7 Pemain Paling Setia yang Membela Klub Serie A hingga Saat Ini

Bagaimana kontribusi mereka?

Perpindahan pemain sudah menjadi hal wajar dalam dunia sepak bola. Tak sedikit pemain yang memutuskan berganti klub dalam kurun waktu tertentu. Meskipun demikian, ada juga beberapa pemain yang tetap setia bersama satu klub. Mereka tetap membela klub yang sama dalam waktu yang terbilang lama.

Khususnya di Serie A, ada pemain yang memiliki jiwa kesetiaan tinggi. Padahal, kasta teratas Liga Italia itu dikenal sebagai salah satu liga top Eropa yang kompetitif. Namun, pemain-pemain ini justru tetap bisa bersaing dalam ketatnya persaingan kompetisi. Lantas, siapa saja pemain paling setia yang membela klub Serie A hingga saat ini? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 5 Pemain Italia dengan Masa Bakti Terlama di Serie A hingga Kini

1. Giorgio Chiellini (Juventus)

7 Pemain Paling Setia yang Membela Klub Serie A hingga Saat Inigoal.com/Paolo Bruno/Getty Images

Pemain paling setia yang membela klub Serie A hingga kini adalah Giorgio Chiellini. Pemain yang juga sudah tak muda lagi itu tak perlu diragukan lagi kesetiaannya bersama Juventus. Meskipun bukan lulusan akademi, pemain Italia yang satu ini sangat mencintai klub berjuluk Bianconeri. Ia merupakan pemain lulusan akademi Livorno yang kemudian hengkang ke Fiorentina. Chiellini kemudian dengan Si Nyonya Tua sejak musim 2005/2006.

Pemain berusia 36 tahun ini telah membela Juventus selama 15 tahun dan 7 bulan. Pemain yang juga dipercaya sebagai kapten itu telah membela Juve dalam 521 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai seorang bek tengah, ia cukup produktif dengan torehan 36 gol dan 23 assist. Chiellini tentu saja telah meraih berbagai gelar bergengsi bersama Juve.

2. Francesco Magnanelli (Sassuolo)

7 Pemain Paling Setia yang Membela Klub Serie A hingga Saat Inigoal.com/Alessandro Sabattini/Getty Images

Salah satu pemain Italia dengan masa bakti terlama bersama klub Serie A hingga kini adalah Francesco Magnanelli. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu menjadi andalan Sassuolo sudah sejak lama. Sosok yang kini berusia 36 tahun tersebut sudah dengan klub berjuluk I Neroverdi itu sejak musim 2005/2006.

Hingga saat ini, pemain yang dipercaya sebagai kapten itu telah membela Sassuolo selama 15 tahun dan 7 bulan. Sayangnya, bersama klubnya tersebut, Magnanli belum mampu meraih trofi Serie A hingga saat ini. Hingga kini ia telah membela Sassuolo dalam 462 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai gelandang bertahan, ia menorehkan 9 gol dan 22 assist.

3. Stefan Radu (Lazio)

7 Pemain Paling Setia yang Membela Klub Serie A hingga Saat Inithelaziali.com/INSABATO/OLYCOM

Pemain asing di Serie A dengan masa bakti terlama hingga saat ini adalah Stefan Radu. Pemain berkebangsaan Rumania itu saat ini masih setia berseragam Lazio. Radu sendiri telah membela klub berjuluk Si Elang itu selama 12 tahun dan 7 bulan. Pemain yang kini berusia 34 tahun tersebut bergabung dengan Lazio sejak musim 2008/2009.

Sebagai pemain senior, Radu masih menjadi pemain utama Lazio saat ini. Bersama Si Elang, ia telah mencatatkan 397 pertandingan di semua kompetisi. Berposisi sebagai bek tengah, Radu menorehkan 8 gol dan 19 assist. Ia masih terikat kontrak dengan Lazio hingga Juni 2021 mendatang.

