5 Pemain Ternama yang Ternyata Pernah Berseragam Shakhtar Donetsk

Pasti sudah tidak asing lagi dengan para pemain ini!

Nama Shakhtar Donetsk mungkin sudah tidak asing lagi bagi penggemar sepak bola meskipun bukan klub liga top Eropa. Klub asal Ukraina itu kerap menjadi batu sandungan klub-klub elite di ajang Liga Champions. Dalam sejarah klub berjuluk Kroty itu, pernah ada beberapa pemain top yang bersinar. Nama-nama seperti Willian hingga Douglas Costa menjadi contohnya.

Namun, tak hanya kedua pemain tersebut,  beberapa pemain ternama yang saat ini aktif bermain juga ternyata pernah berseragam Shakhtar Donetsk. Pemain-pemain itu cukup bersinar, bahkan meraih kesuksesan bersama klub liga top Eropa. Lantas, siapa saja pemain ternama yang ternyata pernah membela Shakhtar Donetsk? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Fernandinho Resmi Perpanjang Kontrak di Manchester City

1. Fernandinho

5 Pemain Ternama yang Ternyata Pernah Berseragam Shakhtar Donetskskysports.com

Salah satu pemain ternama yang pernah berseragam Shakhtar Donetsk adalah Fernandinho. Seperti yang kita tahu, pemain berkebangsaan Brasil ini menjadi andalan klub elite Premier League, Manchester City. The Cityzens merekrutnya dari Shakhtar Donetsk pada musim 2013/2014. Gelandang veteran yang satu ini menimba ilmu di akademi Atletico Paranense.

Pada musim 2005/2006 ia memutuskan hengkang ke Eropa dan Shakhtar menjadi klub Eropa pertamanya. Dinilai memiliki kualitas, City akhirnya merekrut Fernandinho pada musim 2013/2014 dan bertahan hingga kini. Selama delapan musim membela Shakhtar, pemain 35 tahun itu tampil dalam 281 pertandingan. Beroperasi di lini tengah, Fernandinho mencatatkan 52 gol dan 50 assist.

2. Fred

5 Pemain Ternama yang Ternyata Pernah Berseragam Shakhtar Donetskinstagram.com/fred08oficial

Nama berikutnya adalah Frederico Rodrigues de Paula Santos atau biasa dikenal dengan Fred. Pemain berkebangsaan Brasil itu memang mulai dikenal saat berseragam Manchester United. Namun, klub asal Manchester itu juga menemukan bakatnya saat Fred membela Shakhtar Donetsk.

Pemain yang kini berusia 27 tahun itu bergabung dengan Shakhtar sejak musim 2013/2014 sebagai pengganti Fernandinho. Sebelumnya, ia menimba ilmu dan mengawali karier di klub Brasil, Internacional. Setelah lima musim berseragam Shakhtar, Fred kemudian diboyong United dan bertahan hingga saat ini. Bersama Shakhtar, gelandang ini tampil dalam 155 laga dengan torehan 15 gol dan 15 assist.

3. Henrikh Mkhitaryan

5 Pemain Ternama yang Ternyata Pernah Berseragam Shakhtar Donetskmetro.co.uk

Pemain andalan AS Roma saat ini, Henrikh Mkhitaryan, juga pernah membela Shakhtar Donetsk. Pemain yang kini berusia 32 tahun itu sudah cukup berpengalaman bersama klub-klub elite. Ia mulai muncul ke permukaan saat berseragam Borussia Dortmund. Namun lagi-lagi, klub liga top Eropa itu menemukan bakat sang pemain saat membela Shakhtar.

Penampilan apiknya bersama Dortmund membuat Mkhitaryan membela dua klub Inggris, Arsenal dan Manchester United. Kariernya justru tak berjalan mulus dan membuatnya dipinjamkan Arsenal ke Roma hingga dipermanenkan pada awal musim ini. Mkhitaryan mencatatkan 106 pertandingan selama menjadi bagian dari Shakhtar pada 2010 hingga 2013. Pemain Armenia ini menorehkan 44 gol dan memberikan 23 assist.

4. Douglas Costa

5 Pemain Ternama yang Ternyata Pernah Berseragam Shakhtar Donetskgoal.com/Martin Rose/Bongarts/Getty Images

Saat ini Douglas Costa adalah pemain yang membela raksasa Jerman, Bayern Munchen, dengan status pinjaman dari Juventus. Pemain asal Brasil itu juga pernah berseragam Fiorentina. Bahkan, Costa menjadikan Shakhtar menjadi klub Eropa pertama yang ia bela setelah hengkang dari Gremio, tepatnya sejak Januari 2010.

Setelah cukup lama di Ukraina, Bayern kemudian merekrutnya pada musim 2015/2016. Costa kemudian hengkang ke Juventus dan saat ini kembali lagi ke Munchen. Selama membela Shakhtar Donetsk, pemain yang kini berusia 30 tahun itu mencatatkan 202 pertandingan. Berposisi sebagai penyerang sayap, ia mampu mencetak 38 gol serta 40 assist.

5. Willian

5 Pemain Ternama yang Ternyata Pernah Berseragam Shakhtar Donetskgoal.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Willian yang juga berasal Brasil dan tentu saja sudah sangat dikenal. Pemain yang kini bermain bersama Arsenal itu menjadikan Shakhtar Donetsk sebagai klub Eropa pertama yang ia bela. Tepatnya sejak musim 2007/2008 setelah hengkang dari Corinthians.

Sebelum diboyong Chelsea, Willian sempat berseragam Anzhi selama setengah musim 2012/2013. Akhirnya ia direkrut The Blues dan kemudian dilepas ke Arsenal pada musim 2020/2021. Cukup lama berseragam Shakhtar, pemain 32 tahun itu mencatatkan 221 pertandingan dengan torehan 37 gol dan 63 assist.

 

Itulah lima pemain yang ternyata pernah membela Shakhtar Donetsk. Klub asal Ukraina itu memang menjadi batu loncatan bagi beberapa pemain karena sering bermain di Liga Champions. Siapa pemain terbaik yang ada dalam daftar ini?

Baca Juga: Gara-gara Willian, Chelsea Untung atau Arsenal Buntung?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya