5 Pemain Spanyol yang Paling Sering Membela Barcelona, Local Pride!

Semuanya lulusan La Masia, lho!

Barcelona, klub asal Spanyol dengan segudang prestasi, baik di kompetisi domestik maupun mancanegara. Klub yang berbasis di Catalan itu telah melahirkan pemain-pemain hebat. Tak hanya mengandalkan pemain asing atau non-Spanyol, Barca juga dikenal sebagai tim yang cukup bersahabat untuk pemain lokal.

Dengan adanya La Masia, Barca tak pernah kehabisan talenta-talenta luar biasa, khususnya yang berasal dari Spanyol. Sepanjang sejarah El Barca, sudah banyak pemain Spanyol yang mencatatkan penampilan yang cukup banyak. Beberapa di antaranya bahkan masih aktif bermain hingga saat ini. Siapa saja pemain Spanyol paling sering tampil membela Barcelona? Berikut kami sajikan ulasannya.

Baca Juga: Harmonis, Ini 9 Potret Xavi Hernandez Bersama Keluarga Kecilnya

1. Xavi Hernandez (767 Penampilan)

5 Pemain Spanyol yang Paling Sering Membela Barcelona, Local Pride!fcbarcelona.fr

Xavi Hernandez menjadi pemain Spanyol yang paling sering tampil membela Barcelona. Pemain yang telah gantung sepatu itu telah membela tim utama El Barca sejak musim 1998/1999. Semasa kariernya bersama Barca, Xavi dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia.

Pada musim 2015/2016, ia memutuskan hengkang ke liga Qatar bersama Al-Sadd hingga akhir kariernya. Selama menjadi andalan di lini tengah Blaugrana, Xavi mencatatkan 767 penampilan di semua kompetisi. Sebagai seorang gelandang top, ia menorehkan 85 gol dan 184 assist.

2. Andres Iniesta (674 Penampilan)

5 Pemain Spanyol yang Paling Sering Membela Barcelona, Local Pride!fcbarcelona.com

Di urutan kedua ada Andres Iniesta yang membela Barcelona cukup lama sebelum akhirnya hijrah ke Liga Jepang. Gelandang veteran ini menjadi salah satu pemain penting saat berseragam Barca. Iniesta membela tim utama El Barca pada musim 2002/2003 dan bertahan hingga musim 2017/2018.

Selama 16 musim membela Barca, pemain berkebangsaan Spanyol ini tampil dalam 674 pertandingan di semua kompetisi. Iniesta sukses menggelontorkan 57 gol dan 140 assist. Di usianya yang kini menginjak 36 tahun, Iniesta masih aktif bermain dengan membela Vissel Kobe.

3. Carles Puyol (593 Penampilan)

5 Pemain Spanyol yang Paling Sering Membela Barcelona, Local Pride!fcbarcelona.com/Miguel Ruiz

Carles Puyol juga sangat layak disebut sebagai salah satu legenda Barcelona. Pemain Spanyol yang satu ini menjadikan Barca satu-satunya klub yang pernah dibela. Sebagai salah satu lulusan La Masia, Puyol mengawali karier profesionalnya pada musim 1999/2000.

Puyol merupakan bek yang dikenal sangat tangguh saat aktif bermain. Pemain yang juga dipercaya sebagai kapten El Barca ini memutuskan gantung sepatu pada tahun 2014. Bersama Blaugrana, Puyol tampil dalam 539 pertandingan di semua kompetisi. Bek tengah ini mencetak 19 gol serta 13 assist.

4. Sergio Busquets (593 Penampilan)

5 Pemain Spanyol yang Paling Sering Membela Barcelona, Local Pride!fcbarcelona.com

Sergio Busquets menjadi salah satu pemain penting di lini tengah Barcelona hingga saat ini. Pemain berusia 32 tahun tersebut telah membela tim utama El Barca sejak musim 2008/2009. Pemain yang merupakan produk akademi La Masia ini telah membela Barca dalam 593 pertandingan di semua kompetisi.

Dari penampilannya tersebut, Busquets telah menorehkan 15 gol dan 36 assist. Tak hanya sebagai gelandang bertahan, Busquets juga kerap dimainkan oleh pelatih Barca sebagai bek tengah. Bersama Blaugrana, pemain Spanyol ini masih terikat kontrak hingga Juni 2023.

5. Gerard Pique (553 Penampilan)

5 Pemain Spanyol yang Paling Sering Membela Barcelona, Local Pride!fcbarcelona.com

Gerard Pique juga menjadi salah satu pemain dalam daftar ini yang kini masih aktif membela Barcelona. Pemain berposisi bek tengah tersebut bergabung dengan Barca pada musim 2008/2009 setelah hengkang dari Manchester United. Pique juga merupakan lulusan akademi La Masia dan telah membela El Barca dalam 553 pertandingan.

Sebagai seorang bek tengah, Pique sukses mencetak 48 gol dan 13 assist. Meskipun sudah berusia 33 tahun, pemain Spanyol yang satu ini masih menjadi pemain penting Blaugrana, khususnya di lini belakang. Ia masih diikat kontrak oleh Barca hingga Juni 2024.

 

Uniknya, kelima pemain tersebut merupakan lulusan akademi La Masia. Hal itu menunjukkan bahwa La Masia memang layak disebut sebagai akademi sepak bola terbaik di dunia. Siapa pemain favoritmu dalam daftar ini?

Baca Juga: Tak Lagi Muda, 5 Pemain Ini Diproyeksikan Sebagai Pengganti Pique

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya