Comscore Tracker

5 Pemain dengan Assist Terbanyak dalam Satu Musim Premier League 

Kevin de Bruyne teratas! 

Kompetisi Premier League musim ini telah rampung digelar. Liverpool tampil sebagai jawara setelah mengumpulkan poin terbanyak. Di balik liku-liku perjalanan Premier League di musim ini, terdapat berbagai catatan menarik yang patut kita simak.

Salah satunya mengenai Kevin De Bruyne yang sukses mencetak rekor baru. Torehan 20 assist di Premier League musim ini menyandingkan namanya dengan Thierry Henry sebagai pencetak assist terbanyak dalam satu musim Premier League.

Termasuk De Bruyne dan Henry, siapa sajakah pemain lain yang juga pernah mengoleksi assist terbanyak dalam satu musim Premier League?

1. Kevin De Bruyne - 20 assist

5 Pemain dengan Assist Terbanyak dalam Satu Musim Premier League premierleague.com

Kevin De Bruyne memang tampil luar biasa di ajang Premier League musim ini. Kepiawaiannya dalam mengatur serangan dan memberikan umpan-umpan kerap berbuah gol bagi Manchester City. Di musim 2019/2020, De Bruyne tampil dalam 35 laga di Premier League.

Ia sukses mencetak 20 assist yang mampu menyamai torehan Thierry Henry sebagai pencetak assist terbanyak dalam satu musim Premier League. De Bruyne benar-benar menjadi sosok vital di skuad City saat ini. Dengan kontrak yang masih tersisa hingga Juni 2023, bukan tidak mungkin pemain berdarah Belgia tersebut akan mengukir rekor lainnya.

2. Thierry Henry - 20 assist

5 Pemain dengan Assist Terbanyak dalam Satu Musim Premier League independent.co.uk

Sebelum De Bruyne mampu mencetak 20 assist di musim ini, Thierry Henry telah terlebih dahulu mencetak catatan tersebut. Capaian itu terjadi di musim 2002/2003 kala Henry masih berjubah Arsenal. Ia mampu mencetak 20 assist dari 37 laga Premier League di musim tersebut.

Henry merupakan penyerang yang begitu fenomenal pada masanya. Ia berkarier bersama Arsenal selama 9 musim. Tak hanya jago mencetak gol, Henry juga menjadi kreator jitu bagi rekannya untuk mencetak gol. Ia pensiun pada Januari 2015 dan saat ini menjadi pelatih Montreal Impact.

Baca Juga: Thierry Henry Resmi Ditunjuk Menjadi Pelatih Montreal Impact

3. Mesut Ozil - 19 assist

5 Pemain dengan Assist Terbanyak dalam Satu Musim Premier League thetimes.co.uk

Selain Henry, Arsenal juga memiliki nama lain sebagai pencetak assist terbanyak dalam satu musim Premier League. Dia adalah Mesut Ozil, pemain asal Jerman berposisi gelandang serang. Ozil mampu mencetak 19 assist dari 35 laga Premier League di musim 2015/2016. Musim tersebut bisa dibilang sebagai musim terbaik dalam kariernya bersama Arsenal.

Namun, saat ini posisi Ozil di skuad utama Arsenal mulai tergantikan. Di musim ini ia hanya diturunkan dalam 18 laga di Premier League oleh Mikel Arteta. Hal itu membuat dirinya dirumorkan akan hengkang dari Emirates Stadium. Kontrak Ozil sendiri bersama Arsenal masih tersisa hingga Juni 2021.

4. Frank Lampard - 18 assist

5 Pemain dengan Assist Terbanyak dalam Satu Musim Premier League premierleague.com

Frank Lampard merupakan salah satu gelandang terbaik yang pernah ada dalam sejarah sepak bola. Ia juga sempat menjadi pemegang rekor pencetak assist terbanyak dalam satu musim Premier League. Capaian tersebut terjadi di musim 2004/2005 saat dirinya mampu mencetak 18 assist dari 38 laga Premier League bersama Chelsea.

Lampard memang menjadi sosok legendaris yang begitu loyal dengan The Blues. Sebagian besar waktu dalam kariernya dihabiskan di Stamford Bridge. Ia memutuskan pensiun pada Februari 2017. New York City FC menjadi klub terakhir yang dibelanya. Saat ini, kita ketahui bersama bahwa Lampard tengah menjadi pelatih Chelsea.

5. Cesc Fabregas - 18 assist

5 Pemain dengan Assist Terbanyak dalam Satu Musim Premier League twitter.com/premierleague

Lampard bukanlah satu-satunya pemain Chelsea yang pernah menjadi pencetak assist terbanyak dalam satu musim Premier League. Tercatat, Cesc Fabregas juga pernah menciptakan torehan tersebut di musim 2014/2015. Kala itu ia juga mampu mencetak 18 assist dari 34 laga Premier League.

Kiprah Fabregas bersama Chelsea memang cukup mentereng. Ia menjadi andalan di lini tengah The Blues selama empat musim. Akhirnya, ia memutuskan berpisah dengan Chelsea di musim 2018/2019 usai hijrah ke klub Prancis, AS Monaco.

Akankah ada pemain lain yang mampu sejajar dengan 5 pemain di atas?

Baca Juga: 10 Potret Pesepakbola Dunia Cesc Fabregas Bersama Keluarga Kecilnya

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya