Comscore Tracker

6 Pemain Termahal yang Dijual Juventus ke Klub Premier League, Ada CR7

Paul Pogba masih pegang rekor! #IDNTimesSport

Bursa transfer musim panas 2021 memang sarat akan kejutan. Salah satunya adalah hengkangnya Cristiano Ronaldo dari Juventus untuk bergabung lagi bersama Manchester United. CR7 mengikuti jejak beberapa pemain lain yang meninggalkan Juventus hingga kemudian bergabung dengan klub Premier League.

Sebelumnya, ada nama Paul Pogba hingga Thierry Henry. Meskipun sudah tak muda lagi, nilai transfer Ronaldo kali tetap menjadi salah satu pemain mahal yang dilepas Juve ke klub Premier League.

Lantas siapa saja pemain termahal yang dijual Juventus ke klub Premier League? Berikut ulasannya.

1. Paul Pogba ke Manchester United (105 Juta Euro) 

6 Pemain Termahal yang Dijual Juventus ke Klub Premier League, Ada CR7potret Paul Pogba (skysports.com)

Pemain termahal yang pernah dijual Juventus ke klub Premier League adalah Paul Pogba. Saat masih menjadi andalan Juve, Pogba adalah salah satu pemain yang diincar banyak klub. Hingga akhirnya Manchester United menjadi klub yang merekrutnya dengan harga yang fantastis.

Pada musim panas 2016, MU memboyong gelandang asal Prancis itu dengan mahar 105 juta euro atau setara dengan Rp1,7 triliun. Dengan nilai transfer tersebut, Pogba menjadi pemain termahal yang pernah dijual Juventus hingga saat ini. Pogba sendiri membela Juve dalam 178 pertandingan dengan torehan 34 gol dan 40 assist.

2. Joao Cancelo ke Manchester City (65 Juta Euro)

6 Pemain Termahal yang Dijual Juventus ke Klub Premier League, Ada CR7potret Joao Cancelo (as.com)

Pemain termahal berikutnya yang dijual Juventus ke klub Premier League adalah Joao Cancelo. Pemain asal Portugal ini dilepas Juventus pada bursa transfer musim 2019 ke Manchester City. Pemain berusia 26 tahun itu direkrut The Citizens dengan harga 65 juta euro atau setara dengan Rp1 triliun.

Cancelo sebenarnya baru semusim membela Juve setelah direkrut dari Valencia. Tawaran tinggi dari City membuat Juve tak ragu melepas Cancelo. Hanya Semusim berseragam Juventus, Cancelo tampil dalam 34 pertandingan dengan catatan 1 gol dan 5 assist. 

Baca Juga: Tanpa Cristiano Ronaldo, Bisakah Juventus Berbuat Banyak di Musim Ini?

3. Moise Kean ke Everton (27,5 Juta Euro)

6 Pemain Termahal yang Dijual Juventus ke Klub Premier League, Ada CR7potret Moise Kean (skysports.com)

Moise Kean saat ini memang kembali menjadi pemain Juventus. Ia baru saja diboyong dari Everton musim panas ini dengan status pinjaman. Tapi sebenarnya, Kean merupakan salah satu pemain yang dijual Juve ke klub Premier League, yakni Everton. Sempat menunjukkan aksi menawan, striker muda ini justru dilepas Juve pada musim 2019/20.

Saat itu, The Toffees mengeluarkan dana sebesar 27,5 juta euro atau setara dengan Rp462 miliar. Kean sendiri bergabung dengan tim utama Si Nyonya Tua sejak musim 2018/19. Secara total, pemain 21 tahun itu tampil dalam 21 pertandingan dengan torehan 8 gol.

4. Mario Lemina ke Southampton (17,25 Juta Euro)

6 Pemain Termahal yang Dijual Juventus ke Klub Premier League, Ada CR7potret Mario Lemina (goal.com)

Mario Lemina mungkin tak terlalu tenar di kalangan penggemar sepak bola. Tapi, pemain asal Gabon ini juga menjadi penjualan mahal Juventus ke klub Premier League. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini hengkang dari Juve dan bergabung dengan Southampton.

Transfer yang terjadi pada musim 2017/18 itu melibatkan dana sebesar 17,25 juta euro atau setara dengan Rp290 juta euro. Lemina sendiri membela Si Nyonya Tua selama dua musim dengan catatan 42 kali bermain. Saat ini, pemain 28 tahun itu membela klub Prancis, OGC Nice. 

5. Thierry Henry ke Arsenal (16,10 Juta Euro) 

6 Pemain Termahal yang Dijual Juventus ke Klub Premier League, Ada CR7potret Thierry Henry (twitter.com/Squawka)

Jauh sebelum pemain-pemain tersebut sebelumnya, Thierry Henry pernah tercatat sebagai pemain termahal yang dijual Juventus ke klub Premier League. Sebelum meraih kesuksesan bersama Arsenal, ternyata Henry pernah membela Juve. Ia berseragam Juve hanya setengah musim 1998/99 dan dianggap kurang berkembang.

Hingga akhirnya Henry bergabung dengan The Gunners dan melibatkan mahar senilai 16,1 juta euro atau setara dengan Rp270 miliar. Henry muda membela Juve dalam 20 pertandingan dan hanya mampu mengoleksi 3 gol. 

6. Cristiano Ronaldo ke Manchester United (15 Juta Euro) 

6 Pemain Termahal yang Dijual Juventus ke Klub Premier League, Ada CR7potret Cristiano Ronaldo (twitter.com/ManUtd)

Pemain keenam dalam daftar ini tidak lain adalah sosok Cristiano Ronaldo. Awalnya, CR7 diyakini akan bertahan di Juve yang kontraknya tersisa satu musim. Namun, hasratnya untuk pindah klub tak terbendung hingga akhirnya memilih mantan klubnya, Manchester United sebagai pelabuhan berikutnya.

Sebelum ke MU, Ronaldo santer dikaitkan dengan Manchester City. Namun, akhirnya ia diboyong Setan merah dengan mahar senilai 15 juta euro atau setara dengan Rp252 miliar. Ronaldo sendiri menjadi pemain termahal yang pernah dibeli Juventus saat diboyong dari Real Madrid pada musim 2018/19.

Sebagai klub top Eropa, Juventus memang dihuni banyak deretan pemain sepak bola papan atas. Tak heran jika klub-klub Premier League melirik pemain Juve untuk diboyong.

Baca Juga: Jelang Napoli Vs Juventus Di Serie A, Ini 3 Faktanya!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya