5 Kelebihan Erling Haaland yang Bisa Membuatnya Jadi Striker Hebat

Calon pengganti sepadan CR7 dan Messi?

Erling Haaland, pemain berusia 20 tahun yang menjadi primadona bagi klub-klub elite. Ia pertama kali muncul ke permukaan ketika tampil luar biasa bersama RB Salzburg tahun 2019 lalu. Diincar klub-klub elite seperti Manchester United hingga Real Madrid, pemain Norwegia itu justru memilih bergabung dengan Borussia Dortmund.

Namun, sepertinya keputusan itu cukup tepat. Ia mencoba memaksimalkan potensinya dan tak langsung mengambil tantangan bersama tim elite. Karena tak sedikit pemain muda yang justru melempem saat bergabung dengan klub besar.

Nah, dengan usianya yang masih muda, Haaland menjadi calon striker hebat di masa mendatang. Ia memiliki beberapa kelebihan untuk mencapai hal tersebut. Apa saja kelebihannya? Langsung baca penjelasannya ya! 

Baca Juga: 9 Potret Erling Braut Haaland, Sang Peraih Golden Boy Award 2020

1. Memiliki insting mencetak gol yang tajam

5 Kelebihan Erling Haaland yang Bisa Membuatnya Jadi Striker Hebatforbes.com

Hal pertama yang harus dimiliki oleh seorang striker adalah insting mencetak gol. Erling Haaland pun harus bersyukur karena telah diberkahi hal tersebut. Ia telah menggelontorkan gol demi gol saat usianya belum menyentuh 20 tahun. Musim ini saja ia bahkan telah mencetak 17 gol dari 15 pertandingan di semua kompetisi bersama Borussia Dortmund.

Angka tersebut tentu saja sangat luar biasa untuk ukuran pemain muda yang bermain di liga top Eropa. Dilansir Talksport, Haaland memiliki kontribusi 1,21 gol per 90 menit. Bahkan, sebenarnya ia juga bisa berkontribusi dalam 1,75 gol per pertandingan.

2. Penempatan posisi yang baik

5 Kelebihan Erling Haaland yang Bisa Membuatnya Jadi Striker Hebattotalfootballanalysis.com

Ketajaman Erling Haaland tersebut tak hanya dari insting gol yang ia miliki. Kemampuannya dalam mencetak gol juga dibarengi dengan kemampuan penempatan posisi yang baik. Ia bisa mencari celah agar rekannya mudah menemukannya untuk memberi umpan.

Atribut yang sangat penting untuk seorang striker modern yang harus memiliki kecerdasan. Penempatan posisinya juga tidak selalu berada di kotak penalti. Ia mencari posisi dengan harapan untuk diberi terobosan dan Haaland siap mengejarnya.

3. Bukan striker pemalas

5 Kelebihan Erling Haaland yang Bisa Membuatnya Jadi Striker Hebatbleacherreport.com/Boris Streubel/Getty Images

Haaland bukanlah sosok striker yang selalu menunggu bola di kotak penalti. Dia selalu bergerak untuk mencari celah di pertahanan lawan. Atribut penempatan posisi yang baik membuatnya bisa bergerak secara leluasa.

Memiliki tinggi badan hingga 194 cm tak membuatnya hanya mengandalkan bola atas. Haaland merupakan sosok striker yang lebih suka berlari mengejar bola. Hal tersebut terbukti saat masih membela RB Salzburg, ia hanya mencatatkan 41 persen keberhasilan saat duel udara.

4. Memiliki kecepatan yang luar biasa

5 Kelebihan Erling Haaland yang Bisa Membuatnya Jadi Striker Hebattalksport.com

Erling Haaland diberkahi tubuh tinggi nan besar, sangat cocok untuk seorang striker. Meskipun demikian, ia juga memiliki keunggulan dalam berlari. Langkahnya yang panjang membuatnya mudah dalam berlari begitu cepat. Hal itu ia tunjukkan saat menghadapi Paris Saint-Germain di Liga Champions.

Dalam momen serangan balik, Haaland mampu menempuh jarak 60 meter hanya dalam 6,64 detik saja. Sekali lagi, ini catatan sangat luar biasa untuk pemain yang memiliki tinggi di atas 190 cm. Kecepatannya tersebut ia gunakan juga untuk menekan lawan di daerah pertahanan mereka.

5. Memiliki bekal untuk menjadi megabintang berikutnya

5 Kelebihan Erling Haaland yang Bisa Membuatnya Jadi Striker Hebatgoal.com

Saat ini penggemar sepak bola belum menyadari betapa hebatnya seorang Erling Haaland. Masih adanya duo megabintang Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi membuat pemain lain sedikit terabaikan. Ketika nanti kedua pemain tersebut pensiun, mungkin seorang Haaland yang akan meneruskan label sebagai pemain terbaik.

Di usianya yang kini baru 20 tahun, pemain Norwegia ini telah mencatatkan prestasi luar biasa. Ia akan terus bertumbuh dengan atribut yang dimilikinya saat ini. Muda, fisik mumpuni, cepat, dan memiliki kecerdasan adalah bekal bagi Haaland untuk menjadi striker hebat nantinya.

 

Kita mungkin akan segera melihat Erling Haaland membela salah satu klub di liga top Eropa yang lebih bagus dari Borussia Dortmund. Apalagi dengan klausul pelepasannya yang hanya 75 juta euro dinilai cukup murah untuk pemain sepertinya. Bagaimana pendapatmu?

Baca Juga: 5 Gaya Bermain Erling Haaland yang Buat Banyak Klub Ingin Merekrutnya

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya