5 Alasan Mengapa Lionel Messi Tetap Layak Meraih Ballon d'Or 2021

#IDNTimesSport La Pulga tampil menggila di tahun 2021

Lionel Messi telah memenangkan Ballon d'Or rekor enam kali hingga saat ini. Ballon d'Or sendiri merupakan penghargaan paling bergengsi untuk pesepak bola. Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi telah mendominasi kancah Ballon d'Or selama satu dekade terakhir. Luka Modric adalah satu-satunya pemain lain yang mengacaukan tren itu dengan memenangkannya pada 2018.

Musim 2020/21 menjadi ujian bagi Messi karena beberapa alasan. Mulai dari rumor transfer, hingga hengkangnya Luis Suarez. La Pulga butuh waktu setengah musim untuk kembali ke performa terbaiknya. Meskipun banyak kandidat yang diunggulkan, Messi tetap menjadi salah satu yang layak meraih Ballon d'Or.

1. Lionel Messi meraih gelar man of the match terbanyak di musim 2020/21

5 Alasan Mengapa Lionel Messi Tetap Layak Meraih Ballon d'Or 2021Lionel Messi (fcbarcelona.com)

Penghargaan man of the match adalah ukuran seberapa konsisten seorang pemain dapat memengaruhi permainan. Lionel Messi telah menjadi pemain terpenting Barcelona selama lebih dari satu dekade. Maka tidak mengherankan jika Joan Laporta bergegas untuk memperbarui kontrak Messi.

Pemain Argentina itu memenangkan 22 penghargaan man of the match di musim 2020/21. Pemain kedua dalam daftar adalah Harry Kane dan dia baru menang 13 kali. Itu menunjukkan seberapa besar perbedaan yang dibuat Messi dan seberapa konsisten dia mampu melakukannya juga.

2. Tidak ada favorit utama dalam perebutan Ballon d'Or kali ini

5 Alasan Mengapa Lionel Messi Tetap Layak Meraih Ballon d'Or 2021Robert Lewandowski (fcbayern.com)

Persaingan Ballon d'Or terbuka lebar kali ini. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo menjadi kandidat utama. Tahun lalu, Robert Lewandowski diperkirakan akan memenangkan Ballon d'Or berkat musim yang luar biasa bersama Bayern Munich.

Dia adalah pencetak gol terbanyak di semua kompetisi di Eropa dan juga memenangkan treble winner. Sial baginya, Ballon d'Or dibatalkan setelah pandemi Covid-19. Trofi-trofi besar di Eropa telah tersebar kali ini dan karena itu, tidak ada pemain yang memiliki keunggulan lebih dari yang lain dalam hal tersebut. Pencapaian Messi di musim 2020/21 tak kalah dengan para pesaingnya.

3. Lionel Messi berpeluang mengantarkan Argentina menjadi juara Copa America

5 Alasan Mengapa Lionel Messi Tetap Layak Meraih Ballon d'Or 2021Lionel Messi (twitter.com/Argentina)

Argentina telah menjadi salah satu tim terbaik di Copa America 2021 sejauh ini. Mereka lolos ke babak gugur tanpa banyak kesulitan dan memuncaki Grup A. Setelah mengalahkan Ekuador, Argentina melaju ke semifinal, di mana mereka akan menantang Kolombia. Messi telah mencetak 4 gol untuk Argentina di turnamen sejauh ini.

Di bawah asuhan Lionel Scaloni, ini mungkin kesempatan terbaik La Albiceleste untuk melaju di turnamen dengan Messi di pihak mereka. Jika Messi bisa memenangkan Copa America bersama Argentina, dia akan memenangkan dua trofi utama tahun ini. Itu akan sangat meningkatkan peluangnya untuk memenangkan Ballon d'Or.

Baca Juga: Messi, Pemain Tanpa Klub yang Guncangkan Copa America 2021

4. Lionel Messi dalam performa yang luar biasa pada tahun 2021

5 Alasan Mengapa Lionel Messi Tetap Layak Meraih Ballon d'Or 2021Lionel Messi (fcbarcelona.fr)

Messi tidak dalam performa terbaiknya di paruh pertama musim ini. Namun, dia membalikkannya pada akhir Desember dan sejak itu mampu mengoleksi banyak gol. Dia telah mencetak 28 gol dan memberikan 8 assist dalam 29 pertandingan di semua kompetisi untuk Barcelona tahun kalender 2021.

Pada bulan Desember, Barcelona hampir tersingkir dari perburuan gelar LaLiga. Namun, kebangkitan Messi membantu mereka kembali ke jalur juara. Meskipun akhirnya Barca gagal juara, mereka telah berusaha hingga akhir.

Messi juga memenangkan Copa Del Rey bersama Barcelona pada tahun 2021. Dia telah mencetak 4 gol dalam 5 pertandingan untuk Argentina di Copa America.

5. Lionel Messi memenangkan Sepatu Emas LaLiga

5 Alasan Mengapa Lionel Messi Tetap Layak Meraih Ballon d'Or 2021Lionel Messi pamerkan trofi El Pichichi (fcbarcelona.com)

Setelah mengoleksi 30 gol dari 35 penampilan, Lionel Messi memenangkan Sepatu Emas LaLiga musim lalu. Meski sudah memasuki usia 30 tahun lebih, Messi tidak kehilangan ketajamannya di depan gawang lawan. Penyelesaiannya terus menjadi yang terbaik dan menjadi cahaya penuntun Barcelona di musim 2020/21.

Messi mencetak 30 gol dan unggul jauh dari peringkat kedua Karim Benzema dan Gerard Moreno, yang masing-masing mencetak 23 gol, dalam perebutan Sepatu Emas. Secara total, Messi mencetak 38 gol dan memberikan 14 assist dalam 47 pertandingan di semua kompetisi musim lalu.

 

Meskipun sempat diragukan, Lionel Messi kembali menunjukkan ketajamannya pada paruh kedua musim 2020/21. Mungkin banyak yang meragukan dirinya akan kembali bersaing di gelaran Ballon d'Or 2021. Tapi jika melihat alasan-alasan di atas, rasanya layak Messi menjadi salah satu kandidat.

Baca Juga: 5 Pemain yang Meraih Ballon d'Or setelah Menjadi Juara Piala Eropa

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

Berita Terkini Lainnya