Comscore Tracker

5 Rekor Transfer Termahal di Masing-masing Liga Top Eropa, Fantastis!

Liga mana yang mencatatkan nilai transfer paling fantastis?

Tak bisa dimungkiri lagi jika liga top Eropa menjadi kiblat sepak bola dunia. Hampir semua pemain di seluruh dunia berharap bisa melanjutkan karier di salah satu klub liga top Eropa. Baik Premier League, LaLiga, Serie A, Ligue 1, hingga Bundesliga memiliki daya tarik tersendiri. Dengan persaingan yang ketat setiap musimnya, klub-klub peserta rela menggelontorkan dana besar untuk dapatkan pemain incaran.

Hingga saat ini ada beberapa rekor transfer termahal yang pernah tercatat di masing-masing 5 liga top Eropa. Pemain-pemain ini tentu saja memiliki kualitas mumpuni hingga diboyong dengan harga fantastis. Berikut daftar rekor transfer termahal di liga top Eropa hingga saat ini.

Baca Juga: Transfer-transfer Musim Dingin di Eropa yang Gagal

1. Ligue 1 - Neymar ke Paris Saint-Germain (222 Juta Euro)

5 Rekor Transfer Termahal di Masing-masing Liga Top Eropa, Fantastis!businessinsider.com

Ligue 1 mungkin kurang mentereng jika dibandingkan dengan liga top Eropa lainnya. Namun, dalam hal rekor transfer, Ligue 1 pernah mencatatkan nilai transfer fantastis. Neymar menjadi pemain yang mencatatkan nilai transfer tertinggi sepanjang sejarah Ligue 1. Pemain berkebangsaan Brasil itu diboyong Paris Saint-Germain dari Barcelona.

Transfer yang terjadi pada musim 2017/2018 itu melibatkan dana sebesar 222 juta euro atau setara dengan Rp3,8 triliun. Bahkan, nilai tersebut menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah sepak bola. Pemain 28 tahun itu telah tampil di Ligue 1 dalam 59 pertandingan dengan catatan 50 gol dan 31 assist.

2. LaLiga - Philippe Coutinho ke Barcelona (145 Juta Euro)

5 Rekor Transfer Termahal di Masing-masing Liga Top Eropa, Fantastis!independent.co.uk

Di urutan kedua ada pemain yang mencatatkan rekor transfer termahal dari LaLiga. Pemain yang dimaksud adalah Philippe Coutinho yang menjadi rekrutan Barcelona. Pemain berkebangsaan Brasil itu diboyong El Barca dari Liverpool pada Januari 2018. Blaugrana rela menebus Coutinho dengan harga 145 juta euro atau setara dengan Rp2,4 triliun.

Namun, penampilan pemain 28 tahun belum sebanding dengan dana besar yang dikeluarkan Blaugrana. Ia sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen sebelum akhirnya kembali ke Camp Nou. Coutinho telah tampil di LaLiga dalam 80 pertandingan. Beroperasi di lini depan, ia hanya mampu mengoleksi 19 gol dan 11 assist.

3. Serie A - Cristiano Ronaldo ke Juventus (117 Juta Euro)

5 Rekor Transfer Termahal di Masing-masing Liga Top Eropa, Fantastis!twitter.com/juventusfcen

Cristiano Ronaldo menjadi megabintang yang telah membela tiga klub di tiga liga berbeda. Hampir di setiap kepindahannya, CR7 mencatatkan nilai transfer yang cukup tinggi. Meskipun sudah tak muda lagi, kepindahannya ke Juventus juga mencatatkan nilai transfer fantastis. Bahkan, dirinya memecahkan rekor transfer termahal dalam sejarah Serie A.

Pemain asal Portugal itu diboyong Juventus dari Real Madrid pada musim 2018/2019. Saat itu dirinya sudah berusia 33 tahun dan ditebus Juve dengan mahar 117 juta euro atau setara dengan Rp2 triliun. Penampilannya di Serie A pun tak mengecewakan. Ronaldo sukses mencetak 67 gol dan 16 assist dari 77 pertandingan.

4. Premier League - Paul Pogba ke Manchester United (105 Juta Euro)

5 Rekor Transfer Termahal di Masing-masing Liga Top Eropa, Fantastis!foxsportsasia.com

Premier League dikenal sebagai kompetisi paling bergengsi. Namun, kasta teratas liga Inggris itu memiliki rekor transfer yang bisa dibilang kalah dengan liga top Eropa lainnya. Paul Pogba menjadi pemain termahal yang pernah direkrut klub Premier League. Pemain berkebangsaan Prancis itu diboyong Manchester United pada musim 2016/2017.

Saat itu dirinya ditebus United dari Juventus dengan harga sebesar 105 juta euro atau setara dengan Rp1,8 miliar. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu cukup bersinar bersama Setan merah. Namun, dalam beberapa musim terakhir performanya mulai menurun. Hingga saat ini Pogba telah tampil dalam 124 pertandingan Premier League dengan torehan 26 gol dan 28 assist.

5. Bundesliga - Lucas Hernandez ke Bayern Munchen (80 Juta Euro)

5 Rekor Transfer Termahal di Masing-masing Liga Top Eropa, Fantastis!bundesliga.com

Bundesliga bisa dibilang memiliki rekor transfer termahal yang jauh di bawah rekor liga top Eropa lainnya. Bundesliga memang dikenal sebagai penghasil pemain berkualitas dari pemain-pemain yang dibeli tak terlalu mahal. Lucas Hernandez menjadi pemain termahal yang direkrut klub Bundesliga.

Bek asal Prancis itu bergabung dengan Bayern Munchen pada musim 2019/2020. Masih cukup muda saat direkrut, The Bavarians menggelontorkan dana sebesar 80 juta euro atau setara dengan Rp1,3 triliun untuk mendapatkan Hernandez dari Atletico Madrid. Pemain yang kini berusia 24 tahun itu baru bermain dalam 28 pertandingan di Bundesliga.

 

Cukup menarik jika melihat rekor transfer termahal dari masing-masing liga top Eropa. Klub-klub Premier League yang dikenal royal ternyata masih kalah dengan liga lainnya. Akankah rekor-rekor tersebut segera terpecahkan?

Baca Juga: Brother Goals! 9 Potret Kompak Pesepak Bola Lucas dan Theo Hernandez

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya