5 Klub Eropa yang Tampil Paling Mengecewakan Sepanjang Tahun 2020

Bagaimana nasib klub favoritmu?

Tahun 2020 memang akan segera berakhir, namun kenangan selama tahun ini tidak akan mudah dilupakan. Adanya pandemi COVID-19 membuat tahun ini berbeda dan memberikan beberapa dampak, termasuk dalam dunia sepak bola. Namun, tak hanya soal pandemi, tahun ini juga tak terlalu bersahabat bagi beberapa klub di Eropa.

Mulai dari gagal meraih gelar hingga merasakan kekalahan yang begitu menyakitkan. Setidaknya, ada lima klub Eropa yang tampil cukup mengecewakan sepanjang tahun 2020. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Berikut kami sajikan ulasan lima klub Eropa yang tampil paling mengecewakan di tahun 2020.

Baca Juga: 10 Penjualan Termahal dalam Sejarah Benfica, Felix Hingga Coentrao

1. Benfica

5 Klub Eropa yang Tampil Paling Mengecewakan Sepanjang Tahun 2020globelivemedia.com

Meskipun bukan salah satu klub liga top Eropa, Benfica menjadi klub yang cukup populer. Benfica merupakan klub tersukses dalam sejarah sepak bola Portugal. Mereka berstatus sebagai juara bertahan kala mengarungi Liga Portugal musim 2019/2020.

Namun, sayangnya di akhir kompetisi mereka harus mengakui keunggulan poin FC Porto. Tak hanya itu, di ajang Liga Champions musim lalu Benfica juga harus tersingkir di babak grup dan berlaga di Europa League. Lagi-lagi, klub berjuluk As Aguias ini harus menanggung malu saat disingkirkan Shakhtar Donetsk di babak 32 besar Europa League.

Pada musim ini Benfica juga gagal tampil di Liga Champions setelah kalah di babak kualifikasi. Kekecewaan terus berlanjut hingga penghujung tahun karena mereka harus kembali kalah dari FC Porto di laga Piala Super Portugal beberapa hari lalu.

2. Inter Milan

5 Klub Eropa yang Tampil Paling Mengecewakan Sepanjang Tahun 2020en.as.com

Nasib buruk di tahun 2020 juga menghampiri klub Italia, Inter Milan. Setelah ditangani Antonio Conte, Nerazzurri memiliki kepercayaan diri tinggi akan meraih gelar. Namun, sayangnya, harapan itu tak terwujud. Inter hanya mampu menjadi runner-up di Serie A musim lalu.

Di ajang antarklub Eropa, mereka harus tersingkir di fase grup Liga Champions dan melanjutkan ke Europa League. Sempat ada harapan setelah melaju ke final, Nerazzurri justru harus mengakui keunggulan Sevilla di partai puncak tersebut.

Di ajang Coppa Italia mereka juga harus tersingkir di babak semifinal. Puncaknya, ketidakberuntungan Inter terjadi di Liga Champions musim ini yang harus puas menjadi juru kunci di fase grup. Benar-benar tahun yang sangat mengecewakan bagi Nerazzurri.

3. Manchester United

5 Klub Eropa yang Tampil Paling Mengecewakan Sepanjang Tahun 2020manchestereveningnews.co.uk/Getty Images

Manchester United juga menjadi salah satu klub yang tampil mengecewakan di tahun 2020. Setan merah tampil tidak konsisten di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Di ajang Premier League, mereka berjuang skuat tenaga untuk finis di urutan empat besar.

United sebenarnya sangat berpeluang mengakhiri musim lalu dengan raihan trofi. Hal tersebut terjadi setelah mereka berhasil melaju ke semifinal di tiga kompetisi berbeda. Namun, nyatanya, dewi fortuna tidak berpihak ke MU setelah gagal di semifinal tiga kejuaraan tersebut.

Ketiga kejuaraan tersebut adalah Piala Liga, Piala FA, dan Europa League. Di Liga Champions musim ini, mereka juga harus tersingkir di babak grup setelah finis di urutan ketiga meskipun memenangkan dua laga awal.

4. Manchester City

5 Klub Eropa yang Tampil Paling Mengecewakan Sepanjang Tahun 2020forbes.com

Manchester City bisa dibilang lebih beruntung dibanding keempat klub lain dalam daftar ini. Pada tahun 2020 ini mereka masih bisa meraih gelar juara, yakni Piala Liga. Namun, tentunya kompetisi itu bukanlah prioritas utama bagi klub sebesar Manchester City.

Mereka berstatus juara bertahan pada gelaran Premier League musim 2019/2020. Namun, di akhir musim, mereka gagal mempertahankan gelar setelah direbut Liverpool.

Mereka digadang-gadang akan menjadi pesaing dalam perebutan gelar Liga Champions setelah mengalahkan Real Madrid. Namun, mereka harus terhenti di perempatfinal setelah dikalahkan Olympique Lyon. Musim ini juga tak berjalan mulus bagi The Citizens karena mereka masih terlempar dari posisi empat besar Premier League.

5. Barcelona

5 Klub Eropa yang Tampil Paling Mengecewakan Sepanjang Tahun 2020goal.com

Tahun 2020 menjadi tahun yang tak terlupakan bagi Barcelona. Klub Catalan ini bisa dibilang sebagai klub yang tampil paling mengecewakan sepanjang tahun 2020. Hal itu dimulai pada bulan Januari saat mereka dikalahkan Atletico Madrid di semifinal Piala Super Spanyol.

Sebelum kompetisi dihentikan sementara, sebenarnya Barca memuncaki klasemen LaLiga. Namun, akhirnya mereka harus mengakui keunggulan lima poin Real Madrid yang menjadi kampiun LaLiga 2019/2020. Momen paling tragis dialami El Barca di ajang Liga Champions.

Mereka tak hanya tersingkir, namun harus menanggung malu ketika dibabat habis Bayern Munchen di babak perempatfinal. Tak tanggung-tanggung, Barca kalah dengan skor 8-2. Tahun 2020 memang sangat berat bagi Blaugrana, mereka disibukan dengan kabar hengkangnya Lionel Messi, pergantian tiga pelatih, hingga mundurnya sang presiden klub.

 

Itulah lima klub Eropa yang tampil paling mengecewakan sepanjang tahun 2020. Mungkin masih banyak klub lainnya, namun klub-klub tersebut seharusnya bisa tampil lebih baik. Bagaimana klub favoritmu pada tahun ini?

Baca Juga: Tanpa Lionel Messi, Barcelona Bisa Apa?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya