Comscore Tracker

5 Bek dengan Torehan Gol Terbanyak di Abad ke-21, Sergio Ramos Teratas

Tak hanya tangguh, tapi juga tajam!

Gaya pemain bertahan telah berkembang selama bertahun-tahun, dengan para pemain belakang kini diharapkan untuk secara aktif berkontribusi pada serangan. Bek sayap diharapkan untuk menyerang ke depan dan memberikan dukungan secara ofensif. Sementara klub-klub top Eropa lebih memilih bek tengah yang pandai menguasai bola. Bek tengah ini memulai serangan dengan umpan akurat mereka.

Namun, sangat sedikit yang mengharapkan bek untuk mencetak gol dengan konsisten. Selama bertahun-tahun, Ronald Koeman dan Sergio Ramos telah menjadi pengecualian untuk anggapan ini. Meskipun berposisi sebagai bek tengah, mereka catatkan banyak gol. Berikut bek dengan torehan gol terbanyak di abad ke-21. 

1. Sergio Ramos (104 Gol) 

5 Bek dengan Torehan Gol Terbanyak di Abad ke-21, Sergio Ramos TeratasSergio Ramos (uefa.com)

Sergio Ramos adalah anomali, sangat sedikit pemain modern yang dianggap tetap berkualitas pada usia 35 tahun. Kebugarannya mungkin menjadi masalah selama musim 2020/21, tetapi Ramos hampir selalu menjadi bagian dari tim utama Real Madrid sejak bergabung dengan klub pada tahun 2005.

Bek tengah yang agresif dengan keterampilan teknik yang baik, pemain asal Spanyol ini dianggap sebagai legenda Los Blancos. Ramos meninggalkan El Real beberapa minggu lalu dan telah banyak memberikan gelar. Untuk catatan pribadi, Ramos telah mengoleksi 104 gol sepanjang kariernya meskipun berposisi sebagai bek tengah.

2. John Terry (67 Gol)

5 Bek dengan Torehan Gol Terbanyak di Abad ke-21, Sergio Ramos TeratasJohn Terry (premierleague.com)

Dianggap sebagai salah satu bek tengah terbaik di era modern, John Terry menghabiskan hampir seluruh kariernya bersama Chelsea. Sebagai produk akademi Chelsea, Terry telah membuat 713 penampilan di semua kompetisi untuk klub dan menggelontorkan mencetak 67 gol. Pemain berkebangsaan Inggris ini dikenal karena kemampuan kepemimpinannya.

Dia memenangkan lima gelar Premier League dan satu trofi Liga Champions bersama The Blues. Bek tengah itu meninggalkan Chelsea pada 2017 dan menghabiskan satu musim bersama Aston Villa. Kini ia berperan sebagai asisten pelatih Aston Villa pasca pensiun pada 2018.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Tertua Sepanjang Sejarah Chelsea, Drogba hingga Terry

3. Naldo (65 Gol) 

5 Bek dengan Torehan Gol Terbanyak di Abad ke-21, Sergio Ramos TeratasNaldo (bundesliga.com)

Naldo adalah bek tengah tinggi yang menikmati masa-masa bagus di Bundesliga. Pemain berkebangsaan Brasil itu menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Werder Bremen dan Wolfsburg. Di Werder Bremen, Naldo membuat 254 penampilan di semua kompetisi, mencetak 36 gol dan memenangkan DFB-Pokal pada tahun 2009.

Bersama Wolfsburg, bek tengah itu membuat 163 penampilan di semua kompetisi dan mencetak 20 gol, memenangkan DFB-Pokal. Kariernya dengan Schalke dan AS Monaco kurang berhasil. Naldo pensiun pada tahun 2020 dan telah menorehkan 65 gol di abad ke-21. 

4. Daniel Van Buyten (63 Gol) 

5 Bek dengan Torehan Gol Terbanyak di Abad ke-21, Sergio Ramos TeratasDaniel van Buyten (skysports.com)

Bek tengah yang memiliki fisik sangat baik, Daniel Van Buyten adalah bek yang bermain untuk beberapa klub besar Eropa. Memulai kariernya bersama Charleroi, Van Buyten membuat namanya terkenal di Marseille dan Hamburger. Pemain berkebangsaan Belgia itu kemudian bergabung dengan Bayern Munich pada tahun 2006.

Mencetak gol dengan konsisten, ia memenangkan empat gelar Bundesliga dan satu trofi Liga Champions bersama klub. Van Buyten membuat 239 penampilan di semua kompetisi untuk raksasa Bundesliga dan mencetak 28 gol untuk mereka. Di abad ke-21, ia telah mengoleksi 63 gol. 

5. Roberto Carlos (48 Gol) 

5 Bek dengan Torehan Gol Terbanyak di Abad ke-21, Sergio Ramos TeratasRoberto Carlos (goal.com)

Dianggap sebagai salah satu bek kiri terbaik dari generasi modern, Roberto Carlos dikenal dengan kemampuan menyerangnya. Petualangan Carlos di Eropa dimulai dengan Inter Milan, tetapi di Real Madrid ia menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Pemain berkebangsaan Brasil ini dikenal karena larinya yang kuat dan tembakannya yang ganas.

Dia pun sering dipercaya sebagai pengambil bola mati. Carlos telah membuat 527 penampilan di semua kompetisi untuk Real Madrid, mencetak 70 gol. Setelah menjalankan tugas dengan Galatasaray, Korintus dan Delhi Dynamos, ia pensiun pada tahun 2015. Sementara di abad ke-21 ia menorehkan 48 gol.

Di sepak bola modern, semua pemain di lapangan harus ikut serta dalam membangun serangan. Bahkan dalam situasi tertentu, bek hingga kiper bisa mencetak gol. Ramos mungkin menjadi salah satu bek yang juga berbahaya di dalam kotak penalti lawan.

Baca Juga: 5 Momen yang Paling Mengesankan Sergio Ramos di Real Madrid

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya