5 Pelatih Terbaik di Dunia dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHS

Simeone ungguli pelatih ternama lainnya!

IFFHS merupakan organisasi yang bertujuan untuk mencatat sejarah sepak bola dan diakui oleh FIFA. Belum lama ini mereka merilis daftar pelatih terbaik dalam sedekade terakhir, yaitu sejak 2011 hingga 2020. Daftar tersebut berdasarkan metode dari IFFHS yang telah mereka hitung sebelumnya.

Nama-nama pelatih beken pun masuk dalam jajaran teratas. Pelatih memang menjadi elemen penting dalam sebuah tim. Ia menjadi orang yang bertanggung jawab dalam menyusun strategi sepanjang pertandingan. Lantas siapa pelatih terbaik di dunia dalam sedekade terakhir khususnya yang menangani klub? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 6 Pembelian Termahal Diego Simeone bagi Atletico Madrid, Siapa Saja?

1. Diego Simeone

5 Pelatih Terbaik di Dunia dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHSbleacherreport.com/Quality Sport Images/Getty Images

Diego Simeone menjadi pelatih terbaik di dunia dalam sedekade terakhir versi IFFHS. Pelatih berkebangsaan Argentina itu memang cukup setia menangani Atletico Madrid. Meskipun tidak terlalu sering meraih gelar, Simeone berhasil menyulap Los Rojiblancos menjadi klub yang konsisten bersaing di papan atas. Sebelum menangani Atletico sejak Januari 2012, ia sempat menjadi pelatih klub Argentina, Racing Club.

Dalam sedekade terakhir, pelatih berusia 50 tahun itu menjuarai masing-masing satu kali LaLiga, Copa del Rey, dan Super Cup Spanyol. Sementara di level Eropa ia meraih 2 trofi Europa League dan UEFA Super Cup. Berkat prestasinya tersebut, Simeone mendapat 152 poin dari IFFHS.

2. Pep Guardiola

5 Pelatih Terbaik di Dunia dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHSpremierleague.com

Di urutan kedua ada pelatih ternama asal Spanyol, Josep 'Pep' Guardiola. Prestasi pelatih yang kini berusia 49 tahun itu juga tak kalah mentereng dibandingkan Diego Simeone. Saat ini ia menjadi juru taktik klub Premier League, Manchester City, sejak Juli 2016. Sebelum menangani City, dalam sedekade terakhir ia juga menangani Barcelona dan Bayern Munchen.

Bersama ketiga klub tersebut, Pep selalu meraih trofi. Dalam sepuluh tahun terakhir, Guardiola meraih 2 trofi Premier League, 1 Piala FA, 3 Piala Liga, 1 LaLiga, 1 Copa del Rey, 1 Super Cup Spanyol, 3 Bundesliga, 2 DFB Pokal, 2 Community Shield, 1 Liga Champions, 2 UEFA Super Cup, dan 2 Piala Dunia Antarklub. Dalam ranking IFFHS, Guardiola mendapat 144 poin.

3. Jurgen Klopp

5 Pelatih Terbaik di Dunia dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHSpremierleague.com

Jurgen Klopp juga menjadi pelatih yang cukup sukses dalam sedekade terakhir. Pelatih asal Jerman itu menorehkan prestasi gemilang saat menangani Borussia Dortmund. Hal tersebut membuatnya ditunjuk sebagai pelatih Liverpool sejak Oktober 2015. Bersama The Reds, Klopp membutuhkan beberapa waktu hingga akhirnya membawa Liverpool menjadi salah satu klub terbaik.

Dalam sepuluh tahun terakhir, pelatih berusia 53 tahun itu meraih berbagai gelar bergengsi. Rinciannya adalah 2 kali juara Bundesliga, 1 trofi DFB Pokal, 2 trofi Jerman Super Cup, 1 trofi Premier League, 1 trofi Liga Champions, 1 trofi UEFA Super Cup, dan 1 trofi Piala Dunia Antarklub. Jurgen Klopp meraih 105 poin dalam ranking IFFHS.

4. Jose Mourinho

5 Pelatih Terbaik di Dunia dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHSpremierleague.com

Jose Mourinho tak mau kalah dengan pelatih ternama lainnya dalam daftar ini. Pelatih yang cukup kontroversial ini tentu sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam meracik strategi. Cukup banyak klub yang dilatih sosok 57 tahun ini, khususnya dalam sedekade terakhir.

Klub yang dilatih Mourinho yang terbilang cukup elite di antaranya adalah Real Madrid, Chelsea, Manchester United, dan saat ini dirinya menangani Tottenham Hotspur. Dalam sedekade terakhir, Mourinho meraih 1 trofi Premier League, 2 trofi Piala Liga, 1 trofi LaLiga, 1 trofi Super Cup Spanyol, 1 trofi Community Shield, dan 1 trofi Europa League. Dalam ranking IFFHS, ia mendapatkan 91 poin.

5. Massimiliano Allegri

5 Pelatih Terbaik di Dunia dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHSfoxsportsasia.com

Pelatih kelima dalam daftar ini adalah Massimiliano Allegri. Saat ini pelatih asal Italia memang sedang menganggur. Ia terakhir kali melatih saat menangani Juventus pada Juni 2019. Karier kepelatihan Allegri juga cukup mentereng dengan berbagai gelar yang diraih. Dalam sepuluh tahun terakhir, pelatih berusia 53 tahun itu menangani dua klub elite Italia, yakni AC Milan dan Juventus.

Bersama keduanya, Allegri menorehkan beberapa gelar. Rinciannya adalah 6 trofi Serie A, 4 trofi Coppa Italia, serta 3 trofi Italia Super Cup. Raihan tersebut tentu sangat luar biasa dalam karier Allegri. Hal tersebut membuatnya menjadi salah satu pelatih terbaik versi IFFHS. Allegri mendapatkan 77 poin.

 

Itulah lima pelatih terbaik di dunia dalam sedekade terakhir versi IFFHS. Pelatih-pelatih tersebut memang sangat berprestasi dalam sepuluh tahun terakhir. Bagaimana pendapatmu, adakah pelatih lain yang lebih baik?

Baca Juga: 6 Rekrutan Termahal Allegri di Juventus, Pemain Kunci Raih Scudetto! 

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya