5 Alasan Cristiano Ronaldo Lebih Baik dari Lionel Messi di Tahun 2020

Bagaimana pendapatmu?

Tahun 2020 telah berakhir, perdebatan tentang siapa yang lebih baik di antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo terus berlanjut. Messi dan Ronaldo bisa dibilang sebagai pemain terhebat yang menghiasi lapangan hijau saat ini. Duo megabintang ini telah menjadi aktor utama yang tampil konsisten selama lebih dari satu setengah dekade. Keduanya tidak diragukan lagi sebagai pemain terbaik untuk klubnya masing-masing.

Namun, pada tahun 2020, nasib keduanya sedikit berbeda. Cristiano Ronaldo menjalani musim yang mengesankan bersama Juventus. Sementara rivalnya, Lionel Messi, mengalami tahun yang sedikit mengecewakan di Barcelona. Hal tersebut membuat CR7 lebih unggul daripada Messi di tahun 2020. Berikut kami sajikan ulasannya.

Baca Juga: Rekor-rekor Gol Cristiano Ronaldo

1. Memiliki rasio gol lebih baik per pertandingan

5 Alasan Cristiano Ronaldo Lebih Baik dari Lionel Messi di Tahun 2020goal.com

Cristiano Ronaldo menjalani tahun 2020 dengan penuh semangat dan mencetak banyak gol untuk klub dan negaranya. Pemain berusia 35 tahun ini hampir mencatatkan satu gol per pertandingan untuk klub dan Timnas Portugal sepanjang tahun 2020. CR7 sukses mencetak 44 gol dalam 45 pertandingan di semua kompetisi.

Sementara itu Lionel Messi memainkan lebih banyak pertandingan sepanjang tahun 2020, yakni 47 pertandingan. Namun, dari pertandingan tersebut ia hanya mampu mengoleksi 27 gol di semua kompetisi bersama Barcelona dan Timnas Argentina. Kapten Barcelona itu hanya mencetak 0,57 gol per pertandingan sepanjang tahun 2020.

2. Tidak seperti Ronaldo, Messi harus puasa gelar

5 Alasan Cristiano Ronaldo Lebih Baik dari Lionel Messi di Tahun 2020Instagram.com/cristiano

Cristiano Ronaldo kembali sukses membawa Juventus menjuarai Serie A pada musim 2019/2020. Trofi tersebut menjadi yang kesembilan secara beruntun bagi Juventus. Meskipun gagal menjadi top skor, Ronaldo tetap tampil produktif. Pada musim lalu, ia menorehkan 31 gol di Serie A dan 21 gol di antaranya dicetak di tahun 2020.

Lionel Messi sebenarnya tampil sangat luar biasa bersama Barcelona pada musim lalu. Ia sukses menjadi top skor sekaligus top assist di LaLiga. Namun, sayangnya, ia justru gagal membawa El Barca meraih gelar LaLiga setelah finis di bawah Real Madrid. Di kompetisi lainnya seperti Liga Champions keduanya sama-sama gagal meraih gelar.

3. Catatan Ronaldo lebih baik di liga domestik

5 Alasan Cristiano Ronaldo Lebih Baik dari Lionel Messi di Tahun 2020juvefc.com/Valerio Pennicino/Getty Images

Seperti yang telah dibahas pada poin sebelumnya, Cristiano Ronaldo memiliki tahun yang penuh dengan gol. CR7 dinobatkan sebagai pemain paling produktif di liga top Eropa tahun 2020. Total ia menorehkan 33 gol di Serie A dengan 21 gol pada musim lalu dan 12 gol musim ini.

Sementara itu, perolehan gol Lionel Messi jauh menurun. Pemain Barcelona itu hanya mampu mencetak 19 gol di LaLiga sepanjang tahun 2020. Musim ini ia baru berhasil mencetak 7 gol di LaLiga. Sementara itu, 12 gol lainnya ia cetak pada paruh kedua musim lalu.

4. Di Liga Champions Ronaldo juga lebih baik

5 Alasan Cristiano Ronaldo Lebih Baik dari Lionel Messi di Tahun 2020trendsmap.com

Tak hanya di liga domestik, Cristiano Ronaldo juga lebih unggul dibanding Messi di ajang Liga Champions. Keduanya sama-sama gagal merengkuh trofi Si Kuping Besar. Ronaldo bersama Juventus tersingkir di babak 16 besar sementara Messi dan Barcelona tersingkir di perempat final.

Namun, lagi-lagi, CR7 lebih unggul jumlah gol dari Messi. Pemain Portugal itu sukses mencetak 6 gol di Liga Champions pada tahun 2020. Dua gol terjadi pada musim lalu dan empat gol ia cetak pada musim ini. Di sisi lain, Messi hanya mampu mengoleksi 4 gol di Liga Champions dengan 3 di antaranya ia cetak pada musim ini.

5. CR7 tampil mengesankan bersama timnas

5 Alasan Cristiano Ronaldo Lebih Baik dari Lionel Messi di Tahun 2020twitter.com/ManUtd

Di level timnas, Cristiano Ronaldo kembali mengungguli rivalnya, Lionel Messi. Dalam enam pertandingan bersama Timnas Portugal tahun 2020, Ronaldo sukses mencetak tiga gol. Bahkan, dua golnya ke gawang Swedia membuatnya menjadi pemain Eropa pertama yang mencetak 100 gol di level internasional.

Saat ini ia hanya tertinggal dari top skor timnas sepanjang masa, Ali Daei. Sebaliknya, Lionel Messi hanya mampu mencetak satu gol dalam empat pertandingan bersama Timnas Argentina sepanjang tahun 2020.

 

Nah, setelah membaca ulasan tersebut, apakah sudah percaya kalau Cristiano Ronaldo lebih baik dari Lionel Messi di tahun 2020? Meskipun demikian, keduanya tetap berlabel pemain terbaik di usianya yang sudah tak lagi muda.

Baca Juga: 10 Pemain Portugal dengan Banderol Termahal Saat Ini, Fantastis!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya