Singkirkan Valencia, Kisah Manis Atalanta di Liga Champions Berlanjut

Ilicic menjadi bintang Atalanta dengan cetak empat gol! 

Atalanta berada di atas angin saat bertandang ke markas Valencia dalam leg kedua babak 16 Liga Champions. Atalanta datang dengan bermodalkan keunggulan 4-1 di leg pertama saat mereka menjadi tuan rumah. Hanya butuh hasil imbang, Atalanta justru tidak menampilkan parkir bus.

Atalanta berhasil menang atas Valencia di leg kedua dengan skor 3-4. Keunggulan agregat 4-8 mengantarkan Atalanta melaju ke babak perempat final. Sebagai tim debutan, kisah manis mereka masih berlanjut. 

1. Taklukkan Valencia di leg kedua

Singkirkan Valencia, Kisah Manis Atalanta di Liga Champions Berlanjutbeinsports.com

Atalanta sudah berhasil unggul saat laga baru berjalan 3 menit saat mereka mendapat hadiah penalti. Josip Ilicic yang maju sebagai algojo sukses memanfaatkan peluang tersebut. Tak ingin menyerah, Valencia mencoba bangkit. Usaha mereka membuahkan hasil pada menit 21 melalui Kevin Gameiro.

Namun tim tamu kembali unggul jelang babak pertama usai. Ilicic lagi-lagi memanfaatkan peluang dari titik putih. Memasuki babak kedua, Valencia mulai habis-habisan menyerang pertahanan Atalanta. Mereka berbalik unggul 3-2 usai Gameiro cetak gol kedua pada menit 51 dan gol Ferran Torres pada menit 67.

Meskipun masih unggul agregat, Atalanta justru mengamuk dengan cetak dua gol tambahan. Ilicic tak terbendung di laga ini dengan cetak empat gol. Dua gol tambahan yang dicetak pada menit 71 dan 82 membuat Atalanta menang 3-4.

2. Unggul agregat 8-4, Atalanta singkirkan Valencia

Singkirkan Valencia, Kisah Manis Atalanta di Liga Champions Berlanjutsi.com

Atalanta benar-benar tampil superior di babak 16 besar Liga Champions. Awalnya, Atalanta tak diunggulkan sama sekali saat bertemu Valencia. Namun prediksi tersebut mulai memudar saat Atalanta menang 4-1 di leg pertama.

Pada leg kedua, Atalanta berhasil mengalahkan Valencia dengan skor sengit 4-3. Mereka berhak lolos ke babak perempat final dengan keunggulan agregat 8-4 atas Valencia. 

Baca Juga: Menang 4-3 atas Valencia, Atalanta Lolos ke Babak Perempat Final

3. Penampilan mengejutkan Atalanta

Singkirkan Valencia, Kisah Manis Atalanta di Liga Champions Berlanjutfoxsports.com.au

Atalanta menjadi tim debutan di Liga Champions musim ini. Namun penampilan mereka tak boleh dianggap remeh. Usai memberikan kejutan di fase grup, Atalanta kembali mengejutkan setelah pastikan lolos ke babak perempat final.

Atalanta menjadi tim debutan pertama yang lolos ke perempat final sejak terakhir ada Leicester City pada musim 2016/2017. Sementara untuk tim Italia, Atalanta juga menjadi tim pertama yang melakukannya sejak Lazio pada 1999/2000. Jika tampil konsisten, bukan tidak mungkin kisah manis Atalanta akan berlanjut. 

4. Josep Ilicic cetak empat gol

Singkirkan Valencia, Kisah Manis Atalanta di Liga Champions Berlanjuttwitter.com/OptaJose

Penampilan Josip Ilicic tak bisa dibendung Valencia saat leg kedua. Ia tampil memukau hingga berhasil cetak 4 gol ke gawang Valencia. Ilicic menjadi pemain tertua yang berhasil cetak 4 gol saat laga tandang di Liga Champions dengan usia 32 tahun 41 hari.

Ilicic juga menjadi pemain Serie A pertama yang cetak empat gol dalam satu laga di Liga Champions. Terakhir kali yang melakukannya ada Shevchenko pada tahun 2005 saat laga AC Milan melawan Fenerbahce.

5. Catatan Opta laga Valencia vs Atalanta

Singkirkan Valencia, Kisah Manis Atalanta di Liga Champions Berlanjutflipboard.com
  • Kevin Gameiro menjadi pemain pertama yang cetak gol untuk tiga tim Spanyol di ajang Liga Champions. Ia mencetak 1 gol untuk Sevilla, 3 gol bersama Atletico Madrid dan 1 gol untuk Valencia.
  • Josip Ilicic menjadi pemain ketiga dalam sejarah yang cetak 4 gol ke gawang tim Spanyol di Liga Champions. Sebelumnya ada Dado Prso pada tahun 2003 dan Robert Lewandowski pada tahun 2014.
  • Atalanta menjadi tim asal Italia pertama yang cetak 8 gol agregat di ajang Liga Champions.

Apakah kisah manis Atalanta di Liga Champions akan berlanjut? Jika mampu konsisten, bukan tak mungkin Atalanta menjadi ancaman tim-tim besar. 

Baca Juga: Atalanta Berhasil Melibas Valencia dengan Skor 4-1

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya