5 Klub Terakhir yang Disingkirkan Manchester City di 16 Besar UCL

Real Madrid salah satunya

Manchester City menjadi salah satu klub kaya di Liga Inggris. Klub berjuluk The Cityzens ini mampu berjaya di kompetisi domestik. Sayangnya, keperkasaan Manchester City belum membuahkan hasil di ajang antarklub Eropa.

Di UEFA Champions League (UCL), prestasi terbaik Manchester City baru sebatas runner-up. Meski begitu, mereka mampu bersaing dengan selalu melewati babak 16 besar dalam 5 musim terakhir.

RB Leipzig menjadi korban terbaru The Cityzens di 16 besar UCL. Lantas, klub apa saja yang disingkirkan Manchester City di 16 besar UCL dalam 5 musim terakhir?

1. RB Leipzig

5 Klub Terakhir yang Disingkirkan Manchester City di 16 Besar UCLManchester City menghadapi RB Leipzig. (uefa.com)

RB Leipzig menjadi korban terbaru Manchester City di 16 besar UCL. Klub asal Jerman itu harus mengakui keunggulan The Cityzens di UCL 2022/2023.

Leipzig sebenarnya mampu menahan imbang 1-1 saat bermain pada leg pertama. Sayangnya, mereka tak mampu menahan gempuran skuad Pep Guardiola pada leg kedua.

Dalam laga yang digelar pada Rabu (15/3/2023) dini hari WIB, Manchester City menaklukkan Leipzig dengan skor 7-0. Keunggulan agregat 8-1 mengantarkan The Cityzens melaju ke perempat final. 

2. Sporting CP

5 Klub Terakhir yang Disingkirkan Manchester City di 16 Besar UCLManchester City melawan Sporting CP. (uefa.com)

Di UCL 2021/2022, Manchester City mampu menembus semifinal. Sayangnya, mereka ditaklukkan Real Madrid di sana.

Sebelum disingkirkan Real Madrid, Manchester City sempat menyingkirkan Sporting CP di 16 besar. Wakil Portugal itu dibuat tak berdaya oleh anak asuh Pep Guardiola.

Saat bertandang ke Portugal, The Cityzens menggilas tuan rumah dengan skor 5-0. Meski bermain imbang tanpa gol pada leg kedua, Manchester City berhasil menyingkirkan Sporting CP.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester City yang Tersisih karena Kedatangan Pep Guardiola

3. Borussia Moenchengladbach

5 Klub Terakhir yang Disingkirkan Manchester City di 16 Besar UCLManchester City melawan Borussia Monchengladbach. (uefa.com)

Manchester City mencapai prestasi terbaiknya di UCL 2020/2021. Mereka masuk final, tetapi dihancurkan Chelsea di partai puncak. Manchester City harus rela menjadi runner-up.

Dalam perjalanannya, Manchester City sempat menyingkirkan Borussia Moenchengladbach. Klub asal Jerman itu menjadi korban keganasan The Cityzens di 16 besar.

Kala itu, Manchester City menang dengan skor 2-0, baik kandang maupun tandang. Kemenangan itu menjadi modal berharga The Cityzens untuk melanjutkan perjalanan hingga ke final.

4. Real Madrid

5 Klub Terakhir yang Disingkirkan Manchester City di 16 Besar UCLManchester City menghadapi Real Madrid. (uefa.com)

Manchester City sempat disingkirkan Real Madrid di semifinal 2021/2022. Namun, The Cityzens ternyata juga pernah menyingkirkan raja UCL itu.

Momen tersebut terjadi di 16 besar UCL 2019/2020. Kala itu, skuad Pep Guardiola unggul agregat 4-2 atas Los Blancos.

Manchester City mengalahkan El Real dengan skor identik 2-1, baik kandang maupun tandang. Sayangnya, langkah The Cityzens dihentikan Olympique Lyon di perempat final.

5. FC Schalke 04

5 Klub Terakhir yang Disingkirkan Manchester City di 16 Besar UCLManchester City melawan FC Schalke 04. (uefa.com)

FC Schalke 04 adalah klub terakhir dalam daftar ini. Klub berjuluk The Royal Blues itu menjadi korban keganasan Manchester City di 16 besar UCL.

The Cityzens menyingkirkan klub asal Jerman itu pada 2018/2019. Mereka begitu tangguh saat bermain dalam dua leg.

Manchester City bahkan unggul agregat 10-2. Mereka menang 3-2 saat bermain di Jerman dan menang 7-0 saat bermain di Etihad Stadium.

Manchester City sebenarnya cukup perkasa saat bermain pada fase gugur, khususnya di 16 besar. Sayangnya, mereka belum beruntung meraih trofi UCL.

Baca Juga: 5 Legenda Klub Besar EPL yang Bela Manchester City di Pengujung Karier

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya