Comscore Tracker

Tampil Mengesankan, 5 Bek Ini Sebenarnya Layak Mendapatkan Ballon d'Or

Paolo Maldini hingga Sergio Ramos!

Tak salah untuk mengatakan bahwa dunia tidak adil terhadap para bek dalam hal Ballon d'Or. Seorang bek sering menjadi sasaran kritik keras untuk satu kesalahan, tetapi kurang mendapat apresiasi setelah serangkaian tekel yang sempurna.

Dalam sejarah Ballon d'Or, tercatat hanya tiga bek yang pernah meraihnya. Mereka adalah Franz Beckenbauer, Matthias Sammer, dan Fabio Cannavaro. Sementara sisanya dikuasai oleh para penyerang dan beberapa pemain gelandang.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah mendominasi ajang ini dalam beberapa tahun. Sebenarnya ada beberapa bek yang layak untuk mendapatkan Ballon d'Or. Sayangnya, mereka tertutupi oleh para penyerang yang juga tampil apik. 

1. Paolo Maldini

Tampil Mengesankan, 5 Bek Ini Sebenarnya Layak Mendapatkan Ballon d'OrPaulo Maldini (eurosport.com)

Sejak tahun '90-an, nama Maldini mulai bergema dengan di kalangan para penggemar. Bek mengerikan yang berasal dari Milan membuat ketakutan bagi penyerang terbaik sekalipun. Mengikuti jejak ayahnya, Paolo bergabung dengan barisan lini pertahanan Italia dan AC Milan.

Ia menghabiskan kariernya selama 25 tahun. Maldini adalah benteng kokoh yang membantu Milan berjaya. Ia memenangkan lima Liga Champions dan menjadi pemain sekaligus kapten tertua yang memenangkan trofi itu. Tidak diragukan lagi bahwa Maldini pantas mendapatkan Ballon d'Or.

2. Dani Alves

Tampil Mengesankan, 5 Bek Ini Sebenarnya Layak Mendapatkan Ballon d'OrDani Alves (en.as.com)

Dani Alves telah memenangkan total 42 trofi utama di tingkat klub dan internasional. Rekor itu mencerminkan karier cemerlang yang ia miliki. Di musim pertamanya bersama Barcelona, ​​Alves memenangkan treble dan dia mengulangi prestasi itu enam tahun kemudian pada tahun 2015.

Dia adalah tulang punggung pertahanan Barcelona dan Brasil yang tidak pernah segan-segan memotong serangan lawan dan membantu penyerangan. Pemenang Bola Emas Copa America 2019 telah memenangkan banyak trofi bersama tim nasionalnya juga.

Baca Juga: Dani Alves Miliki Kebencian yang Besar pada Mourinho dan Real Madrid

3. Virgil van Dijk

Tampil Mengesankan, 5 Bek Ini Sebenarnya Layak Mendapatkan Ballon d'OrVirgil van Dijk (premierleague.com)

Kebanyakan penggemar sepak bola mungkin tak mengenal Virgil van Dijk hingga 2018. Liverpool merekrut bek asal Belanda itu dari Southampton tiga tahun lalu. Setelah itu, van Dijk menjadi salah satu bek tengah terbaik di era modern. Faktanya, dampak cepat Virgil van Dijk luar biasa untuk membangkitkan The Reds.

Berkat penampilan mengesankan, van Dijk mendapatkan Penghargaan Pemain Terbaik Pria UEFA pada 2019. Dia memainkan peran penting dalam kemenangan Liverpool di Liga Champions 2019 dan Premier League 2020. Ia bahkan menempati peringkat kedua dalam gelaran Ballon d'Or 2019.

4. Gerard Pique

Tampil Mengesankan, 5 Bek Ini Sebenarnya Layak Mendapatkan Ballon d'OrGerard Pique (goal.com)

Gerard Pique adalah salah satu dari sedikit pemain di dunia sepak bola yang kurang mendapatkan apresiasi lebih. Dia adalah salah satu sosok penting di balik kesuksesan Spanyol dan Barcelona yang meroket abad ke-21. Antara tahun 2008 dan 2015, Gerard Pique telah memenangkan 5 gelar LaLiga, 3 Copa del Rey, 4 kali Piala Super Spanyol, 3 kali Liga Champions, Piala Super UEFA, dan Piala Dunia Antarklub.

Bersama Spanyol, ia meraih Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. Daftar ini juga mencakup dua treble bersejarah dengan Barcelona. Koleksi ini seharusnya cukup bagi seorang pemain untuk memenangkan Ballon d'Or.

5. Sergio Ramos

Tampil Mengesankan, 5 Bek Ini Sebenarnya Layak Mendapatkan Ballon d'OrSergio Ramos (goal.com)

Sergio Ramos mungkin adalah salah satu nama terbesar dalam sejarah sepak bola yang diharapkan bisa mengangkat trofi Ballon d'Or setidaknya sekali. Berkembang di Sevilla, Ramos menjelma bek terbaik bersama Real Madrid. Memiliki kemampuan sempurna dalam bertahan, Ramos melengkapinya dengan kemampuan mencetak gol.

Ia jadi kunci dalam raihan trofi Spanyol dan Real Madrid. Meski menjadi wajah reguler di FIFA FIFPro XI dan UEFA Team of the Year, sayang sekali Sergio Ramos tidak pernah lolos ke podium Ballon d'Or sepanjang kariernya. Musim panas ini, ia memutuskan hengkang dari Real Madrid dan bergabung dengan Paris Saint-Germain.

 

Seorang bek sebenarnya memiliki peran yang tak kalah penting dari pemain lain di lapangan. Sayangnya, pujian demi pujian datang bagi para penyerang. Selain nama di atas, siapa bek yang sebenarnya layak meraih trofi Ballon d'Or?

Baca Juga: Termasuk Sergio Ramos, 5 Pemain Spanyol yang Saat Ini Membela PSG

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya