Comscore Tracker

6 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Everton, Rooney Salah Satunya!

Wayne Rooney lulusan akademi The Toffees, lho!

Everton merupakan klub Inggris yang cukup dikenal. Mereka memang bukan klub top yang kaya akan raihan gelar. Namun, klub berjuluk The Toffees ini menjadi salah satu klub yang belum pernah terdegradasi dari Premier League. Hal tersebut menunjukkan bahwa mereka mampu tampil konsisten, khususnya di papan tengah setiap musimnya.

Tak hanya itu, tetangga Liverpool ini juga menjadi tempat bagi beberapa pemain berkembang. Tak sedikit pemain yang bersinar bersama Everton kemudian direkrut klub-klub elite. Salah satunya dari pemain tersebut adalah Wayne Rooney yang baru-baru ini memutuskan gantung sepatu. Tidak hanya Rooney, berikut daftar pemain terbaik yang pernah berseragam Everton khususnya yang masih aktif dan ditambah Rooney yang baru pensiun. Check this out!

Baca Juga: 5 Transfer Terburuk Manchester City Era Guardiola, Ada John Stones

1. John Stones

6 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Everton, Rooney Salah Satunya!eurosport.co.uk

Salah satu pemain terbaik yang pernah berseragam Everton adalah John Stones. Bek tengah yang kini berusia 26 tahun itu tampil apik bersama The Toffees hingga akhirnya direkrut Manchester City pada musim 2016/2017 lalu. Hingga kini ia masih menjadi bagian penting di lini belakang The Cityzens.

Pemain berkebangsaan Inggris itu telah membela Everton sejak Januari 2013. Selama tiga setengah musim di Everton, Stones mencatatkan 95 pertandingan di semua kompetisi. Meskipun jarang berkontribusi dalam serangan, penampilannya di lini belakang membuat pertahanan Everton tampil kokoh.

2. Kurt Zouma

6 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Everton, Rooney Salah Satunya!evertonfc.com

Kurt Zouma juga menjadi salah satu pemain terbaik yang pernah membela Everton. Saat ini pemain berkebangsaan Prancis itu menjadi andalan di lini belakang Chelsea. Zouma sendiri membela Everton dengan status pinjaman dari The Blues. Ia memang menjadi pemain yang kerap dipinjamkan ke klub lain.

Hingga akhirnya penampilan apik Zouma di Everton membuatnya tak lagi dipinjamkan ke klub lain. Bek tengah yang kini berusia 26 tahun itu membela The Toffees pada musim 2018/2019. Ia membela Everton dalam 36 pertandingan dengan catatan 2 gol dan 2 assist.

3. Ross Barkley

6 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Everton, Rooney Salah Satunya!goal.com

Sementara di lini tengah, Everton juga memiliki beberapa nama yang tampil cukup mengesankan. Salah satunya adalah Ross Barkley yang saat ini menjadi bagian klub biru lainnya, Chelsea. Namun, kini ia tengah menjalani masa peminjaman di Aston Villa. Barkley sendiri merupakan pemain lulusan akademi The Toffees.

Pemain berusia 27 tahun itu bergabung dengan tim utama sejak musim 2011/2012. Ia juga sempat dipinjamkan ke beberapa klub lain hingga akhirnya mulai menjadi pilar utama sejak musim 2013/2014. Bertahan hingga Januari 2018, ia membela Everton dalam 179 pertandingan dengan catatan 27 gol dan 28 assist.

4. Marouane Fellaini

6 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Everton, Rooney Salah Satunya!bleacherreport.com/Clive Mason/Getty Images

Gelandang lainnya yang juga bersinar saat berseragam Everton adalah Marouane Fellaini. Pemain berkebangsaan Belgia itu telah menjadi andalan The Toffees sejak musim 2008/2009. Penampilannya yang cukup impresif bersama Everton membuat klub sebesar Manchester United meliriknya.

Hingga akhirnya pada musim 2013/2014, Setan Merah memboyongnya ke Old Trafford. Fellaini sendiri mencatatkan 177 pertandingan saat berseragam Everton. Beroperasi di lini tengah, ia menorehkan 33 gol dan 26 assist. Saat ini pemain 33 tahun itu bermain di Liga Tiongkok bersama Sandhong Luneng.

5. Romelu Lukaku

6 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Everton, Rooney Salah Satunya!goal.com

Pemain kelima ini juga berasal dari Belgia. Ia adalah Romelu Lukaku. Awalnya, ia membela Everton dengan status pinjaman dari Chelsea pada musim 2013/2014. Tampil cukup mengesankan membuat The Toffees mempermanenkan penyerang yang satu ini semusim kemudian. Sama seperti Fellaini, Lukaku juga menyita perhatian Manchester United hingga akhirnya direkrut pada musim 2017/2018.

Saat membela Everton, pemain yang kini berusia 27 tahun itu tampil dalam 166 pertandingan. Ia sukses mencetak 87 gol dan 29 assist hingga catatan itu menjadi yang terbaik dalam karier pemain yang kini membela Inter Milan tersebut.

6. Wayne Rooney

6 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Everton, Rooney Salah Satunya!premierleague.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Wayne Rooney yang baru saja memutuskan gantung sepatu. Pemain asal Inggris ini memang identik dengan Manchester United. Namun, bukan berarti klub lain yang dibela Rooney seperti Everton harus dilupakan. Bahkan, sosok yang kini berusia 35 tahun itu merupakan produk akademi The Toffees.

Ia membela tim utama Everton dalam dua periode. Yang pertama pada musim 2002/2003 hingga 2003/2004 serta periode kedua pada musim 2017/2018. Bersama Everton, Rooney juga tampil cukup baik. Ia mencatatkan 117 pertandingan dengan torehan 28 gol dan 4 assist.

 

Pemain-pemain tersebut tentu saja sudah dikenal penggemar sepak bola. Meskipun Everton bukan tim elite, mereka menjadi tim yang kerap menghasilkan pemain top. Salah satu yang sudah terbukti adalah Wayne Rooney. Siapa pemain dalam daftar ini yang paling berkontribusi untuk Everton?

Baca Juga: 12 Fakta Menarik Wayne Rooney Selama Berkarier di Premier League

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya