5 Pemain Paling Diandalkan Unai Emery Saat Menangani Arsenal

#IDNTimesSport Gagal juarai Europa League bersama Arsenal 

Unai Emery tengah menjadi buah bibir berkat keberhasilannya meraih trofi Europa League bersama Villarreal. Keberhasilan itu menjadi yang keempat kalinya dalam karier Emery dan menjadikannya pelatih tersukses di ajang itu. Ia sebenarnya bisa meraih 5 trofi Europa League jika berhasil juara saat menangani Arsenal.

Pelatih berkebangsaan Spanyol itu dipercaya menangani Arsenal sejak awal musim 2018/19 dan harus diputus kontrak pada November 2019. Prestasi terbaiknya bersama The Gunners adalah melaju ke final Europa League. Beberapa pemain pun ia andalkan selama menangani Arsenal. Berikut daftarnya!

1. Pierre-Emerick Aubameyang

5 Pemain Paling Diandalkan Unai Emery Saat Menangani ArsenalPierre-Emerick Aubameyang (premierleague.com)

Pemain paling diandalkan Unai Emery saat menangani Arsenal adalah Pierre-Emerick Aubameyang. Pemain berkebangsaan Gabon tersebut sudah cukup lama menjadi andalan The Gunners. Ia bergabung dengan Arsenal pada Januari 2018 setelah hengkang dari Borussia Dortmund.

Di era Emery, ia pun menjadi tumpuan utama di lini depan. Pemain yang kini berusia 31 tahun itu dimainkan Emery dalam 67 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai seorang penyerang berkualitas, ia pun menorehkan 41 gol dan 8 assist dari penampilannya tersebut.

2. Lucas Torreira

5 Pemain Paling Diandalkan Unai Emery Saat Menangani ArsenalLucas Torreira (premierleague.com)

Berikutnya ada Lucas Torreira yang menjadi andalan Unai Emery di lini tengah Arsenal. Saat ini, Torreira sedang menjalani masa peminjaman di Atletico Madrid sejak awal musim ini. Pemain berkebangsaan Uruguay itu menjadi salah satu rekrutan Emery di awal masa jabatannya di Arsenal, yakni pada awal musim 2018/19.

Torreira pun menjadi pilihan utama Emery untuk mengisi posisi gelandang. Selama ditangani Emery, Torreira mencatatkan 67 pertandingan dengan torehan 4 gol dan 5 assist. Setelah ditinggal Emery performa Torreira sedikit menurun hingga dipinjamkan ke klub lain.

3. Matteo Guendouzi

5 Pemain Paling Diandalkan Unai Emery Saat Menangani ArsenalMatteo Guendouzi (premierleague.com)

Selain Lucas Torreira, pemain lainnya yang menjadi andalan Unai Emery di lini tengah Arsenal ada Matteo Guendouzi. Pemain berkebangsaan Prancis itu juga menjadi salah satu pemain yang didatangkan Emery ke Emirates Stadium. Namun, nasib Guendouzi juga serupa dengan Torreira.

Di mana performanya menurun setelah ditinggal Emery hingga akhirnya dipinjamkan ke klub lain. Pemain yang kini berusia 22 tahun itu tengah menjalani masa peminjaman di Hertha BSC. Guendouzi diandalkan Emery dalam 66 pertandingan dengan mencetak 1 gol dan 6 assist.

Baca Juga: Unai Emery Sang Raja Liga Europa

4. Alexandre Lacazette

5 Pemain Paling Diandalkan Unai Emery Saat Menangani ArsenalAlexandre Lacazette (premierleague.com)

Sebelum Pierre-Emerick Aubameyang bergabung dengan Arsenal, Alexandre Lacazette lebih dulu menjadi andalan. Pemain berkebangsaan Prancis itu telah menjadi bagian The Gunners sejak musim 2017/18. Ia pun menjadi salah satu andalan Unai Emery di lini depan Arsenal bersama Aubameyang.

Pemain yang kini berusia 30 tahun itu dimainkan Emery dalam 59 pertandingan. Namun catatannya kalah jauh dari Aubameyang, Lacazette hanya mencetak 23 gol dan memberikan 14 assist dari penampilannya tersebut. Hingga saat ini, Lacazette masih menjadi bagian The Gunners.

5. Sokratis Papastathopoulos

5 Pemain Paling Diandalkan Unai Emery Saat Menangani ArsenalSokratis Papastathopoulos (arsenal.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini yang juga menjadi andalan Unai Emery saat menangani Arsenal adalah Sokratis Papastathopoulos. Pemain yang berasal dari Yunani ini berposisi sebagai bek tengah. Ia menjadi salah satu pemain yang bergabung dengan Arsenal setelah kedatangan Emery di Emirates Stadium.

Namun sama seperti rekrutan Emery lainnya di daftar ini, Sokratis juga tak lagi berseragam Arsenal musim ini. Ia memutuskan hengkang ke klub Yunani, Olympiacos pada Januari 2021 lalu. Di bawah asuhan Emery, Sokratis tampil dalam 54 pertandingan dengan torehan 4 gol dan 2 assist.

 

Keberhasilan Unai Emery juara Europa League bersama Villarreal juga membangkitkan memori Emery bersama Arsenal. Hal itu karena satu-satunya kegagalan Emery di partai final Europa League saat membesut The Gunners.

Baca Juga: Villarreal Rebut Trofi Liga Europa, Gelar Keempat Buat Unai Emery

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

Berita Terkini Lainnya