4. Francesco Rossi (Atalanta)

7 Pemain Paling Setia yang Membela Klub Serie A hingga Saat Inifootiespot.com

Di urutan ketiga ada pemain yang sudah cukup lama membela Atalanta, yakni Francesco Rossi. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang ini merupakan produk akademi klub yang ia bela saat ini. Rossi bergabung dengan tim utama Atalanta sejak musim 2009/2010. Hingga kini pemain 29 tahun itu telah membela Nerazzurri selama 11 tahun dan 6 bulan.

Rossi sebenarnya bukan kiper utama, namun ia tetap setia berseragam Atalanta. Hal itu terlihat dari catatan mainnya yang sangat minim bersama Atalanta, yakni hanya dalam 3 pertandingan. Dengan usianya yang terbilang belum terlalu tua, Rossi tentu masih bisa terus menambah masa baktinya di klub masa kecilnya tersebut.

5. Lorenzo Insigne (Napoli)

7 Pemain Paling Setia yang Membela Klub Serie A hingga Saat Iniskysports.com

Pemain keempat dalam daftar ini adalah Lorenzo Insigne yang cukup setia berseragam Napoli hingga saat ini. Insigne merupakan produk akademi Napoli dan telah bergabung dengan tim utama sejak Januari 2010. Pemain yang kini berusia 29 tahun itu pun telah mengabdi di tim berjuluk Il Partenopei selama 11 tahun dan 1 bulan.

Insigne juga dipercaya menjadi kapten dan telah sukses mengantarkan Napoli meraih trofi, salah satunya Coppa Italia. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap itu telah membela Napoli dalam 375 pertandingan di semua kompetisi. Ia terbilang cukup produktif dengan menorehkan 99 gol dan 79 assist.

6. Andrea Ranocchia (Inter Milan)

7 Pemain Paling Setia yang Membela Klub Serie A hingga Saat Iniinter.it

Inter Milan juga memiliki pemain Italia dengan masa bakti cukup lama hingga saat ini. Pemain itu adalah Andrea Ranocchia yang direkrut Inter dari Genoa pada Januari 2011. Hingga kini, pemain yang berposisi bek tengah tersebut telah membela Nerazzurri selama 10 tahun dan 1 bulan.

Berbeda dengan pemain lainnya, ia belum dipercaya menjadi kapten dan kini ia tak lagi menjadi pilihan utama. Meskipun demikian, ia merupakan pemain yang sangat setia bersama Inter. Pemain yang kini berusia 32 tahun itu tampil dalam 212 pertandingan bersama Inter di semua kompetisi. Beroperasi di lini belakang, ia mencatatkan 13 gol dan 5 assist.

7. Senad Lulic (Lazio)

7 Pemain Paling Setia yang Membela Klub Serie A hingga Saat Inithelaziali.com

Pemain asing kedua dalam daftar ini juga sangat setia bersama Lazio. Ia adalah Senad Lulic. Pemain yang berposisi sebagai gelandang kiri ini menjadi bagian Lazio sejak musim 2011/2012. Hingga kini, pemain berkebangsaan Bosnia-Herzegovina itu telah berseragam Si Elang selama 9 tahun dan 7 bulan.

Dengan usianya yang tak muda lagi, jumlah pertandingan Lulic pun mulai berkurang. Meskipun demikian, pemain 35 tahun itu tetap setia membela Lazio. Hingga saat ini, Lulic membela Lazio dalam 354 pertandingan di semua kompetisi. Bisa juga sebagai bek kiri, ia mencetak 34 gol dan 50 assist. Sama seperti Stefan Radu, ia juga memiliki kontrak hingga akhir musim ini.

 

Itulah tujuh pemain paling setia yang membela klub Serie A hingga saat ini. Menurut kamu, bagaimana kontribusi mereka?

Baca Juga: 10 Pemain Lazio dengan Bayaran Tertinggi Musim 2020/2021

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya