Comscore Tracker

6 Pemain Liga Top Eropa dengan Gol Terbanyak dalam Pertandingan Derby

Layak disebut legenda?

Dalam dunia sepak bola, ada istilah yang disebut pertandingan derby. Istilah ini digunakan untuk menyebut laga antara klub dari kota yang sama. Di liga top Eropa sendiri sangat banyak pertandingan derby yang penuh dengan gengsi. Setiap pemain harus mengarahkan semua kemampuannya demi mempertaruhkan gengsi tim yang mereka bela.

Beberapa pemain ada yang memiliki cacatan manis dalam sebuah pertandingan derby. Pemain-pemain tersebut berhasil menorehkan gol yang cukup banyak dalam pertandingan derby. Torehan itu tentu saja sangat membanggakan karena menjadi sejarah tersindiri. Siapa saja pemain liga top Eropa dengan gol terbanyak dalam pertandingan derby? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Diogo Jota, Senjata Baru The Reds di Laga Merseyside Derby  

1. Ian Rush mencetak 25 gol di Derby Merseyside

6 Pemain Liga Top Eropa dengan Gol Terbanyak dalam Pertandingan Derbyliverpoolfc.com

Pemain liga top Eropa dengan gol terbanyak dalam pertandingan derby adalah Ian Rush. Pemain yang juga menjadi top skor sepanjang masa Liverpool itu berhasil mencetak gol yang cukup banyak di pertandingan Derby Merseyside. Derby yang satu ini mempertemukan dua tim Premier League, Liverpool dan Everton.

Ian Rush yang berada di kubu Liverpool berhasil menorehkan 25 gol ke gawang Everton. Jumlah tersebut ia torehkan dari 36 pertandingan Derby Merseyside yang dijalani sepanjang kariernya. Pemain berkebangsaan Wales itu membela The Reds selama sembilan musim. Ia berhasil menorehkan 329 gol dan 63 assist dari 64p pertandingan bersama Liverpool.

2. Cristiano Ronaldo mencetak 22 gol di Derby Madrid

6 Pemain Liga Top Eropa dengan Gol Terbanyak dalam Pertandingan Derbygoal.com

Berikutnya ada Cristiano Ronaldo yang baru saja menobatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah. Dari banyaknya gol yang ia cetak, beberapa gol dicetak dalam pertandingan Derby Madrid. Membela Real Madrid selama sembilan musim, ia bermain dalam 31 pertandingan Derby Madrid menghadapi Atletico Madrid.

Dari penampilannya tersebut, CR7 berhasil menjebol gawang Atletico sebanyak 22 kali. Jumlah tersebut tentu saja hanya sebagaian kecil dari torehan gol Ronaldo, khususnya bersama El Real. Pemain berkebangsaan Portugal itu menorehkan 450 gol dan 132 assist dari 438 pertandingan bersama Los Blancos. Saat ini pemain 35 tahun itu masih aktif membela Juventus.

3. Andriy Shevchenko mencetak 14 gol di Derby Della Madonnina

6 Pemain Liga Top Eropa dengan Gol Terbanyak dalam Pertandingan Derbyuefa.com

Italia memiliki beberapa pertandingan derby yang tal kalah seru dibanding liga lainnya. Salah satunya adalah Derby Della Madonnina yang mempertemukan AC Milan dan Inter Milan. Dalam pertandingan derby yang biasa juga disebut Derby Milan itu, Andriy Shevchenko menjadi pemain paling subur. Pemain berkebangsaan Ukraina itu menjadi protagonis bagi Rossoneri.

Dalam Derby Della Madonnina, Shevchenko sukses mencetak 14 gol ke gawang Inter. Torehan tersebut ia cetak dari 20 pertandingan. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2009 itu memang cukup sukses bersama AC Milan. Ia menorehkan 175 gol dan 45 assist dari 322 pertandingan bersama Rossoneri.

4. Harry Kane mencetak 11 gol di Derby London Utara

6 Pemain Liga Top Eropa dengan Gol Terbanyak dalam Pertandingan Derbypremierleague.com

Selain Cristiano Ronaldo, pemain lainnya yang masih aktif bermain dalam daftar ini adalah Harry Kane. Pemain yang membela Tottenham Hotspur itu bahkan masih berpeluang besar menambah golnya di Derby London Utara. Derby yang satu ini merupakan Derby London yang mempertemukan Tottenham melawan Arsenal.

Kane yang berada di kubu Spurs pun mencatatkan gol yang cukup banyak ke gawang Arsenal. Pemain Inggris itu mencetak 11 gol dalam pertandingan Derby London Utara. Hingga saat ini ia sudah bermain dalam 14 pertandingan dalam laga Derby tersebut. Pemain 22 tahun itu telah membela Spurs dalam 314 pertandingan dengan torehan 207 gop dak 44 assist.

5. Wayne Rooney mencetak 11 gol di Derby Manchester

6 Pemain Liga Top Eropa dengan Gol Terbanyak dalam Pertandingan Derbypremierleague.com

Masih dari Premier League, derby lainnya yang tak kalah seru adalah Derby Manchester. Seperti yang kita ketahui, derby yang satu ini mempertemukan Manchester United dan Manchester City. Wayne Rooney menjadi pemain paling subur dalam laga bertajuk Derby Manchester itu.

Pemain yang juga menjadi top skor sepanjang masa Manchester United itu mencetak beberapa golnya ke gawang City. Pemain yang baru saja pensiun pada awal tahun ini sukses mencatatkan 11 gol dalam laga itu. Rooney telah membela Setan merah dalam 25 pertandingan di Derby Manchester. Mantan striker Timnas Inggris itu telah mencatatkan 559 pertandingan bersama United dengan torehan 253 gol dan 146 assist.

6. Francesco Totti mencetak 11 gol di Derby Della Capitale

6 Pemain Liga Top Eropa dengan Gol Terbanyak dalam Pertandingan Derbygoal.com

Pemain keenam dalam daftar ini adalah Francesco Totti yang merupakan legenda AS Roma. Sepanjang kariernya, pemain asal Italia itu hanya membela tim berjuluk Serigala Ibu Kota. Ibu kota Italia memiliki salah satu pertandingan yang tak kalah seru, yaitu Derby Della Capitale yang mempertemukan AS Roma dan Lazio.

Sangat lama berseragam Roma, Totti tentu saja mencatatkan pertandingan yang cukup banyak melawan Lazio. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2017 itu tampil dalam laga Derby Della Capitale sebanyak 44 kali. Ia mencetak 11 gol dari pertandingan tersebut. Bersama Roma, Totti tampil dalam 785 pertandingan dengan torehan 307 gol.

 

Itulah enam pemain dengan gol terbanyak dalam pertandingan derby. Nama mereka tentu saja tercatat dalam sejarah klub. Adakah pemain yang membela tim favoritmu?

Baca Juga: 10 Pemain AS Roma dengan Bayaran Tertinggi Musim Ini, Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya