Comscore Tracker

6 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Serie A, Ada Totti hingga Maldini!

Deretan pemain tua-tua keladi, nih!

Serie A merupakan salah satu kompetisi yang sangat menarik untuk diikuti. Persaingan yang ketat dan merata membuat kasta teratas liga Italia tersebut menyajikan pertarungan yang seru. Tak hanya menjadi panggung para bintang terbaik, Serie A juga dikenal sebagai panggung bagi para pemain senior.

Anggapan itu memang tidak salah karena saat ini saja banyak pemain senior yang bermain di Serie A. Bahkan, tak sedikit pula bintang veteran Serie A yang sukses menjebol gawang lawan. Beberapa di antaranya adalah Francesco Totti dan Paolo Maldini. Tak hanya kedua bintang tersebut, berikut daftar pencetak gol tertua dalam sejarah Serie A. 

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah AC Milan, Ada Zlatan Ibrahimovic!

1. Alessandro Costacurta (AC Milan)

6 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Serie A, Ada Totti hingga Maldini!acmilaninfo.com

Alessandro Costacurta merupakan pemegang rekor pencetak gol tertua dalam sejarah Serie A. Pemain berkebangsaan Italia ini menciptakan gol terakhir di Serie A saat berseragam AC Milan. Tepatnya pada 19 Mei 2007 saat menghadapi Udinese.

Dalam pertandingan tersebut Costacurta menciptakan satu gol di usia 41 tahun dan 25 hari. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2007 ini juga pernah membela beberapa klub Italia lainnya, seperti AC Monza. Bek tengah ini mencatatkan 458 pertandingan di Serie A dengan mengemas 3 gol dan 5 assist.

2. Silvio Piola (Novara)

6 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Serie A, Ada Totti hingga Maldini!newtuscia.it/NOVARA CALCIO/ANSA

Sebelum Alessandro Costacurta, Silvio Piola lebih dulu tercatat sebagai pencetak gol tertua Serie A. Pada 7 Februari 1954, Piola mencetak gol saat membela Novara menghadapi AC Milan. Dalam laga tersebut, pemain berkebangsaan Italia ini sudah berusia 40 tahun, 4 bulan, dan 9 hari.

Selain membela Novara, pemain yang gantung sepatu pada tahun 1954 itu juga pernah berseragam Lazio, Torino, dan Juventus. Di Serie A, pemain berposisi penyerang ini mencatatkan 537 penampilan. Beroperasi di lini serang, Piola sukses mencetak 267 gol.

3. Pietro Vierchowod (Piacenza)

6 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Serie A, Ada Totti hingga Maldini!twitter.com/ftblsm

Di urutan ketiga ada Pietro Vierchowod yang menciptakan gol terakhir di Serie A bersama Piacenza. Bek tengah berkebangsaan Italia ini sukses mencetak gol saat klubnya menghadapi Salernitana. Pada pertandingan yang digelar 23 Mei 1999 tersebut Vierchowod sudah berusia 40 tahun, 1 bulan, dan 17 hari.

Selain Piacenza, klub Italia lain yang dibela Vierchowod ada Sampdoria, Fiorentina, AC Milan, dan Juventus. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2000 ini mencatatkan 562 pertandingan selama bermain di Serie A. Meskipun sebagai bek tengah, ia mampu mencetak 38 gol dan 1 assist.

4. Francesco Totti (AS Roma)

6 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Serie A, Ada Totti hingga Maldini!instagram.com/francescototti

Francesco Totti juga merupakan salah satu pemain yang mencetak gol di pengujung kariernya di Serie A. Legenda AS Roma ini mencatatkan namanya di papan skor kala menghadapi Torino. Pada pertandingan yang digelar 25 September 2016 tersebut, usia Totti sudah menginjak 39 tahun, 11 bulan, dan 29 hari.

Selama berkarier di Serie A, pemain Italia ini hanya membela klub ibu kota Italia tersebut. Ia mencatatkan 618 pertandingan dengan torehan 250 gol dan 139 assist. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2017 itu juga mengantarkan timnya menjuarai Serie A sekali.

5. Sergio Pellissier (Chievo Verona)

6 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Serie A, Ada Totti hingga Maldini!chievoverona.it

Pemain kelima dalam daftar ini adalah Sergio Pellissier yang mencetak gol terakhirnya di Serie A bersama Chievo Verona, tepatnya saat menghadapi Fiorentina pada 27 Januari 2019 lalu. Dalam pertandingan tersebut, pemain berkebangsaan Italia ini sudah berusia 39 tahun, 9 bulan, dan 15 hari.

Selain Chievo Verona, klub Italia lain yang pernah ia bela adalah SPAL dan Torino. Pemain berposisi penyerang ini mencatatkan 459 penampilan di Serie A. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2019 itu mencetak 112 gol dan 29 assist.

6. Paolo Maldini (AC Milan)

6 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Serie A, Ada Totti hingga Maldini!goal.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Paolo Maldini. Legenda AC Milan ini mencatatkan gop terakhirnya di Serie A saat menghadapi Atalanta. Pada pertandingan yang digelar 30 Maret 2008 tersebut, usia Maldini sudah menginjak 39 tahun, 9 bulan, dan 4 hari.

AC Milan menjadi satu-satunya klub yang dibela pemain berkebangsaan Italia ini. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2009 itu mencatatkan 647 pertandingan dengan torehan 29 gol dan 28 assist. Bek kiri ini juga mengantarkan Rossoneri menjuarai Serie A sebanyak 7 kali.

 

Itulah enam pencetak gol tertua dalam sejarah Serie A. Zlatan Ibrahimovic menjadi pemain yang saat ini berpeluang masuk dalam daftar ini. Meskipun sudah tak lagi muda, mereka tetap hebat, kan?

Baca Juga: 10 Top Skor AC Milan Sepanjang Masa, Deretan Legenda di Era Kejayaan!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya