Comscore Tracker

Tak Disangka Banget, 5 Pemain Ternama Ini Pernah Berseragam Fiorentina

Giorgio Chiellini hingga Mohamed Salah!

Nama Fiorentina mungkin sudah tidak asing lagi bagi penggemar sepak bola. Klub asal Italia itu cukup konsisten bermain di Serie A. Dalam sejarah klub berjuluk La Viola itu, pernah ada beberapa pemain top yang bersinar. Nama-nama seperti Gabriel Batistuta hingga Luca Toni cukup lekat dengan Fiorentina.

Namun, tak hanya mereka, beberapa pemain ternama yang saat ini aktif bermain juga tak disangka pernah berseragam Fiorentina. Pemain-pemain itu sudah cukup bersinar, bahkan meraih kesuksesan bersama klubnya saat ini. Lantas, siapa saja pemain ternama yang tak disangka pernah membela Fiorentina? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 10 Pemain Juventus dengan Jumlah Penampilan Terbanyak Sepanjang Masa

1. Giorgio Chiellini

Tak Disangka Banget, 5 Pemain Ternama Ini Pernah Berseragam Fiorentinalabaroviola.com

Salah satu pemain ternama yang pernah berseragam Fiorentina adalah Giorgio Chiellini. Mungkin sangat sedikit yang mengetahui bahwa pemain berpengalaman itu pernah membela Fiorentina. Hal tersebut disebabkan ia membela La Viola hanya dalam waktu yang singkat, yakni selama semusim pada 2004/2005.

Bek asal Italia ini menimba ilmu di akademi Livorno hingga memutuskan hengkang ke Fiorentina pada musim tersebut. Dinilai potensial, Juventus akhirnya merekrut Chiellini dan bertahan hingga kini. Selama membela Fiorentina, pemain 36 tahun itu tampil dalam 42 pertandingan. Beroperasi di lini belakang, Chiellini hanya mencatatkan 3 gol dan 2 assist.

2. Marcos Alonso

Tak Disangka Banget, 5 Pemain Ternama Ini Pernah Berseragam Fiorentinaespn.com

Nama berikutnya adalah Marcos Alonso yang tentunya sudah sangat dikenal publik sepak bola. Pemain berkebangsaan Spanyol itu memang mulai dikenal saat berseragam Chelsea. Namun, ternyata The Blues menemukan bakatnya saat Alonso membela Fiorentina. Pemain yang kini berusia 30 tahun itu bergabung dengan La Viola sejak tahun 2013.

Sempat dipinjamkan ke Sunderland, ia akhirnya diboyong Chelsea pada tahun 2016. Klub lainnya yang pernah dibela lulusan akademi Real Madrid itu ada Bolton. Bersama Fiorentina, pemain bek kiri ini tampil dalam 85 laga dengan torehan 5 gol dan 7 assist.

3. Federico Chiesa

Tak Disangka Banget, 5 Pemain Ternama Ini Pernah Berseragam Fiorentinagoal.com

Pemain andalan Juventus saat ini, Federico Chiesa, juga pernah membela Fiorentina. Bahkan, pemain yang kini berusia 23 tahun tersebut merupakan pemain pinjaman dari Fiorentina. Ia merupakan produk akademi dari Fiorentina. Ia bergabung dengan skuad utama Fiorentina sejak musim 2016/2017. 

Penampilan apiknya bersama klub ungu itu pun membuatnya dilirik Juventus. Akhirnya, Si Nyonya Tua memboyong gelandang Italia ini dengan status pinjaman pada musim ini dan bukan tidak mungkin akan dipermanenkan. Chiesa mencatatkan 153 pertandingan selama menjadi bagian dari Fiorentina. Ia menorehkan 34 gol dan memberikan 25 assist.

4. Juan Cuadrado

Tak Disangka Banget, 5 Pemain Ternama Ini Pernah Berseragam Fiorentinaeurosport.com/imago images

Saat ini Juan Cuadrado adalah pemain yang membela raksasa Italia, Juventus. Pemain asal Ekuador itu juga pernah berseragam Fiorentina. Bahkan, Cuadrado menjadikan La Viola menjadi klub Eropa kedua yang ia bela setelah Udinese, tepatnya sejak tahun 2012. Awalnya, ia bergabung dengan Fiorentina berstatus pinjaman dari Udinese.

Akhirnya ia dipermanenkan Fiorentina pada tahun 2013 sebelum direkrut Chelsea pada tahun 2015. Selama membela Fiorentina, pemain yang kini berusia 32 tahun itu mencatatkan 106 pertandingan. Berposisi sebagai penyerang sayap, ia mampu mencetak 26 gol serta 21 assist.

5. Mohamed Salah

Tak Disangka Banget, 5 Pemain Ternama Ini Pernah Berseragam Fiorentinaeurosport.com/Reuters

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Mohamed Salah. Pemain berkebangsaan Mesir itu tentu saja sudah sangat dikenal. Pemain yang kini bersinar bersama Liverpool itu hanya membela Fiorentina selama setengah semusim. Tepatnya pada paruh kedua musim 2014/2015 dengan status pinjaman dari Chelsea.

Sebelum berhasil menunjukkan performa terbaiknya, Salah memang harus berjuang dengan dipinjamkan ke beberapa klub oleh The Blues. Akhirnya ia dipermanenkan AS Roma dan kemudian dijual ke Liverpool pada musim 2017/2018.  Selama setengah musim berseragam Fiorentina, pemain 28 tahun itu mencatatkan 26 pertandingan dengan catatan 9 gol dan 4 assist.

 

Itulah lima pemain ternama yang mungkin banyak orang tdaik mengetahui bahwa mereka pernah berseragam Fiorentina, khususnya yang masih aktif bermain. Adakah pemain ternama lainnya yang juga pernah membela Fiorentina?

Baca Juga: Klopp Pastikan Liverpool Tak akan Menahan Mohamed Salah Jika Mau Pergi

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya