Comscore Tracker

6 Bek Tengah Ternama yang Ternyata Diboyong dengan Harga Murah, Solid!

Harga mahal bukan jaminan!

Dalam sepak bola modern, perpindahan para pemain dari satu klub ke klub lain bukan hal yang aneh. Bahkan semakin ke sini, perpindahan pemain melibatkan dana yang begitu fantastis. Tak hanya para pemain yang berposisi sebagai penyerang maupun gelandang, para bek juga catatkan nilai transfer tinggi.

Bahkan beberapa bek tengah juga diboyong klub dengan harga tinggi dengan harapan lini belakang tampil solid. Namun ternyata, tak semua pemain yang catatkan nilai transfer tinggi akan tampil sesuai harga. Ada juga dari mereka yang justru gagal memenuhi ekspetasi. Siapa sangka jika ada beberapa bek tengah yang cukup tersohor saat ini dibeli dengan harga yang terbilang murah. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Raphael Varane (Real Madrid)

6 Bek Tengah Ternama yang Ternyata Diboyong dengan Harga Murah, Solid!goal.com

Salah satu bek tengah ternama yang ternyata diboyong dengan harga murah ada Raphael Varane. Siapa yang tidak mengenal pemain andalan di lini belakang Real Madrid ini. Bersama Sergio Ramos, pemain asal Prancis ini membuat lini belakang Los Blancos tampil solid. Mereka pun telah mengantarkan El Real meraih berbagai trofi bergengsi.

Varane sendiri bergabung ke Santiago Bernabeu pada musim 2011/2012. Saat itu ia diboyong Real Madrid dari Lens dengan harga 10 juta euro. Jika dibandingkan rekor transfer bek tengah saat ini, nilai tersebut tentu sangat jauh. Hingga kini pemain 27 tahun itu telah mencatatkan 343 pertandingan bersama El Real dengan catatan 15 gol dan 7 assist.

2. Dayot Upamecano (RB Leipzig)

6 Bek Tengah Ternama yang Ternyata Diboyong dengan Harga Murah, Solid!bleacherreport.com

Berikutnya ada Dayot Upamecano yang saat ini menjadi bek tengah yang diburu klub-klub elite Eropa. Pemain yang juga berasal dari Prancis itu tampil mengesankan bersama RB Leipzig. Ternyata pemain yang kini berusia 22 tahun itu didatangkan Leipzig dengan harga yang cukup murah. Pada Januari 2010, Upamecano diboyong Die Roten Bullen dari RB Salzburg.

Saat itu Leipzig hanya merogoh kocek sebesar 10 juta euro untuk mendatangkannya. Jika dijual saat ini, Leipzig tentu saja akan meraih keuntungan besar. Karena saat ini ia memiliki banderol senilai 60 juta euro bahkan bisa mencatatkan nilai transfer yang lebih tinggi. Bersama Leipzig, ia telah tampil dalam 134 pertandingan.

3. Kalidou Koulibaly (Napoli)

6 Bek Tengah Ternama yang Ternyata Diboyong dengan Harga Murah, Solid!calciomercato.com

Sama seperti Dayot Upamecano, Kalidou Koulibaly juga menjadi incaran klub-klub elite. Pada musim panas lalu, pemain yang membela Napoli ini dikaitkan dengan beberapa klub. Ketertarikan para klub elite itu tentu bukan tanpa alasan. Pemain berkebangsaan Senegal itu tampil solid di lini belakang Napoli.

Klub Italia itu memboyong Koulibaly dari KRC Genk pada musim 2014/2015. Pemain yang kini berusia 29 tahun ini ditebus Napoli dengan harga hanya senilai 7,75 juta euro. Saat ini ia juga memiliki banderol yang tak kalah tinggi, yakni sebesar 60 juta euro. Selama berseragam Napoli, Koulibaly telah mencatatkan 265 pertandingan dengan catatan 10 gol dan 5 assist.

Baca Juga: Pelajaran Berharga dari Bek-bek Liga Inggris untuk Timo Werner

4. Giorgio Chiellini (Juventus)

6 Bek Tengah Ternama yang Ternyata Diboyong dengan Harga Murah, Solid!juventus.com

Giorgio Chiellini menjadi bek veteran yang hingga kini tetap masuk skuat Juventus bahkan dipercaya sebagai kapten. Nama Chiellini tentu sudah sangat dikenal karena cukup sukses bersama Juve maupun Timnas Italia. Pemain yang kini berusia 36 tahun itu mulai berseragam Si Nyonya Tua sejak musim 2005/2006.

Sama seperti pemain lainnya, Chiellini juga catatkan nilai transfer cukup murah saat bergabung dengan Juve. Di mana saat itu, Bianconeri menebus Chiellini dari Fiorentina dengan harga senilai 7,7 juta euro. Bersama Juventus, ia telah mencatatkan 516 pertandingan dengan torehan 36 gol dan 23 assist.

5. Gerard Pique (Barcelona)

6 Bek Tengah Ternama yang Ternyata Diboyong dengan Harga Murah, Solid!fcbarcelonanoticias.com

Gerard Pique menjadi salah satu bek tengah terbaik beberapa musim lalu. Saat ini pun ia masih menjadi andalan di lini belakang Barcelona. Pemain yang kini berusia 33 tahun tersebut sebenarnya adalah lulusan La Masia. Namun ia sempat menjajal pengalaman bermain di Inggris bersama Manchester United. Hingga akhirnya El Barca kembali merekrutnya dari Setan merah pada musim 2008/2009.

Keputusannya kembali ke Camp Nou pun terbilang cukup tepat. Karena ia akhirnya meraih kesuksesan bersama Blaugrana. El Barca sendiri memboyongnya dari MU dengan harga yang cukup murah, yakni 5 juta euro. Hingga saat ini pemain Spanyol itu telah membela Barca dalam 553 pertandingan dengan mencetak 48 gol dan 13 assist.

6. Joel Matip (Liverpool)

6 Bek Tengah Ternama yang Ternyata Diboyong dengan Harga Murah, Solid!premierleague.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Joel Matip yang sudah tidak hanya terbilang murah lagi. Karena pemain asal Kamerun itu didatangkan Liverpool tanpa mengeluarkan dana sepeser pun. Matip bergabung dengan The Reds sejak musim 2016/2017 setelah hengkang dari FC Schalke. Dengan cederanya Virgil van Dijk, ia pun menjadi tumpuan utama di lini belakang Liverpool saat ini.

Pemain yang kini berusia 29 tahun itu juga turut mengantarkan The Kops meraih kesuksesan dalam beberapa musim terakhir. Matip sendiri telah mencatatkan 121 pertandingan selama berbaju Si Merah. Sebagai seorang bek tengah, ia mencetak 6 gol dan 3 assist.

Itulah enam bek tengah ternama yang ternyata diboyong dengan harga murah. Pemain-pemain tersebut membuktikan jika harga bukanlah segalanya untuk meraih kesuksesan. Siapa bek tengah favoritmu?

Baca Juga: 5 Bek Kiri Prancis dengan Performa Impresif Sejauh Ini, Jadi Andalan

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya