Comscore Tracker

5 Pemain Skandinavia dengan Penampilan Terbanyak di Premier League

Ada dua mantan pemain Liverpool lho!

Wilayah Skandinavia mungkin tak terlalu populer jika dibandingkan Britania Raya atau pun Amerika Latin. Skandinavia merupakan daerah semenanjung yang terletak di benua Eropa khususnya bagian utara. Dalam dunia sepak bola, wilayah yang terdiri dari Denmark, Swedia, Norwegia, Finlandia dan Islandia tersebut juga melahirkan pemain berkualitas.

Tak sedikit pemain-pemain dari Skandinavia yang membela beberapa klub elite Eropa termasuk di Premier League. Hingga kini cukup banyak pemain Skandinavia yang menjadi bagian klub Premier League. Beberapa dari mereka mencatatkan penampilan cukup banyak di kasta teratas liga Inggris tersebut. Berikut daftar pemain Skandinavia dengan penampilan terbanyak di Premier League.

1. Jussi Jaaskelainen - 436 penampilan

5 Pemain Skandinavia dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leagueskysports.com

Jussi Jaaskelainen menjadi pemain Skandinavia dengan penampilan terbanyak di Premier League. Jaaskelainen merupakan seorang penjaga gawang yang berasal dari Finlandia. Bermain di Premier League sejak 2001/2002 hingga 2014/2015, ia telah tampil dalam 436 laga di Premier League.

Jumlah tersebut ia mainkan bersama dua klub berbeda yaitu Bolton Wonderes dan West Ham United. Meskipun cukup lama, Jaaskelainen tak mampu meraih trofi Premier League. Catatan pribadi yang ia torehkan yaitu 108 clean sheet dan 3 assist. Sosok dengan tinggi 191 cm tersebut mengakhiri karier pada tahun 2018.

2. Thomas Sorensen - 364 penampilan

5 Pemain Skandinavia dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguegoal.com

Pemain Skandinavia berikutnya yang memiliki jumlah penampilan cukup banyak di Premier League adalah Thomas Sorensen. Pemain yang juga berposisi sebagai penjaga gawang ini berasal dari Denmark. Sepanjang kariernya di Premier League, Sorensen membela tim tim berbeda dengan catatan 364 penampilan.

Ketiga klub Premier League yang pernah ia bela yaitu Sunderland, Aston Villa dan Stoke City. Dari penampilannya tersebut, pemain yang pensiun pada tahun 2017 ini mencatatkan 107 clean sheet dan 1 assist. Sorensen juga tak mampu merengkuh trofi Premier League.

3. Hermann Hreidarsson - 332 penampilan

5 Pemain Skandinavia dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguecpfc.co.uk

Tak hanya penjaga gawang, pemain Skandinavia dengan penampilan terbanyak di Premier League berikutnya berposisi sebagai bek tengah. Pemain tersebut yaitu Hermann Hreidarsson yang berasal dari Islandia. Pemain yang pensiun pada tahun 2014 ini tampil cukup lama di kasta teratas liga Inggris. Tepatnya sejak musim 1997/1998 hingga musim 2009/2010. 

Selama berkarier di Premier League, Hreidarsson membela cukup banyak klub, di antaranya ada Crystal Palace, Wimbledon, Ipswich, Charlton Athletic dan Portsmouth. Bersama klub-klub tersebut, ia tampil dalam 332 pertandingan Premier League dengan catatan 14 gol dan 15 assist serta 89 clean sheet tanpa trofi Premier League.

Baca Juga: 6 Persepsi Salah tentang Skandinavia yang Harus Diketahui

4. John Arne Riise - 321 penampilan

5 Pemain Skandinavia dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leagueliverpoolfc.com

Pemain berikutnya juga menjadi sosok penting di lini belakang, yakni John Arne Riise yang berposisi sebagai bek kiri. Pemain berkebangsaan Norwegia ini menjadi pemain Skandinavia yang cukup selama kariernya. Riise mengawali karier di Premier League bersama Liverpool pada musim 2001/2002.

Sempat hengkang ke luar Premier League, pada musim 2011/2012 ia kembali dengan membela Fulham hingga 2013/2014. Bersama kedua klub tersebut, Riise mencatatkan 321 penampilan di Premier League dengan torehan 21 gol, 30 assist dan 99 clean sheet. Sayangnya pemain yang gantung sepatu pada tahun 2018 tersebut juga tak mampu menjuarai Premier League hingga akhir kariernya.

5. Sami Hyypia - 318 penampilan

5 Pemain Skandinavia dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leagueliverpoolfc.com

Pemain kelima yang catatkan penampilan cukup banyak di Premier League ada Sami Hyypia. Pemain berposisi sebagai bek tengah ini berasal dari Finlandia. Hyypia tampil di Premier League selama 10 musim, tepatnya sejak 1999/2000 hingga 2008/2009. Dalam kurun waktu tersebut, ia mencatatkan 318 penampilan di Premier League.

Berposisi sebagai bek, Hyypia mencatatkan 22 gol, 8 assist dan 125 clean sheet. Liverpool menjadi satu-satunya klub Premier League yang pernah ia bela. Sama seperti pemain sebelumnya dalam daftar ini, pemain yang pensiun pada tahun 2011 tersebut juga gagal meraih trofi Premier League.

Dengan postur tinggi yang mereka miliki, cukup banyak pemain Skandinavia yang berposisi sebagai bek maupun penjaga gawang. Meskipun gagal meraih trofi, pemain-pemain tersebut menjadi salag satu bukti bahwa Skandinavia juga melahirkan pesepak bola tak kalah hebat. Siapa pemain Skandinavia tersukses dalam sejarah?

Baca Juga: 7 Pemain Skandinavia Tersukses yang Pernah Bermain di Premier League 

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya