Comscore Tracker

6 Debutan Termuda Bayern Munchen dalam Sedekade Terakhir, Bertalenta!

David Alaba debutan terbaik Bayern Munchen?

Bayern Munchen menjadi tim Jerman paling perkasa baik di kompetisi domestik maupun mancanegara. Dalam sepuluh tahun terakhir, mereka telah memenangkan 20 gelar bergengsi. Mulai dari DFB Pokal, Bundesliga, Liga Champions hingga Piala Dunia Antar Klub. Bahkan The Bavarians menjuarai Bundesliga selama delapan musim beruntun termasuk musim ini.

Dalam meraih kesuksesannya tersebut, Munchen tentu saja diperkuat pemain bintang. Namun tak hanya pemain yang sudah teruji, para pelatih Bayern Munchen juga tak ragu memainkan pemain muda bertalenta. Berikut daftar pemain termuda yang debut bersama Bayern Munchen dalam sedekade terakhir.

1. Jamal Musiala

6 Debutan Termuda Bayern Munchen dalam Sedekade Terakhir, Bertalenta!bundesliga.com

Jamal Musiala menjadi pemain muda yang debut bersama Bayern Munchen pada musim ini. Hal tersebut juga membuatnya menjadi debutan termuda Bayern Munchen dalam sedekade terakhir. Pemain asal Inggris ini dipercaya tampil dalam pekan 33 Bundesliga musim ini menghadapi Freiburg. Pada laga yang digelar 20 Juni 2020 tersebut, Musiala masih berusia 17 tahun, 3 bulan dan 15 hari.

Dengan usia tersebut, pemain gelandang ini juga tercatat sebagai pemain termuda Munchen yang debut di Bundesliga sepanjang sejarah. Momen tersebut menjadi satu-satunya laga yang dimainkan Musiala bersama tim utama Munchen karena ia juga masih tergabung dalam tim muda The Bavarians.

2. Pierre-Emile Hojbjerg

6 Debutan Termuda Bayern Munchen dalam Sedekade Terakhir, Bertalenta!fcbayern.com

Pemain berikutnya ada pemain berkebangsaan Denmark, Pierre-Emile Hojbjerg. Hojbjerg menjalani debut bersama Bayern Munchen pada 13 April 2013. Saat itu Bayern Munchen menghadapi FC Nurnberg dalam lanjutan Bundesliga. Pada laga tersebut, Hojbjerg masih berusia 17 tahun, 8 bulan dan 8 hari.

Selama berseragam Munchen, pemain gelandang ini mencatatkan 56 penampilan di semua kompetisi. Ia hanya mampu menorehkan 2 gol dan 6 assist. Sejak musim 2016, Hojbjerg bergabung dengan Southampton. Ia kini menjadi andalan Soton bahkan dipercaya menjadi kapten tim.

3. Gianluca Gaudino

6 Debutan Termuda Bayern Munchen dalam Sedekade Terakhir, Bertalenta!bavarianfootballworks.com

Pemain berikutnya juga berposisi sebagai gelandang, yakni Gianluca Gaudino. Pemain berkebangsaan Jerman ini menjalani laga pertamanya bersama tim utama Bayern Munchen pada 13 Agustus 2014. Pada laga DFB Super Cup melawan Borussia Dortmund tersebut, Gaudino masih berusia 17 tahun, 9 bulan dan 2 hari.

Berseragam Munchen selama kurang dari dua musim, ia hanya mencatatkan 11 penampilan. Karier Gaudino tak terlalu bagus, ia sempat dipinjamkan bahkan pernah berstatus tanpa klub. Saat ini ia membela klub Belgia yaitu Young Boys. 

Baca Juga: 5 Pemain yang Berpotensi Tinggalkan Bayern Munchen di Musim Depan

4. Franck Evina

6 Debutan Termuda Bayern Munchen dalam Sedekade Terakhir, Bertalenta!espn.com

Franck Evina mendapat kesempatan tampil bersama tim utama Bayern Munchen meskipun masih tergabung dalam skuat muda. Kesempatan langka tersebut ia dapatkan pertama kali pada 28 April 2018. Tepatnya saat Munchen menghadapi Eintracht Frankfurt dalam lanjutan Bundesliga.

Evina yang juga lulusan akademi Bayern Munchen menjalani debutnya tersebut saat berusia 17 tahun, 9 bulan dan 23 hari. Tak hanya laga tersebut, penyerang sayap ini juga ditampilkan dalam satu laga lain. Saat ini Evina masih berusia 20 tahun dan membela tim Bayern II yang berlaga di divisi tiga liga Jerman.

5. Lars Lukas Mai

6 Debutan Termuda Bayern Munchen dalam Sedekade Terakhir, Bertalenta!bundesliga.com

Dari lini belakang, ada Lars Lukas Mai yang berposisi sebagai bek tengah. Pemain berkebangsaan Jerman ini menjalani debut bersama Bayern Munchen pada 21 April 2018. Saat itu The Bavarians menghadapi Hanover dalam lanjutan Bundesliga dan Mai masih berusia 18 tahun 21 hari.

Saat ini ia masih tergabung dalam skuat Bayern Munchen. Selama berseragam Munchen, Mai hanya tampil dalam 2 laga. Pemain berusia 20 tahun ini lebih sering tampil membela tim muda hingga tim cadangan yakni Bayern Munchen II. 

6. David Alaba

6 Debutan Termuda Bayern Munchen dalam Sedekade Terakhir, Bertalenta!bundesliga.com

David Alaba bisa dibilang sebagai pemain debutan Bayern Munchen terbaik. Pemain asal Austria tersebut saat ini menjadi andalan The Bavarians sebagai bek kiri. Alaba menjalani debut pada 16 Agustus 2010 saat Munchen menghadapi Germania Windeck dalam laga DFB Pokal. Saat itu Alaba masih berusia 18 tahun, 1 bulan dan 23 hari.

Selama berseragam Bayern Munchen, Alaba telah mencatatkan 382 penampilan di semua kompetisi. Meskipun sebagai bek, ia cukup produktif dengan torehan 31 gol dan 48 assist. Pemain yang kini berusia berusia 28 tahun tersebut tentu saja turut membantu Munchen dalam meraih berbagai gelar seperti Bundesliga hingga Piala Dunia Antar Klub.

Meskipun cukup banyak pemain muda yang diberikan kesempatan debut, tak banyak dari debutan tersebut yang sukses bersama Bayern Munchen. Hal tersebut tentu saja menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi The Bavarians agar tak selalu mendatangkan pemain yang sudah matang. 

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Didapatkan Bayern Munchen dari Premier League

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya