersebut.

7. Angel Di Maria (103 Pertandingan)

10 Pemain Paling Diandalkan Thomas Tuchel Sebelum Menangani Chelseaen.as.com

Angel Di Maria merupakan pemain paling diandalkan Thomas Tuchel saat menangani Paris Saint-Germain. Hal itu memang tidak mengherankan karena pemain Argentina itu memiliki kualitas yang mumpuni. Pemain yang kini berusia 32 tahun itu dimainkan Tuchel dalam 103 pertandingan di lima kompetisi berbeda. Sebagai pemain yang beroperasi di lini depan, ia menorehkan 36 gol dan 49 assist.

8. Zdenek Pospech (100 Pertandingan)

10 Pemain Paling Diandalkan Thomas Tuchel Sebelum Menangani Chelseaskysports.com

Zdenek Pospech juga merupakan salah satu pemain yang diandalkan Thomas Tuchel saat menangani Mainz 05. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu menjadi anak asuh Tuchel selama tiga musim. Ia menjadi pemain yang bergabung dengan Mainz di era Tuchel. Meskipun hanya tiga musim, ia mencatatkan 100 pertandingan di tiga kompetisi berbeda. Pemain asal Ceko ini mencetak 1 gol dan 14 assist.

9. Bo Svensson (100 Pertandingan)

10 Pemain Paling Diandalkan Thomas Tuchel Sebelum Menangani Chelseadfb.de

Pemain belakang lainnya yang mencatatkan pertandingan cukup banyak saat ditangani Thomas Tuchel adalah Bo Svensson. Pemain berkebangsaan Islandia itu menjadi anak asuh Thomas Tuchel di Mainz 05. Berposisi sebagai bek tengah, ia dimainkan dalam 100 pertandingan. Svensson mencatatkan 1 gol dan 3 assist dari penampilannya tersebut.

10. Kylian Mbappe (98 Pertandingan)

10 Pemain Paling Diandalkan Thomas Tuchel Sebelum Menangani Chelseapsgtalk.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Kylian Mbappe yang tentu saja menjadi andalan Thomas Tuchel saat di Paris Saint-Germain. Pemain muda asal Prancis itu menjadi pemain dengan gol terbanyak selama ditangani Thomas Tuchel. Mbappe sendiri dimainkan Tuchel dalam 98 pertandingan di lima kompetisi berbeda. Berposisi sebagai striker, ia menorehkan 83 gol dan 46 assist.

 

Itulah sepuluh pemain yang paling sering dimainkan Thomas Tuchel sebelum menangani Chelsea. Akankah Tuchel sukses bersama Chelsea?

Baca Juga: 5 Klub yang Bisa Menjadi Destinasi Kylian Mbappe Selanjutnya

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya