5 Pemain Termuda Timnas Inggris yang Pernah Bermain di Piala Eropa

#IDNTimesSport Bakal ada rekor baru? 

Inggris menjadi salah satu negara yang akan berpartisipasi di ajang Piala Eropa 2020. Timnas Inggris mungkin hampir tak pernah absen dalam gelaran ini, namun hingga kini mereka belum mampu menjuarai Piala Eropa. Pada gelaran kali ini, Timnas Inggris mengandalkan cukup banyak pemain muda.

Namun sebenarnya, mereka sebelumnya sudah beberapa kali mengandalkan pemain muda di Piala Eropa. Namun rekor tersebut mungkin saja akan terpecahkan pada musim ini karena beberapa pemain yang dipanggil masih cukup belia. Lantas siapa saja pemain termuda Timnas Inggris yang pernah bermain di Piala Eropa?

1. Marcus Rashford

5 Pemain Termuda Timnas Inggris yang Pernah Bermain di Piala EropaMarcus Rashford (bleacherreport.com/James Williamson - AMA/Getty Images)

Pemegang rekor pemain termuda Timnas Inggris yang pernah bermain di Piala Eropa adalah Marcus Rashford. Pemain Manchester United ini menjalani debut di Piala Eropa pada 16 Juni 2016. Saat itu Inggris menjalani babak grup menghadapi Wales.

Dalam laga tersebut, Rashford masih berusia 18 tahun, 7 bulan, dan 16 hari. Hingga kini, pemain berusia 23 tahun tersebut telah membela Three Lions dalam 40 pertandingan. Dari penampilannya tersebut, ia mampu mengoleksi 11 gol dan menjadi salah satu pemain yang akan berlaga di Piala Eropa 2020.

2. Wayne Rooney

5 Pemain Termuda Timnas Inggris yang Pernah Bermain di Piala EropaWayne Rooney (fifa.com)

Wayne Rooney juga menjadi salah satu pemain yang bersinar sejak usia muda. Pemain berposisi striker ini pertama kali membela Timnas Inggris di Piala Eropa pada edisi tahun 2004. Laga pertamanya terjadi pada saat menghadapi Prancis dalam babak grup.

Pada pertandingan yang digelar 13 Juni 2004 tersebut, Rooney masih berusia 18 tahun, 7 bulan, dan 20 hari. Mantan pemain Manchester United ini cukup banyak mendapat kesempatan tampil bersama Timnas Inggris. Pemain yang telah gantung sepatu itu mencatatkan 120 caps dengan torehan 53 gol. 

3. Alex Oxlade-Chamberlain

5 Pemain Termuda Timnas Inggris yang Pernah Bermain di Piala EropaAlex Oxlade-Chamberlain (skysports.com)

Alex Oxlade-Chamberlain, pemain ketiga dalam daftar ini menjalani debut di Piala Eropa bersama Timnas Inggris pada edisi tahun 2012. Ia tampil perdana di Piala Eropa pada 11 Juni 2012. Tepatnya saat Timnas Inggris menjalani pertandingan babak grup menghadapi Prancis.

Dalam laga tersebut, Chamberlain masih berusia 18 tahun, 9 bulan, dan 27 hari. Pemain Liverpool tersebut hingga kini sudah membela Timnas Inggris dalam 35 pertandingan. Sayangnya, ia tak dipanggil Gareth Southgate untuk berlaga di ajang Piala Eropa 2020.

Baca Juga: 2 Bos Bersatu dalam Pencoretan Greenwood dari Timnas Inggris

4. Steven Gerrard 

5 Pemain Termuda Timnas Inggris yang Pernah Bermain di Piala EropaSteven Gerrard (fifa.com)

Berikutnya juga tak kalah populer dengan nama-nama sebelumnya. Steven Gerrard menjadi salah satu pemain Inggris yang cukup sukses. Ia tampil perdana bersama Three Lions di ajang Piala Eropa pada 17 Juni 2000.

Saat usianya masih 20 tahun 18 hari, Gerrard diturunkan Timnas Inggris menghadapi Jerman dalam pertandingan babak grup. Bersama Timnas Inggris, legenda Liverpool ini menciptakan 21 gol dari 114 penampilan.

5. Dele Alli

5 Pemain Termuda Timnas Inggris yang Pernah Bermain di Piala EropaDele Alli (goal.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Dele Alli yang saat ini membela Tottenham Hotspur. Pemain berusia 25 tahun itu menjalani debut bersama Timnas Inggris di Piala Eropa 2016, tepatnya pada 11 Juni 2016. Saat itu Inggris menjalani pertandingan pembuka grup menghadapi Rusia.

Dalam laga tersebut, Alli masih berusia 20 tahun 2 bulan. Hingga kini pemain gelandang serang tersebut telah tampil dalam 37 pertandingan bersama Timnas Inggris dengan catatan 3 gol. Sayangnya, ia tak akan berlaga di Piala Eropa 2020.

 

Rekor ini mungkin akan terpecahkan pada Piala Eropa tahun ini. Di mana Jude Bellingham yang kini berusia 17 tahun akan menjadi bagian Timnas Inggris. Akankah ada rekor baru? 

Baca Juga: 5 Pemain Top Inggris yang Tersingkir dari Skuad Timnas Inggris

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

Berita Terkini Lainnya