Comscore Tracker

5 Rekor Internasional Messi yang Sulit Dipecahkan Cristiano Ronaldo

#IDNTimesSport Tak kalah dari sang rival!

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah bersaing ketat dalam hal rekor di level internasional dan klub selama satu setengah dekade. Messi telah mengakhiri puasa gelar bersama Argentina dengan memenangkan Copa America 2021. Dia dengan mudah menjadi pemain terbaik di turnamen itu.

Dia pencetak gol terbanyak dan menjadi pemain terbaik. Saingan abadinya Cristiano Ronaldo juga mengamankan Sepatu Emas di Piala Eropa 2020 meskipun Portugal tersingkir di babak 16 besar. Ada beberapa rekor internasional milik Lionel Messi yang tampaknya sulit dipecahkan Ronaldo. Apa itu?

1. Menjadi satu-satunya pemain yang setidaknya catatkan satu assist di 4 edisi Piala Dunia

5 Rekor Internasional Messi yang Sulit Dipecahkan Cristiano RonaldoSergio Aguero dan Lionel Messi (90min.com)

Lionel Messi memegang rekor luar biasa sebagai satu-satunya pemain yang telah catatkan setidaknya satu assist dalam empat edisi Piala Dunia. Pada edisi 2006, ia mencetak satu gol dan memberikan satu assist. Di Piala Dunia 2010, dia memberikan satu assist tetapi dia gagal mencetak gol.

Di Piala Dunia 2014, di mana Argentina mencapai final, Messi mencetak empat gol dan satu assist atas namanya. Messi mencetak satu gol dan memberikan dua assist di Piala Dunia 2018. Sementara Cristiano Ronaldo telah memberikan assist di turnamen Piala Dunia 2010 dan 2014. Jadi ini adalah rekor Messi yang tidak mungkin dipecahkan oleh Ronaldo.

2. Meraih penghargaan man of the match terbanyak di satu turnamen kontinental internasional (4 kali) 

5 Rekor Internasional Messi yang Sulit Dipecahkan Cristiano RonaldoLionel Messi (twitter.com/Argentina)

Lionel Messi telah dan terus memberikan yang terbaik di panggung internasional meskipun semua kritik ditujukan kepadanya. Messi memenangkan empat penghargaan man of the match di Copa America 2021. Dia juga memenangkan empat penghargaan yang sama di Copa America 2015. Ini menunjukkan bahwa Messi sosok paling penting bagi La Albiceleste.

Copa America 2021 kemungkinan menjadi yang terakhir untuk Messi, karena tekanan untuk meraih gelar sangat besar. Namun dia melakukannya dengan cara yang terpuji. Sementara Cristiano Ronaldo telah memenangkan dua penghargaan man of the match di Piala Eropa 2012 dan 2016.

3. Satu-satunya pemain yang pernah mencetak gol di usia remaja 20-an dan 30-an di ajang Piala Dunia

5 Rekor Internasional Messi yang Sulit Dipecahkan Cristiano RonaldoLionel Messi (nytimes.com)

Messi telah menjadi pemain kelas dunia selama hampir 15 tahun. Di Piala Dunia 2006, Messi menjalani debutnya setelah baru muncul di Barcelona. Dia pun lebih banyak menjadi pemain pengganti di turnamen.

Leo mencetak gol terakhir dalam kemenangan 6-0 Argentina atas Serbia dan Montenegro di Piala Dunia 2006. Saat itu usianya belum genap 19 tahun. Messi terpilih sebagai player of the tournament di Piala Dunia 2014 dan dia mencetak empat gol dalam tujuh pertandingan.

Bintang Barcelona itu berusia 27 tahun saat itu. Dia berusia 31 tahun pada Piala Dunia 2018 dan mencetak empat gol untuk Argentina. Ini menjadikan Lionel Messi satu-satunya pemain yang mencetak gol di Piala Dunia di usia remaja 20-an dan 30-an.

Baca Juga: Messi Belum Selevel dengan Maradona

4. Penghargaan pemain terbaik terbanyak di turnamen internasional besar (3 kali) 

5 Rekor Internasional Messi yang Sulit Dipecahkan Cristiano RonaldoLionel Messi (goal.com)

Rekor ini membuktikan bahwa Lionel Messi adalah pemain yang jauh lebih baik di level internasional daripada yang diyakini oleh para pengkritiknya. Messi pernah meraih penghargaan pemain terbaik di tiga turnamen besar internasional. Di mana ia meraihnya di ajang Piala Dunia 2014, Copa America 2015, dan Copa America 2021.

Messi dikabarkan menolak penghargaan pemain terbaik 2015 setelah timnya kalah dari Chile di final. Tak diragukan lagi kemampuannya karena membawa Argentina melaju ke final di Piala Dunia 2014 dan Copa America 2015 serta 2021.

5. Penghargaan man of the match terbanyak di satu Piala Dunia (4 kali pada tahun 2014) 

5 Rekor Internasional Messi yang Sulit Dipecahkan Cristiano RonaldoLionel Messi (twitter.com/FIFAWorldCup)

Kurang bersinarnya Lionel Messi di Piala Dunia sering diangkat untuk mendukung argumen bahwa dia bukan pesepak bola terhebat sepanjang masa. Messi hampir jadi juara pada tahun 2014 dan dia telah melakukan yang terbaik yang dia bisa.

Dia memenangkan empat penghargaan man of the match di turnamen tersebut. Messi terpilih sebagai man of the match dalam pertandingan penyisihan grup melawan Bosnia dan Herzegovina, Iran dan Nigeria.

Ia juga terpilih sebagai pemain terbaik pada pertandingan babak 16 besar melawan Swiss. Sementara itu, Cristiano Ronaldo baru memenangkan penghargaan man of the match masing-masing satu kali di Piala Dunia 2010, 2014, dan 2018.

 

Tak disangkal lagi jika Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo adalah pesepak bola terbaik di dunia. Masing-masing memiliki rekor yang sulit dipecahkan satu sama lainnya.

Baca Juga: Resmi! Lionel Messi Bakal Pensiun di Barcelona

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya