Comscore Tracker

6 Kiper Liga Top Eropa dengan Clean Sheet Terbanyak Sejauh Ini, Kokoh!

Siapa kiper jagoanmu?

Kompetisi liga top Eropa musim 2020/2021 hampir memasuki tengah musim. Persaingan perebutan juara semakin ketat dan mulai menunjukkan klub mana saja yang menjadi kandidat terkuat. Tak hanya jago dalam mencetak gol, sebuah tim juga harus bisa meminimalisasi kebobolan jika ingin menjadi juara.

Oleh karena itu, dibutuhkan kiper yang hebat untuk menjaga gawang mereka. Menjaga gawang agar tidak kebobolan selama 90 menit memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, beberapa kiper ini berhasil melakukannya bahkan dalam pertandingan yang cukup banyak. Berikut kami sajikan daftar kiper liga top Eropa dengan clean sheet terbanyak sejauh ini.

Baca Juga: 10 Potret Menawan Jan Oblak, Si Tembok Kokoh Pertahanan Atletico!

1. Jan Oblak - Atletico Madrid (10 Clean Sheet)

6 Kiper Liga Top Eropa dengan Clean Sheet Terbanyak Sejauh Ini, Kokoh!bleacherreport.com/Soccrates Images/Getty Images

Kiper liga top Eropa dengan clean sheet terbanyak sejauh ini adalah Jan Oblak. Pemain Atletico Madrid ini memang layak disebut sebagai kiper terbaik di dunia saat ini. Oblak telah mencatatkan 10 clean sheet di LaLiga musim ini. Jumlah tersebut ia torehkan dari 15 pertandingan bersama Atletico.

Hal tersebut pun membuat dirinya juga kebobolan cukup sedikit, yakni hanya 6 gol. Penampilan menawan pemain 27 tahun itu pun membantu Los Rojiblancos memuncaki klasemen LaLiga musim ini. Jika terus konsisten, keinginan Atletico untuk memutus dominasi Real Madrid dan Barcelona di LaLiga bisa saja terwujud.

2. Benoit Costil - Bordeaux (9 Clean Sheet)

6 Kiper Liga Top Eropa dengan Clean Sheet Terbanyak Sejauh Ini, Kokoh!twitter.com/OptaJean

Di urutan kedua ada Benoit Costil yang bermain di Ligue 1 Prancis. Kiper berkebangsaan Prancis itu menjadi andalan di bawah mistar gawang Bordeaux saat ini. Meskipun sudah tak lagi muda, ia tampil sangat mengesankan. Sejauh ini, kiper 33 tahun tersebut telah mencatatkan 9 clean sheet dari 17 pertandingan di Ligue 1.

Namun sayangnya, Costil juga harus kebobolan dalam jumlah yang cukup banyak. Ia telah kebobolan 20 gol dari penampilannya tersebut. Untuk sementara, Costil membawa Bordeaux menempati posisi 13 klasemen Ligue 1. Tentu saja bukan posisi yang baik, apalagi Bordeaux memiliki kiper dengan clean sheet cukup banyak.

3. Keylor Navas - Paris Saint-Germain (8 Clean Sheet)

6 Kiper Liga Top Eropa dengan Clean Sheet Terbanyak Sejauh Ini, Kokoh!goal.com

Raksasa Ligue 1, Paris Saint-Germain, juga tak mau kalah. Saat ini PSG mengandalkan Keylor Navas di bawah mistar gawang. Kiper yang juga sudah cukup senior tersebut masih bisa tampil gemilang bersama Les Parisiens. Kiper 34 tahun tersebut berhasil mencatatkan 8 clean sheet dari 12 pertandingan Ligue 1 yang sudah dijalani.

Catatan apik tersebut dibarengi dengan jumlah kebobolan yang cukup sedikit. Dari penampilannya itu, kiper berkebangsaan Kossta Rika ini hanya kebobolan 6 gol. Tidak seperti biasanya, saat ini PSG masih tertahan di posisi ketiga sementara di bawah Olympique Lyon dan Lille.

4. Mike Maignan - LOSC Lille (8 Clean Sheet)

6 Kiper Liga Top Eropa dengan Clean Sheet Terbanyak Sejauh Ini, Kokoh!skysports.com

Kiper Ligue 1 lainnya yang juga catatkan clean sheet tak kalah banyak adalah Mike Maignan. Kiper berkebangsaan Prancis tersebut menjadi salah satu kunci solidnya penampilan LOSC Lille musim ini. Dari 17 pertandingan Ligue 1 yang sudah dijalani, Maignan berhasil mencatatkan 8 clean sheet.

Ia juga kebobolan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Kiper 25 tahun itu baru kebobolan 12 gol dari penampilannya tersebut. Maignan pun berhasil membawa klubnya menduduki posisi kedua sementara dengan mengoleksi 36 poin.

5. Alex Remiro - Real Sociedad (8 Clean Sheet)

6 Kiper Liga Top Eropa dengan Clean Sheet Terbanyak Sejauh Ini, Kokoh!as.com

Real Sociedad sempat tampil mengejutkan musim ini dengan beberapa kali memuncaki klasemen LaLiga. Penampilan mengesankan mereka itu tak lepas dari sang kiper yang juga tampil gemilang. Alex Remiro menjadi kiper yang diandalkan Sociedad saat ini.

Kiper berkebangsaan Spanyol itu pun telah mengoleksi 8 clean sheet dari 18 pertandingan LaLiga yang sudah dijalani. Sama seperti Maignan, Remiro juga kebobolan tidak terlalu banyak, yakni 13 gol. Hingga saat ini, kiper 25 tahun tersebut membawa klubnya bersaing di papan atas klasemen dengan menempati urutan ketiga di bawah duo Madrid.

6. Emiliano Martinez - Aston Villa (8 Clean Sheet)

6 Kiper Liga Top Eropa dengan Clean Sheet Terbanyak Sejauh Ini, Kokoh!premierleague.com

Kiper terakhir yang catatkan clean sheet cukup banyak sejauh ini adalah Emiliano Martinez. Keputusannya untuk hengkang dari Arsenal dan bergabung dengan Aston Villa terbilang sangat tepat. Kiper berkebangsaan Argentina itu tampil sangat gemilang dan membawa The Villans tampil mengejutkan di Premier League.

Dari 15 pertandingan Premier League yang sudah dijalani Martinez, 8 di antaranya berhasil clean sheet. Sementara untuk masalah kebobolan, gawangnya telah dibobol 16 kali oleh lawan. Memasuki pekan 17, Martinez berhasil membawa Aston Villa menempati posisi ke-7 dengan 26 poin.

 

Kiper-kiper tersebut berhasil tampil kokoh di bawah mistar gawang klub yang dibelanya. Penampilan apik mereka juga berkat penampilan rekan-rekannya yang juga apik. Siapa kiper terbaik saat ini menurut kamu?

Baca Juga: 5 Kiper Premier League Terbaik Musim Ini, Ada Emiliano Martinez

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya