6 Pemain Portugal Paling Sering Main di Premier League, Adakah CR7?

Banyak yang sukses juga, lho!

Portugal menjadi salah satu negara yang tak boleh diremehkan dalam hal sepak bola. Hal tersebut terbukti dari banyaknya bintang lapangan hijau yang lahir dari negara Eropa yang satu ini. Sebut saja Luis Figo dan tentu saja Cristiano Ronaldo, megabintang sepak bola yang tentu saja sudah sangat dikenal di seluruh dunia.

Berkat kehebatannya, para pemain Portugal juga menjadi andalan klub-klub Premier League, termasuk CR7. Saat ini Portugal menjadi negara kelima yang memasok pemain asing terbanyak di Premier League. Dari banyaknya pemain Portugal di Premier League, siapa pemain yang paling sering bermain? Berikut ulasannya.

1. Luis Boa Morte

6 Pemain Portugal Paling Sering Main di Premier League, Adakah CR7?goal.com

Pemain Portugal yang paling sering main di Premier League adalah Luis Boa Morte. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini mengawali karier di Premier League pada musim 1997/1998. Arsenal menjadi klub Inggris pertama yang ia bela sebelum akhirnya bergabung dengan Southampton, Fulham, dan West Ham United.

Selama 14 musim berkarier di Premier League, ia mencatatkan 296 penampilan bersama keempat klub tersebut. Sebagai gelandang, Morte menorehkan 29 gol dan 35 assist. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2013 ini juga sukses menjuarai Premier League bersama Arsenal di musim pertamanya.

2. Cristiano Ronaldo

6 Pemain Portugal Paling Sering Main di Premier League, Adakah CR7?premierleague.com

Pemain Portugal berikutnya ini tentu saja sudah sangat dikenal. Dia adalah Cristiano Ronaldo. Pemain terbaik dunia ini pernah bermain di Premier League bersama Manchester United pada musim 2003/2004 hingga 2008/2009. Saat itu CR7 merupakan seorang wonderkid yang luar biasa hingga akhirnya direkrut oleh MU dari Sporting Lisbon.

Kejelian United dalam melihat potensi luar biasa Ronaldo membuahkan hasil. Selama di Premier League, Ronaldo telah tampil dalam 197 pertandingan dengan catatan 84 gol dan 34 assist. Penghargaan pribadi lainnya yang pernah diraih adalah Golden Boot, Player of the Month, hingga Player of the Season. Tak hanya itu, Ronaldo juga mengantarkan Setan merah meraih gelar Premier League sebanyak tiga kali.

3. Jose Fonte

6 Pemain Portugal Paling Sering Main di Premier League, Adakah CR7?goal.com/Getty Images

Pemain Portugal ketiga dalam daftar ini adalah Jose Fonte yang saat ini juga masih aktif bermain. Pemain yang kini berusia 36 tahun tersebut pernah merasakan atmosfer persaingan Premier League selama 6 musim, tepatnya sejak musim 2012/2013 hingga musim 2017/2018 bersama dua klub berbeda.

Kedua klub yang dibela Fonte adalah Southampton dan West Ham United. Selama merumput di kasta teratas Liga Inggris, ia tampil dalam 178 pertandingan bersama kedua klub tersebut. Berposisi sebagai bek tengah, ia hanya mampu mengoleksi 7 gol, 3 assist, serta mencatatkan 58 clean sheet. Sayangnya, ia tak mampu meraih trofi Premier League.

4. Luis Nani

6 Pemain Portugal Paling Sering Main di Premier League, Adakah CR7?bleacherreport.com

Selain Ronaldo, pemain Portugal lainnya yang cukup sukses saat berseragam Manchester United adalah Luis Nani. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap ini menjadi bagian United selama tujuh musim, tepatnya pada musim 2007/2008 hingga 2013/2014.

Selama membela Setan merah, Nani telah tampil dalam 147 pertandingan Premier League. Dari penampilannya tersebut, ia berhasil mengoleksi 26 gol dan 43 assist. Nani juga sukses mengantarkan United menjuarai Premier League sebanyak empat kali.

5. Paulo Ferreira

6 Pemain Portugal Paling Sering Main di Premier League, Adakah CR7?zimbio.com

Selain Manchester United, Chelsea juga kerap mengandalkan pemain Portugal, khususnya saat dilatih oleh Jose Mourinho. Salah satu pemain Portugal yang sering dimainkan adalah Paulo Ferreira. Ia berkarier di Premier League selama sembilan musim, tepatnya sejak musim 2004/2005 hingga akhir kariernya pada musim 2012/2013. Sepanjang kariernya di Premier League ia hanya membela Chelsea.

Bersama The Blues, Ferreira mencatatkan 141 pertandingan. Berposisi sebagai bek sayap, ia hanya mampu mencatatkan 4 assist serta 56 clean sheet. Namun, ia turut menjadi bagian Chelsea saat menjuarai Premier League sebanyak tiga kali.

6. Ricardo Carvalho

6 Pemain Portugal Paling Sering Main di Premier League, Adakah CR7?90min.com

Pemain Portugal terakhir yang cukup sukses di Premier League adalah Ricardo Carvalho. Sama seperti Paulo Ferreira, Carvalho bermain di Premier League dengan membela panji Chelsea. Berposisi sebagai bek tengah, ia menjadi benteng kokoh di lini belakang The Blues selama enam musim.

Sejak musim 2004/2005 hingga 2009/2010 Carvalho mencatatkan 135 penampilan di Premier League. Ia menorehkan 7 gol, 4 assist, serta 63 clean sheet dari penampilannya tersebut. Bersama Chelsea, ia juga berhasil meraih trofi Premier League sebanyak tiga kali.

 

Itulah 6 pemain Portugal yang paling sering dimainkan di Premier League. Saat ini juga cukup banyak pemain Portugal yang merumput di kasta teratas Liga Inggris tersebut. Siapa pemain Portugal terbaik yang berkarier di Premier League?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya