5 Pemain Asal Argentina dengan Penampilan Terbanyak Bersama Barcelona

#IDNTimesSport Barcelona resmi merekrut Sergio Aguero 

Setelah menjalani musim yang kurang memuaskan, Barcelona mulai berbenah menghadapi musim 2021/22. Salah satunya dengan mendatangkan pemain anyar, di mana Sergio Aguero menjadi rekrutan pertama Barca di musim panas ini. Ia diboyong dari Manchester City secara gratis karena kontraknya telah usai.

Aguero pun menjadi pemain Argentina selanjutnya yang berbaju Blaugrana. Dalam sejarah, sudah banyak pemain Argentina yang berseragam Barca. Salah satu yang paling fenomenal tentu saja Lionel Messi hingga sebelumnya ada Diego Maradona. Lantas siapa saja pemain asal Argentina dengan penampilan terbanyak bersama Barcelona?

1. Lionel Messi

5 Pemain Asal Argentina dengan Penampilan Terbanyak Bersama BarcelonaLionel Messi (fcbarcelona.fr)

Pemain asal Argentina dengan penampilan terbanyak bersama Barcelona adalah Lionel Messi. Megabintang ini tentu saja tak perlu diragukan lagi kesetiaannya bersama Barca. Ia menjadi pemain berkebangsaan Argentina yang hingga kini hanya membela El Barca.

Pemain berusia 33 tahun tersebut mengawali karier profesionalnya sejak 2005/2006. Messi bisa dibilang sebagai roh permainan Barca hingga meraih kesuksesan. Hampir semua trofi kompetisi mayor telah diraih La Pulga bersama Blaugrana.

Berbagai gelar pribadi juga telah disabet pemain bernomor punggung 10 itu. Hingga kini, Messi telah membela Barca dalam 778 pertandingan dengan torehan 672 gol dan 304 assist.

2. Javier Mascherano 

5 Pemain Asal Argentina dengan Penampilan Terbanyak Bersama BarcelonaJavier Mascherano (goal.com)

Javier Mascherano menjadi salah satu pemain Argentina yang juga menjadi legenda di Barcelona. Pemain yang mengumumkan gantung sepatu pada tahun 2020 lalu itu berseragam Blaugrana sejak musim 2010/2011 hingga 2017/2018. Selama 8 musim bersama El Barca, Mascherano tentu saja telah meraih banyak gelar.

LaLiga, Liga Champions hingga Piala Dunia Antarklub pernah diraih gelandang bertahan tersebut. Untuk catatan pribadi, Mascherano telah membela Barca dalam 334 pertandingan. Lebih fokus bertahan bahkan kerap dipasang sebagai bek tengah, ia hanya mencetak 1 gol dan 2 assist.

3. Javier Saviola

5 Pemain Asal Argentina dengan Penampilan Terbanyak Bersama BarcelonaJavier Saviola (us.as.com)

Sebelum datangnya Javier Saviola, Barcelona sempat lama tak menggunakan jasa pemain Argentina. Hingga akhirnya Barca merekrut Saviola pada musim 2001/2002. Pemain yang berposisi penyerang ini bertahan di Camp Nou hingga 2006/2007. Namun Saviola beberapa kali dipinjamkan Barca ke klub lain sebelum akhirnya hijrah ke Real Madrid.

Selama menjadi bagian klub Catalan tersebut, Saviola berhasil mencatatkan penampilan gemilang. Pemain yang pensiun pada tahun 2016 ini mencetak 72 gol dan 31 assist dari 172 pertandingan serta meraih satu trofi Copa del Rey.

Baca Juga: Barcelona Resmi Daratkan Sergio Aguero

4. Rafael Zuviria

5 Pemain Asal Argentina dengan Penampilan Terbanyak Bersama BarcelonaRafael Zuviria (fcbarcelona.es)

Pemain Argentina berikutnya yang catatkan cukup banyak pertandingan saat membela Barcelona ada Rafael Zuviria. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini berseragam Blaugrana selama 5 musim. Tepatnya sejak musim 1977/78 hingga musim 1981/82.

Selama membela El Barca, Zuviria sukses menyabet beberapa trofi, di antaranya ada 2 kali juara Copa del Rey dan 2 kali juara Piala Winner UEFA. Untuk catatan pribadi, pemain yang gantung sepatu pada tahun 1986 itu mencatatkan 119 pertandingan. Namun sebagai penyerang murni, Zuviria hanya mampu mencetak 9 gol.

5. Gabriel Milito

5 Pemain Asal Argentina dengan Penampilan Terbanyak Bersama BarcelonaGabriel Milito (eurosport.com)

Pemain asal Argentina kelima dengan penampilan terbanyak bersama Barcelona ada Gabriel Milito. Pemain Argentina yang satu ini bergabung dengan El Barca sejak musim 2007/2008. Bertahan hingga musim 2010/2011, Milito berhasil meraih beberapa gelar bersama Blaugrana.

Di antaranya ada 1 Super Cup Spanyol, 2 trofi LaLiga dan 1 trofi Liga Champions. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2012 itu mencatatkan 76 penampilan bersama Blaugrana di semua kompetisi. Berposisi sebagai bek tengah, Milito hanya mampu mencetak 2 gol dan 1 assist.

 

Melihat kesuksesan beberapa pemain Argentina saat berseragam Barcelona, Sergio Aguero mungkin akan semakin termotivasi. Namun saat ini, usianya sudah menginjak 32 tahun dan mungkin tak akan terlalu lama menjadi andalan Blaugrana.

Baca Juga: 5 Pemain yang Harus Dilepas Barcelona pada Musim Panas Nanti

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

Berita Terkini Lainnya