Libas Portsmouth, Arsenal Sukses Amankan Tiket Babak 8 Besar Piala FA

Sokratis dan Nketiah menjadi pahlawan kemenangan Arsenal

Piala FA musim ini mulai memainkan babak 16 besar. Laga antara Portsmouth melawan Arsenal menjadi pertandingan pertama di babak ini. Menghadapi tim kasta bawah, Arsenal lebih diunggulkan meskipun bertindak sebagai tim tamu.

Hal tersebut terbukti setelah The Gunners menaklukkan tuan rumah dengan skor 2-0. Hasil tersebut mengantarkan anak asuh Mikel Arteta menjadi tim pertama yang meraih tiket babak perempat final. Nketiah dan Sokratis menjadi pencetak gol Arsenal di laga ini. 

1. Sokratis bawa Arsenal unggul di babak pertama

Libas Portsmouth, Arsenal Sukses Amankan Tiket Babak 8 Besar Piala FAbbc.com

Menghadapi tim kasta bawah, Arsenal menurunkan sebagian pemain lapis keduanya. Nketiah menjadi tumpuan The Gunners di lini depan dengan di dukung tiga gelandang muda lainnya. Meskipun demikian, Arsenal tetap menguasai jalannya laga.

Portsmouth sebagai tuan rumah tak mampu berbuat banyak dan lebih banyak tertekan. Arsenal akhirnya berhasil menjebol gawang Portsmouth melalui Sokratis di penghujung babak pertama. Gol tersebut membuat The Gunners unggul 1-0 di babak pertama atas tuan rumah Portsmouth. 

2. Nketiah mantapkan kemenangan Arsenal

Libas Portsmouth, Arsenal Sukses Amankan Tiket Babak 8 Besar Piala FAarsenal.com

Mengawali laga babak kedua dengan unggul 1-0, Arsenal tampil lebih percaya diri. Arsenal tak hentinya menggempur pertahanan Portsmouth untuk cetak gol keduanya. Usaha anak asuh Mikel Arteta akhirnya berbuah gol pada menit 54. Striker muda mereka Nketiah berhasil menceploskan bola ke gawang Portsmouth.

Unggul 2-0 semakin menambah semangat skuad Meriam London. Arsenal bahkan menguasai bola hingga 74 persen. Namun usaha mereka di sisa waktu tak membuahkan gol tambahan. Arsenal berhasil menang atas Portsmouth dengan skor 2-0. 

Baca Juga: Arsenal Melanjutkan Tren Positif di Piala FA

3. Melaju ke babak perempat final

Libas Portsmouth, Arsenal Sukses Amankan Tiket Babak 8 Besar Piala FAarsenal.com

Kemenangan atas Portsmouth mengantarkan Arsenal ke babak selanjutnya. Mereka menjadi tim pertama yang memastikan lolos ke babak perempat final. Sementara 7 tempat tersisa baru akan diperebutkan pada Rabu hingga Jum'at dini hari WIB.

Tak hanya Arsenal, masih ada tim unggulan lain yang berlaga di babak 16 besar ini. Tim-tim seperti Tottenham, Chelsea, Liverpool, Manchester United hingga Manchester City bisa saja menjadi lawan Arsenal selanjutnya. 

4. Jadi satu-satunya peluang raih gelar

Libas Portsmouth, Arsenal Sukses Amankan Tiket Babak 8 Besar Piala FAexpress.co.uk

Arsenal harus memanfaatkan peluang mereka untuk menjadi juara di ajang Piala FA ini. Mereka baru saja tersingkir dari Europa League secara tragis. Di Premier League pun, The Gunners hampir pasti tak bisa juara musim ini. Praktis hanya Piala FA yang menjadi satu-satunya peluang Arsenal meraih gelar musim ini.

Apalagi Arsenal menjadi tim tersukses di ajang ini dengan 13 gelar. Mereka terakhir kali juara yaitu pada tahun 2017, saat itu Chelsea dikalahkan Arsenal pada partai final. The Gunners tentu saja ingin menambah jumlah trofi mereka di ajang Piala FA. 

5. Catatan menarik dari Opta

Libas Portsmouth, Arsenal Sukses Amankan Tiket Babak 8 Besar Piala FAportsmouth.co.uk
  • Sokratis menjadi pemain Yunani pertama sejak 2018 yang cetak gol di ajang Piala FA. Sebelumnya ada Apostolos Vellios yang cetak gol untuk Nottingham Forest.
  • Nketiah cetak gol ketiganya bersama Arsenal dari empat kesempatan yang diberikan kepadanya. 
  • Arsenal tak terkalahkan dalam 11 pertandingan tandang mereka di semua kompetisi dengan catatan 4 menang dan 7 imbang. Terakhir kali mereka kalah saat laga terakhir Unai Emery menangani Arsenal. 

Arsenal bisa memanfaatkan Piala FA untuk bermain di kancah Eropa musim depan jika berhasil menjadi juara. 

Baca Juga: Europa League: Manchester United & Wolves Lolos, Arsenal Tersingkir

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya