5 Pemain Termuda Inggris dalam Sejarah Piala Dunia, Bellingham Terbaru

Bellingham debut di Piala Dunia 2022

Inggris menjadi salah satu negara yang kerap melahirkan talenta muda luar biasa. Terbukti, karena di setiap turnamen mayor, pasti ada sejumlah pemain muda Inggris yang meledak.

Pada Piala Dunia 2022, Qatar, sudah ada pemain muda Inggris yang mencuri perhatian. Saat melawan Iran di Khalifa International Stadium, Senin (21/11/2022), Jude Bellingham serta Bukayo Saka tampil begitu impresif.

Jauh sebelum Bellingham dan Saka, Inggris sudah mengandalkan harapan pada talenta mudanya. Lantas, siapa saja pemain termuda Inggris dalam sejarah Piala Dunia? 

1. Michael Owen

5 Pemain Termuda Inggris dalam Sejarah Piala Dunia, Bellingham TerbaruMichael Owen (fifa.com)

Pemegang rekor pemain termuda Inggris yang pernah bermain di Piala Dunia  adalah Michael Owen. Mantan pemain Liverpool dan Manchester United ini menjalani debut di Piala Dunia pada 15 Juni 1998.

Saat itu Owen tampil ketika Inggris berduel melawan Tunisia di fase grup. Dalam laga tersebut, Owen masih berusia 18 tahun, enam bulan, dan satu hari. Setelahnya, Owen rutin masuk ke skuad The Three Lions. Sebanyak 49 caps dikantongi Owen dilengkapi 40 golnya.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Termuda Inggris Era Southgate, Ada Bellingham

2. Luke Shaw

5 Pemain Termuda Inggris dalam Sejarah Piala Dunia, Bellingham TerbaruLuke Shaw (uefa.com)

Pemain kedua dalam daftar ini adalah Luke Shaw. Pria 27 tahun itu menjalani debut bersama Inggris di Piala Dunia 2014, tepatnya pada 14 Juni.

Saat itu Inggris menjalani pertandingan pembuka grup menghadapi Kosta Rika. Dalam laga tersebut, Shaw masih berusia 18 tahun, 11 bulan dan 12 hari.

Hingga kini bek kiri milik Manchester United tersebut telah tampil dalam 24 pertandingan bersama Inggris dengan catatan tiga gol.

3. Aaron Lennon

5 Pemain Termuda Inggris dalam Sejarah Piala Dunia, Bellingham TerbaruAaron Lennon (thefa.com)

Aaron Lennon merupakan pemain ketiga termuda dalam daftar ini. Dia menjalani debut di Piala Dunia bersama Inggris pada edisi 2006. Dia tampil pertama kalinya di Piala Dunia bersama Inggris pada 15 Juni 2006 silam.

Dia turun ketika Inggris menghadapi Trinidad-Tobago di fase grup. Dalam laga tersebut, Lennon masih berusia 19 tahun, satu bulan, dan 30 hari.

4. Jude Bellingham

5 Pemain Termuda Inggris dalam Sejarah Piala Dunia, Bellingham TerbaruJude Bellingham (twitter.com/England)

Bellingham menjadi salah satu pemain termuda Inggris yang mentas di Piala Dunia. Pada edisi 2022, Bellingham mencicipi atmosfer magis Piala Dunia bersama Inggris.

Kemarin, Bellingham merasakan megahnya panggung Piala Dunia saat membantu Inggris menghajar Iran, 6-2. Usia Bellingham kemarin masih 19 tahun, empat bulan dan 23 hari.

Menariknya, Bellingham berhasil mencetak gol pula dalam laga itu. Dengan torehan itu pula, Bellingham jadi pencetak gol termuda kedua Inggris, setelah Owen.

5. Raheem Sterling

5 Pemain Termuda Inggris dalam Sejarah Piala Dunia, Bellingham TerbaruRaheem Sterling (fifa.com)

Raheem Sterling juga menjadi salah satu pemain yang bersinar sejak usia muda. Pemain berposisi penyerang sayap ini pertama kali membela Timnas Inggris di Piala Dunia 2014 silam.

Laga pertamanya terjadi pada saat menghadapi Italia dalam fase grup. Pada pertandingan yang digelar 15 Juni 2014 tersebut, Sterling masih berusia 19 tahun, enam bulan, dan tujuh hari.

Setelahnya, Sterling rutin dipanggil The Three Lions. Total, dia sudah menorehkan 79 caps dengan catatan 19 gol.

Baca Juga: Brace Bukayo Saka Buat Bungkam Kritik ke Inggris

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya