Comscore Tracker

5 Klub Liga Top Eropa dengan Pertahanan Terbaik di Paruh Musim Ini

Klub dengan benteng kokoh!

Pertahanan menjadi salah satu kunci sebuah klub meraih kesuksesan. Dengan pertahanan yang baik, peluang mereka untuk kebobolan pun semakin sedikit. Di liga top Eropa sendiri ada beberapa klub yang memiliki pertahanan cukup baik hingga paruh musim ini. Salah satu indikator lini belakang yang solid adalah semakin sedikitnya jumlah kebobolan.

Kerja sama pemain, khususnya kiper dan pemain bek, menjadi kunci utama. Meskipun demikian, jika pertahanan yang baik tidak dibarengi dengan lini serang yang tajam, klub pun sulit berprestasi. Lantas klub liga top Eropa mana saja yang memiliki pertahanan terbaik hingga paruh musim ini? Bagi kamu yang penasaran, simak ulasannya berikut, ya! 

Baca Juga: 10 Pemain LaLiga dengan Pendapatan Tertinggi Musim Ini, Ada Oblak!

1. Atletico Madrid

5 Klub Liga Top Eropa dengan Pertahanan Terbaik di Paruh Musim Inifootball.london/Denis Doyle/Getty Images

Klub dengan pertahanan terbaik hingga paruh musim ini adalah Atletico Madrid. Klub berjuluk Los Rojiblancos itu tampil luar biasa musim ini di LaLiga. Tak hanya memiliki lini depan yang tajam, pertahanan Atletico juga tampil luar biasa. Mereka hanya kebobolan 6 gol dari 16 pertandingan yang sudah dijalani.

Selain itu, Atletico juga mencatatkan clean sheet yang cukup banyak, yakni 11 clean sheet. Jan Oblak menjadi kunci di balik pertahanan kokoh Atletico Madrid tersebut. Pemain Slovenia itu menjadi pilihan utama dalam setiap laga di LaLiga.

2. Paris Saint-Germain

5 Klub Liga Top Eropa dengan Pertahanan Terbaik di Paruh Musim Inigoal.com

Penampilan Paris Saint-Germain mungkin sedikit berbeda pada musim ini. Mereka saat ini tidak memuncaki klasemen seperti biasanya. Namun, PSG tetaplah klub yang sangat baik, baik dalam menyerang maupun bertahan. Les Parisiens pun menjadi salah satu klub dengan kebobolan yang cukup sedikit.

Telah menjalani 19 pertandingan, PSG hanya kebobolan 11 gol. Keylor Navas dan Sergio Rico saling berbagi tempat di bawah mistar gawang PSG. Total, keduanya telah mencatatkan 11 clean sheet sejauh ini. Dengan Navas yang tampil dalam 14 pertandingan mencatatkan 9 clean sheet dan kebobolan 7 gol.

3. RB Leipzig

5 Klub Liga Top Eropa dengan Pertahanan Terbaik di Paruh Musim Inibundesliga.com/Lukas Schulze

RB Leipzig menjelma menjadi klub yang cukup konsisten bersaing di papan atas setelah kemunculannya di Bundesliga. Klub berjuluk Die Roten Bullen itu juga menjadi pesaing yang kuat bagi Bayern Munchen. Hingga saat ini mereka telah memainkan 15 pertandingan dan sementara menempati posisi kedua di klasemen.

Performa apik mereka juga dibarengi dengan pertahanan yang solid. Dari 15 pertandingan, Leipzig hanya kebobolan 12 gol. Sementara untuk catatan clean sheet, mereka telah menorehkan 7 clean sheet. Peter Gulacsi menjadi pilar utama di bawah mistar gawang Leipzig sejauh ini.

4. Manchester City

5 Klub Liga Top Eropa dengan Pertahanan Terbaik di Paruh Musim Iniskysports.com

Manchester City memang tidak segarang pada musim sebelum-sebelumnya. Mereka sempat susah payah untuk bersaing di papan atas Premier League. Namun, perlahan tapi pasti, The Cityzens mulai bangkit dan kini berada di posisi ketiga. Pertahanan yang kokoh menjadi salah satu kunci kebangkitan City.

Dari 16 pertandingan yang sudah dijalani, mereka hanya kebobolan 13 gol. Kesolidan lini belakang City juga dibarengi dengan catatan clean sheet yang cukup banyak, yakni 8 clean sheet. Ederson Moraes menjadi kiper yang jadi andalan City musim ini.

5. LOSC Lille

5 Klub Liga Top Eropa dengan Pertahanan Terbaik di Paruh Musim Iniskysports.com

Klub kelima dengan pertahanan terbaik hingga paruh musim ini adalah LOSC Lille. Klub yang berjuluk Les Dogues ini juga menjadi salah satu pesaing kuat Paris Saint-Germain pada gelaran Ligue 1 musim ini. Mereka memiliki poin 39 atau sama dengan PSG dan menempati posisi ketiga. Lille juga memiliki pertahanan yang begitu kokoh.

Buktinya, mereka menjadi salah satu klub dengan kebobolan paling sedikit sejauh ini, bahkan di liga top Eropa. Lille telah memainkan 19 pertandingan dan hingga kini baru kebobolan 14 gol. Sementara untuk catatan clean sheet, mereka telah mencatatkan 9 clean sheet. Sosok di balik kokohnya gawang Lille adalah kiper asal Prancis, Mike Maignan.

 

Tujuan dalam sepak bola memang mencetak gol, namun jika tidak dibarengi dengan pertahanan yang baik, sebuah tim pun akan sulit memenangkan pertandingan. Adakah klub favoritmu dalam daftar ini?

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual LOSC Lille, Hazard Salah Satunya!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya