5 Pencetak Gol Termuda Inggris Era Southgate, Ada Bellingham

Bellingham catatkan rekor baru

Inggris memang menjadi salah satu poros kekuatan sepak bola Eropa dan dunia. Banyak talenta besar yang lahir dan membela panji The Three Lions dalam pentas internasional.

Pada Piala Dunia 2022, Inggris dijejali dengan skuad muda yang menjanjikan. Manajer Inggris, Gareth Southgate, benar-benar diberkahi dengan sejumlah pemain muda yang berbakat.

Salah satunya adalah Jude Bellingham. Kebetulan, Bellingham baru saja cetak rekor kala main melawan Iran di Piala Dunia 2022. Dalam duel yang digelar di Khalifa International Stadium, Senin (21/11/2022) itu, Bellingham mencetak gol perdananya buat Inggris di pentas internasional.

Dengan begitu rekor dicetak Bellingham sebagai salah satu pencetak gol termuda Inggris. Berikut ini adalah daftar pencetak gol termuda Inggris di era Gareth Southgate. 

1. Jude Bellingham

Bellingham mencetak rekor baru bersama Inggris. Dia menjadi pencetak gol termuda kedua, setelah Michael Owen, buat Inggris di Piala Dunia.

Saat melawan Iran, Bellingham mencetak gol saat masih 19 tahun, empat bulan, dan tiga hari. Rekor pencetak gol termuda Inggris di Piala Dunia masih dipegang Michael Owen. Pada edisi 1998, Owen mencetak gol saat masih 18 tahun dan 190 hari.

Baca Juga: Iran Tolak Nyanyikan Lagu Kebangsaan saat Hadapi Inggris, Protes!

2. Jadon Sancho

5 Pencetak Gol Termuda Inggris Era Southgate, Ada BellinghamJadon Sancho (thefa.com)

Sebelum Bellingham, Jadon Sancho sempat menarik perhatian. Sancho sempat mencetak gol saat usianya masih 19 tahun, lima bulan, dan 16 hari. Gol itu lahir pada 10 September 2019 lalu, dan menjadi yang perdana buatnya bersama Inggris.

Mengemas 23 caps bersama Inggris, Sancho sayangnya tak dibawa Southgate ke Qatar. Dia kalah saing dengan winger lainnya seperti Phil Foden, Bukayo Saka, bahkan Marcus Rashford.

3. Bukayo Saka

5 Pencetak Gol Termuda Inggris Era Southgate, Ada BellinghamWinger Inggris, Raheem Sterling dan Bukayo Saka, merayakan gol ke gawang Denmark / Twitter @EURO2020

Bukayo Saka juga masuk sebagai pencetak gol termuda Inggris di era Southgate. Dia mencetak gol perdananya buat The Three Lions pada 2 Juni 2021 silam.

Kala itu usianya masih 19 tahun, delapan bulan, dan 28 hari. Performa Saka saat ini sedang melambung. Perannya di Arsenal kian sentral, dan bersama Inggris semakin penting.

Saka juga jadi pemain kunci Inggris kala menggilas Iran. Dia mencetak brace dalam duel itu.

4. Marcus Rashford

5 Pencetak Gol Termuda Inggris Era Southgate, Ada BellinghamMarcus Rashford (thefa.com)

Jauh sebelum tiga pemain tersebut, Marcus Rashford lebih dulu tercatat sebagai pencetak gol termuda Inggris di era Southgate. Penyerang Manchester United tersebut mencetak gol perdananya pada 4 September 2017, dalam laga kualifikasi Piala Dunia melawan Slovakia.

Dalam pertandingan tersebut, Rashford masih berusia 19 tahun, 10 bulan dan empat hari. Rashford sudah 47 kali main buat Inggris dan mencetak 13 gol.

5. Trent-Alexander Arnold

5 Pencetak Gol Termuda Inggris Era Southgate, Ada BellinghamTrent-Alexander Arnold (thefa.com)

Trent Alexander-Arnold juga menjadi salah satu pencetak gol termuda Inggris era Southgate. Dia mencetak gol perdananya bersama Inggris pada 15 November 2018 dalam duel uji coba kontra Amerika Serikat.

Usia Alexander-Arnold kala itu masih 20 tahun, satu bulan, dan delapan hari. Alexander-Arnold juga kini masuk dalam bagian skuad Inggris di Piala Dunia 2022. Tapi, dia hanya jadi pilihan kedua setelah Kierran Trippier.

Baca Juga: Inggris Bantai Iran di Piala Dunia 2022

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya