5 Pemain Amerika Latin yang Kini Membela Barcelona, Gak Hanya Messi!

Bagaimana kontribusi mereka?

Penggemar sepak bola pasti sudah tahu jika Barcelona merupakan salah satu klub elite di benua Eropa. Klub asal Spanyol yang satu ini memiliki prestasi yang mentereng di berbagai kompetisi. Salah satu pemain yang ikonik dengan El Barca tentu saja Lionel Messi yang berasal dari Argentina.

Sebenarnya, Messi bukanlah satu-satunya pemain dari Amerika Latin yang menjadi andalan Barca. Sebelumnya ada beberapa pemain dari Amerika Latin yang menjadi pilar Blaugrana seperti Ronaldo Nazario hingga Diego Maradona.

Barca memang kerap mengandalkan pemain Amerika Latin. Musim ini saja, setidaknya ada lima pemain Amerika Latin yang kini membela Barcelona. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Neto (Brasil)

5 Pemain Amerika Latin yang Kini Membela Barcelona, Gak Hanya Messi!fcbarcelona.com

Salah satu pemain Amerika Latin yang kini membela Barcelona adalah Neto. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang ini berasal dari Brasil. Namun di Barca, kiper berusia 31 tahun tersebut berstatus sebagai kiper kedua dengan adanya Marc-Andre ter Stegen.

Pemain bernama lengkap Norberto Murara itu bergabung dengan Blaugrana sejak musim 2019/2020 setelah hengkang dari Valencia. Sudah tak muda lagi, Neto dikontrak El Barca hingga Juni 2023. Selama berseragam Barca, ia mencatatkan 16 pertandingan di semua kompetisi. Ia harus kebobolan 15 gol dan catatkan 6 clean sheet.

2. Ronald Araujo (Uruguay)

5 Pemain Amerika Latin yang Kini Membela Barcelona, Gak Hanya Messi!90min.com/David Ramos/Getty Images

Berikutnya dari posisi bek ada Ronald Araujo yang masih cukup muda. Pemain berkebangsaan Uruguay ini baru menjadi bagian tim utama El Barca sejak musim ini. Sebenarnya Araujo sudah direkrut sejak musim 2018/2019, namun ia harus membuktikan diri di Barcelona B.

Menjalani musim debut, pemain yang baru berusia 22 tahun itu mencatatkan cukup banyak pertandingan. Apalagi dengan cederanya bek utama Barca seperti Gerard Pique menjadi berkah tersendiri bagi Araujo. Sejauh ini, Araujo telah membela Blaugrana dalam 21 pertandingan di semua kompetisi.

Baca Juga: 6 Pemain Amerika Latin yang Menjadi Andalan Real Madrid, Siapa Saja?

3. Matheus Fernandes (Brasil)

5 Pemain Amerika Latin yang Kini Membela Barcelona, Gak Hanya Messi!fcbarcelona.com

Tak hanya Ronald Araujo, pemain muda asal Amerika Latin lainnya yang saat ini membela Barcelona ada Matheus Fernandes. Pemain yang kini berusia 22 tahun tersebut berasal dari Brasil. Fernandes juga baru bergabung dengan skuad El Barca sejak musim ini. Ia diboyong Blaugrana dari Palmeiras dengan harga 7 juta euro.

Sayangnya, masih minimnya pengalaman membuat Fernandes jarang dimainkan. Berposisi sebagai gelandang bertahan, ia harus bersaing dengan nama top lain di skuad Barca. Sejauh ini, ia baru bermain dalam 1 pertandingan, tepatnya saat laga Liga Champions menghadapi Dynamo Kyiv.

4. Philippe Coutinho (Brasil)

5 Pemain Amerika Latin yang Kini Membela Barcelona, Gak Hanya Messi!barcablaugranes.com/Alex Caparros/Getty Images

Pemain asal Brasil lainnya yang musim ini membela Barcelona ada Philippe Coutinho. Nama yang satu ini tentunya sudah tak asing lagi. Dibeli dengan harga mahal dari Liverpool pada musim 2018/2019, ia belum mampu bersinar bersama El Barca. Pada musim lalu, Coutinho bahkan dipinjamkan ke klub Eropa lain, Bayern Munchen.

Bersama Blaugrana, pemain yang kini berusia 28 tahun tersebut memiliki kontrak hingga Juni 2023. Coutinho baru mencatatkan 90 pertandingan bersama Barca. Berposisi sebagai gelandang serang, ia mencetak 23 gol dan 14 assist.

5. Lionel Messi (Argentina)

5 Pemain Amerika Latin yang Kini Membela Barcelona, Gak Hanya Messi!fcbarcelona.cat

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Lionel Messi yang menjadi pilar utama Barcelona dalam beberapa musim terakhir. Pemain yang berasal dari Argentina ini tentunya sudah tak perlu diragukan lagi kesetiaannya bersama Barca. Ia telah menjadi bagian tim utama El Barca sejak musim 2005/2006.

Namun pada akhir musim ini, kontrak Messi bersama Blaugrana akan berakhir dan belum diperpanjang. Dipercaya sebagai kapten, Messi telah meraih berbagai prestasi bersama klub asal Spanyol tersebut. Hingga saat ini, ia sudah memainkan 766 pertandingan dengan torehan 659 gol dan 289 assist.

Kini membela Barcelona, para pemain asal Amerika Latin tersebut gak kalah keren dari Messi. Lionel Messi bisa dibilang sebagai pemain Amerika Latin terbaik sepanjang masa. Bagaimana pendapatmu?

Baca Juga: Arsenal dan Willian Nego Gaji, Philippe Coutinho Ikut Merapat?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya