6 Pelatih Paling Sering Dikalahkan Pep Guardiola, Mourinho Teratas!

#IDNTimesSport Bukti kejeniusan Pep Guardiola

Josep 'Pep' Guardiola merupakan nama yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi penggemar sepak bola. Sosok pria asal Spanyol ini dikenal sebagai pelatih yang bergelimang prestasi bersama klub yang ia tangani. Mengawali karier kepelatihan bersama Barcelona, Pep kemudian makin berprestasi bersama Bayern Munchen dan Manchester City.

Sepanjang kariernya, banyak pelatih lain yang menjadi lawannya. Bahkan, Guardiola mencatatkan kemenangan yang cukup banyak dari para lawannya. Lantas siapa saja pelatih paling sering dikalahkan oleh Pep Guardiola? Check it out! 

1. Jose Mourinho

6 Pelatih Paling Sering Dikalahkan Pep Guardiola, Mourinho Teratas!Pep Guardiola dan Jose Mourinho (bleacherreport.com)

Pelatih yang paling sering dikalahkan Pep Guardiola adalah Jose Mourinho. Hal ini sebenarnya cukup mengejutkan, karena seperti yang kita tahu, Mourinho merupakan salah satu pelatih papan atas. Namun nyatanya, rekor pertemuan Mou dengan Pep memang masih berpihak ke pelatih asal Spanyol.

Mourinho sendiri menjadi pelatih yang juga paling sering dihadapi oleh Guardiola. Hingga saat ini, keduanya telah beradu taktik dalam 25 pertandingan. Pelatih Manchester City itu berhasil mengungguli Mou dalam 12 pertandingan. Sementara Mou yang sekarang melatih AS Roma baru bisa mengalahkan Pep dalam 7 pertandingan.

2. Mauricio Pochettino

6 Pelatih Paling Sering Dikalahkan Pep Guardiola, Mourinho Teratas!Pep Guardiola dan Mauricio Pochettino (skysports.com)

Mauricio Pochettino juga terbilang cukup sering menjadi lawan Pep Guardiola. Pertemuan terakhir keduanya tentu masih segar diingatan. Tepatnya pada semifinal Liga Champions musim lalu saat Manchester City menyingkirkan Paris Saint-Germain asuhan Pochettino.

Pep dan Pochettino telah berhadapan dalam 20 pertandingan di semua kompetisi. Dari pertandingan tersebut, Pep masuh unggul jauh dari pelatih asal Argentina itu. Di mana Guardiola berhasil menang atas Pochettino dalam 12 pertandingan. Sementara itu, Pochettino hanya mampu mengalahkan Pep dalam 3 pertandingan.

3. Sean Dyche

6 Pelatih Paling Sering Dikalahkan Pep Guardiola, Mourinho Teratas!Sean Dyche dan Pep Guardiola (express.co.uk)

Pep Guardiola tampaknya menjadi momok menakutkan bagi Sean Dyche. Bagaimana tidak, selain sering dikalahkan, pelatih asal Inggris itu juga belum mampu mengalahkan Pep. Pelatih Burnley ini sudah menghadapi Guardiola dalam 13 pertandingan.

Namun 12 pertandingan di antaranya, Sean Dyche harus mengakui keunggulan pelatih 50 tahun itu. Satu-satunya pertandingan Dyche yang terhindar dari kekalahan melawan Pep adalah pada tahun 2018 saat Burnley mengimbangi Manchester City. Kemenangan terbesar Pep atas Dyche adalah 5-0, dan itu terjadi empat kali.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Dilatih oleh Jurgen Klopp dan Pep Guardiola

4. Manuel Pellegrini

6 Pelatih Paling Sering Dikalahkan Pep Guardiola, Mourinho Teratas!Pep Guardiola dan Manuel Pellegrini (skysports.com)

Manuel Pellegrini adalah pelatih yang menangani Manchester City sebelum kedatangan Pep Guardiola. Namum sebelumnya, Pellegrini dan Pep pernah bertemu saat masing-masing menangani duo raksasa LaLiga, Real Madrid dan Barcelona.

Mereka juga pernah kembali saling berhadapan saat Pellegrini menangani West Ham United. Hingga saat ini, Pellegrini dan Guardiola telah berhadapan dalam 14 pertandingan di semua kompetisi. Pep berhasil mengungguli Pellegrini dalam 11 pertandingan di antaranya.

5. Joaquin Caparros

6 Pelatih Paling Sering Dikalahkan Pep Guardiola, Mourinho Teratas!Pep Guardiola dan Joaquin Caparros (mundodeportivo.com)

Joaquin Caparros adalah pelatih berkebangsaan Spanyol yang malang melintang menangani klub LaLiga. Namun saat ini, pelatih berusia 65 tahun itu dipercaya menangani Timnas Armenia. Selama menangani klub LaLiga, Caparros pernah menghadapi Pep Guardiola dalam 13 pertandingan.

Namun sama seperti Sean Dyche, di mana Caparros tak sekalipun meraih kemenangan atas Pep. Bahkan ia harus mengakui keunggulan Guardiola dalam 10 pertandingan. Pertemuan terakhir mereka terjadi pada tahun 2012, saat Real Mallorca asuhan Caparros dikalahkan Barcelona asuhan Pep. 

6. Jurgen Klopp

6 Pelatih Paling Sering Dikalahkan Pep Guardiola, Mourinho Teratas!Jurgen Klopp dan Pep Guardiola (bleacherreport.com/Robbie Jay Barratt)

Pelatih keenam yang paling sering dikalahkan Pep Guardiola adalah Jurgen Klopp. Pelatih berkebangsaan Jerman itu juga menjadi pelatih kedua yang sering dihadapi Pep Guardiola. Hal itu tak mengherankan karena mereka pernah dua kali menangani klub di liga yang sama.

Hingga saat ini, Klopp yang menjadi pelatih Liverpool telah menghadapi Pep dalam 21 pertandingan di semua kompetisi. Rekor pertemuan keduanya cukup berimbang. Pep berhasil mengalahkan Klopp dalam 9 pertandingan. Sementara Klopp juga mencatatkan kemenangan yang sama seperti Pep.

 

Beberapa pelatih masih berpeluang untuk memperbaiki rekor pertemuan dengan Pep Guardiola. Memang tak mudah untuk mengalahkan Pep yang dikenal sebagai pelatih cerdas.

Baca Juga: Pep Guardiola Dinobatkan Menjadi Pelatih Terbaik 2021

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

Berita Terkini Lainnya