5 Kemenangan Terbesar Timnas Italia Selama Ditangani Roberto Mancini

#IDNTimesSport Antarkan Italia juara Piala Eropa 2020 

Keberhasilan Italia menjuarai Piala Eropa 2020 tengah menjadi buah bibir di tengah penggemar sepak bola. Italia asuhan Roberto Mancini memang tampil menjanjikan dan layak menjadi juara. Sejak ditangani Mancini sejak pertengahan tahun 2018, Gli Azzurri memang seperti hidup kembali.

Pelatih 56 tahun tersebut memadukan para pemain muda dan senior dengan sempurna. Beberapa rekor telah ditorehkan seperti 34 pertandingan tak terkalahkan dan 16 kemenangan beruntun.

Tak hanya menang, Italia juga mengerikan dengan catatan kemenangan besar. Berikut kemenangan terbesar Timnas Italia sejak ditangani Roberto Mancini. 

1. Melawan Armenia (9-1)

5 Kemenangan Terbesar Timnas Italia Selama Ditangani Roberto ManciniPotret laga Italia melawan Armenia (90min.com)

Kemenangan terbesar Timnas Italia sejak ditangani Roberto Mancini adalah saat melawan Armenia. Momen itu terjadi saat Italia menjalani laga kualifikasi Piala Eropa 2020. Dalam pertandingan yang digelar 18 November 2019 itu, Italia menggulung Armenia dengan skor 9-1.

Italia menurunkan beberapa pemain lapis kedua. Pada babak pertama, Italia sudah unggul dengan skor 4-0. Di babak kedua, Gli Azzurri yang berstatus sebagai tuan rumah tampil menggila. Zaniolo dan Immobile masing-masing mencetak brace dalam laga ini. Sementara lima gol lainnya dicetak Chiesa, Barella, Jorginho, Romagnoli, dan Orsolini.

2. Melawan San Marino (7-0)

5 Kemenangan Terbesar Timnas Italia Selama Ditangani Roberto ManciniPotret laga Italia melawan San Marino (eurosport.com)

Menjelang Piala Eropa 2020, Italia menggelar beberapa pertandingan uji coba internasional. Salah satunya dengan menghadapi San Marino pada 28 Mei 2021. Italia memang semakin matang jelang menghadapi Piala Eropa kali ini. Dalam pertandingan uji coba tersebut, Gli Azzurri mengalahkan San Marino dengan skor telak 7-0.

Pada pertandingan ini, Italia banyak menggunakan pemain lapis kedua. Meskipun demikian, anak asuh Roberto Mancini masih terlalu perkasa untuk San Marino. Pessina dan Politano mencetak brace. Sementara tiga gol lainnya dicetak oleh Belotti, Ferrari, dan Bernardeschi. 

3. Melawan Moldova (6-0)

5 Kemenangan Terbesar Timnas Italia Selama Ditangani Roberto ManciniPotret laga Italia melawan Moldova (news18.com)

Italia memanfaatkan beberapa jeda internasional untuk melakukan uji coba internasional. Pada 7 Oktober 2020, Gli Azzurri menghadapi Moldova di laga uji coba. Laga ini menjadi ajang percobaan pemain oleh Roberto Mancini. Menghadapi negara dengan peringkat FIFA 177, Italia tak menemui kendala berarti.

Gli Azzurri menggasak Moldova dengan 6 gol tanpa balas. El Shaarawy yang menjadi kapten dalam laga ini berhasil mencatatkan dua gol. Sementara empat gol lainnya masing-masing dicetak Cristante, Locatelli, Caputo, dan Berardi. 

Baca Juga: 6 Klub yang Pernah Ditangani Roberto Mancini Sebelum Timnas Italia

4. Melawan Liechtenstein (6-0)

5 Kemenangan Terbesar Timnas Italia Selama Ditangani Roberto ManciniPotret laga Italia melawan Liechtenstein (marca.com)

Kemenangan besar lainnya yang diraih Italia dalam Kualifikasi Piala Eropa 2020 adalah saat melawan Liechtenstein. Pada 26 Maret 2019, Gli Azzurri menjamu tamunya, Liechtenstein.

Seperti yang sudah diprediksikan, Italia tak menemui kendala berarti dalam laga ini. Bonucci dan kolega menang dengan skor meyakinkan 6-0. Babak pertama saja, anak asuh Roberto Mancini telah unggul 4 gol.

Keempat gol itu dicetak Stefano Sensi, Verratti, dan Fabio Quagliarella yang catatkan brace. Di babak kedua, mereka menambah dua gol keunggulan. Masing-masing gol itu dicetak oleh Moise Kean dan Leonardo Pavoletti yang masuk sebagai pemain pengganti. 

5. Melawan Liechtenstein (0-5)

5 Kemenangan Terbesar Timnas Italia Selama Ditangani Roberto ManciniPotret laga Italia melawan Liechtenstein (90min.com)

Tak hanya sekali Italia menggulung Liechtenstein di Kualifikasi Piala Eropa 2020. Pada pertemuan kedua, Gli Azzurri juga tanpa ampun membantai Liechtenstein yang kali ini sebagai tuan rumah.

Pertandingan tersebut digelar pada 15 Oktober 2019. Berhasil unggul cepat melalui Bernardeschi, Italia justru mendapat perlawan sengit dari Liechtenstein yang memaksa babak pertama berakhir 1-0.

Di babak kedua, Italia akhirnya tak bisa ditahan. Empat gol tambahan pun dicetak oleh anak asuh Roberto Mancini. Belotti yang jadi ujung tombak mencatatkan dua gol. Sementara dua gol lainnya dicetak oleh Romagnoli dan El Shaarawy.

 

Kekuatan Italia saat ini memang sangat sulit untuk ditandingi. Kemungkinan Roberto Mancini mengandalkan pemain yang kurang lebih sama untuk menghadapi Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 5 Fakta Roberto Mancini, Maestro Pembawa Italia Juara Piala Eropa 2020

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

Berita Terkini Lainnya