Comscore Tracker

5 Pemain Senior yang Bisa Pensiun dari Timnas Setelah Piala Eropa 2020

#IDNTimesSport Deretan bintang veteran 

Piala Eropa 2020 akan menampilkan beberapa pemain berpengalaman yang sudah terbilang cukup senior. Beberapa tim top Eropa akan berlaga dengan skuad campuran muda dan senior. Beberapa di antara mereka bahkan ada yang akan menjalani debut Piala Eropa pertamanya.

Sementara bagi pemain senior, Piala Eropa 2020 bisa menjadi turnamen internasional besar terakhir. Banyak dari pemain ini telah membela timnas selama bertahun-tahun dengan daya tahan dan umur panjang mereka. Lantas siapa saja pemain senior yang diprediksi akan pensiun dari timnas setelah gelaran Piala Eropa 2020?

1. Yuri Zhirkov (Rusia)

5 Pemain Senior yang Bisa Pensiun dari Timnas Setelah Piala Eropa 2020Yuri Zhirkov (goal.com)

Bek kiri veteran, Yuri Zhirkov, telah menjadi andalan di tim nasional Rusia. Dia berusia 37 tahun saat ini dan bisa mengakhiri karier internasionalnya selama 16 tahun setelah Piala Eropa 2020 berakhir. Zhirkov telah membuat 104 penampilan untuk Rusia dan bisa disebut sebagai legenda.

Dia telah mempertahankan tingkat kebugarannya meskipun dia berada di tahun-tahun senja kariernya. Zhirkov telah menghabiskan hampir seluruh kariernya bermain di Rusia, kecuali untuk beberapa musim berseragam Chelsea sejak 2009 hingga 2011. Namun mengingat usianya, Piala Eropa 2020 bisa menjadi turnamen besar terakhir legenda Rusia ini untuk negaranya.

2. Lukasz Fabianski (Polandia)

5 Pemain Senior yang Bisa Pensiun dari Timnas Setelah Piala Eropa 2020Lukasz Fabianski (whufc.com)

Lukasz Fabianski akan tercatat dalam sejarah sebagai salah satu kiper paling terkenal di era Premier League. Penampilannya yang konsisten di liga papan atas Inggris dalam beberapa tahun terakhir telah membuatnya mendapatkan banyak pujian.

Namun pemain berusia 36 tahun itu hanya mencatatkan 56 caps untuk tim nasional Polandia. Ia kalah saing dengan Wojciech Szczęsny. Meskipun berusia 36 tahun, Fabianski sangat baik untuk West Ham United di Premier League. Namun Fabianski termasuk di antara sederet pemain veteran yang diperkirakan akan gantung sepatu dari timnas setelah Piala Eropa 2020.

3. Giorgio Chiellini (Italia)

5 Pemain Senior yang Bisa Pensiun dari Timnas Setelah Piala Eropa 2020Giorgio Chiellini (goal.com)

Dengan catatan 107 caps atas namanya, Giorgio Chiellini adalah pemain Italia paling berpengalaman di Piala Eropa 2020. Chiellini masih cukup kuat pada usia 36. Dia terus menjadi pilihan utama di klubnya, Juventus.

Roberto Mancini akan mengandalkan Chiellini di panggung internasional untuk memimpin timnya melewati turnamen. Italia memiliki salah satu skuad paling menarik di Piala Eropa 2020.

Mereka memiliki banyak pemain veteran dengan tujuh pemain berusia di atas 30 tahun. Tapi Chiellini adalah yang tertua dari semuanya dan ini kemungkinan akan menjadi turnamen besar terakhirnya untuk tim internasional. 

Baca Juga: 5 Kiper Premier League yang Dipastikan Tak Tampil di Piala Eropa 2020

4. Pepe (Portugal)

5 Pemain Senior yang Bisa Pensiun dari Timnas Setelah Piala Eropa 2020Pepe (eurosport.com)

Meski berusia 38 tahun, Pepe terus menjadi salah satu bek tengah pilihan utama Portugal. Ia diperkirakan akan berpasangan dengan Ruben Dias di Piala Eropa 2020. Fernando Santos berharap bahwa pengalaman Pepe dan keunggulan Dias secara keseluruhan akan menjadi kombinasi yang tangguh di lini belakang.

Pepe telah menjadi pemain reguler di tim nasional Portugal sejak 2008. Dia memainkan peran penting dalam kemenangan Portugal di Piala Eropa 2016 dan rentetan gelar mereka berikutnya di UEFA Nations League.

Mantan bek tengah Real Madrid ini masih memiliki kecepatan dan tampil agresif. Tapi sepertinya dia mungkin akan berhenti membela timnas setelah Piala Eropa 2020 karena dia telah menderita banyak cedera selama beberapa musim terakhir.

5. Luka Modric (Kroasia)

5 Pemain Senior yang Bisa Pensiun dari Timnas Setelah Piala Eropa 2020Luka Modric (skysports.com)

Luka Modric bisa dibilang pemain paling penting Kroasia saat mereka menghadapi Piala Eropa 2020. Gelandang Real Madrid ini telah menikmati performa terbaik dalam kariernya sejak berusia 30 tahun dan bahkan membawa timnya ke final Piala Dunia 2018. Tapi dia bisa menjadi yang terbaik.

Pemain papan atas ini mungkin akan pensiun dari sepak bola internasional setelah Piala Eropa 2020. Modric akan berusia 36 tahun pada bulan September. Meskipun tingkat kebugarannya masih mumpuni, dia bisa saja mengakhiri karier internasionalnya setelah turnamen. Tetapi kita tidak dapat mengabaikan kemungkinan lain bahwa ia mungkin memutuskan untuk bertahan sampai Piala Dunia 2022.

 

Para pemain tersebut memang sudah terbilang cukup senior untuk level internasional. Tantangan semakin berat dengan beberapa pemain muda yang mulai mencuri perhatian. Akankah mereka pensiun dari timnas setelah Piala Eropa 2020? Patut kita nantikan.

Baca Juga: 5 Gelandang yang Diprediksi Akan Bersinar di Piala Eropa 2020

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya