Comscore Tracker

8 Debutan Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Moukoko Ukir Rekor Baru!

Borussia Dortmund gudangnya pemain muda berbakat!

Pemain muda membutuhkan banyak menit bermain untuk mengembangkan karier mereka. Biasanya para pemain muda tergabung di skuat muda sebuah klub. Namun ternyata, tak sedikit pemain yang masih belasan tahun membela tim senior khususnya klub-klub Bundesliga. Kasta teratas liga Jerman ini memang sudah teruji sebagai penghasil pemain muda berkualitas.

Pemain terbaru yang menjalani debut di Bundesliga ada Youssoufa Moukoko yang membela Borussia Dortmund. Sebelum Moukoko, sudah banyak pemain muda yang menjalani debut di Bundesliga. Berikut kami sajikan daftar debutan termuda dalam sejarah Bundesliga. 

1. Nuri Sahin (Borussia Dortmund)

8 Debutan Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Moukoko Ukir Rekor Baru!espn.com

Sebelum dipecahkan Moukoko, pemain termuda yang debut dalam sejarah Bundesliga adalah Nuri Sahin. Pemain berkebangsaan Turki ini menjalani debut bersama Borussia Dortmund, tepatnya pada 6 Agustus 2005. Saat itu Sahin membela Dortmund menghadapi dengan Wolfsburg.

Dalam pertandingan tersebut, pemain gelandang ini masih berusia 16 tahun, 11 bulan dan 1 hari. Hingga saat ini Sahin telah membela beberapa tim Eropa seperti Liverpool hingga Real Madrid. Di ajang Bundesliga sendiri, pemain yang kini berusia 31 tahun tersebut telah tampil dalam 259 pertandingan. Ia sukses menorehkan 22 gol serta 44 assist dari penampilannya tersebut.

2. Youssoufa Moukoko (Borussia Dortmund)

8 Debutan Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Moukoko Ukir Rekor Baru!goal.com

Youssoufa Moukoko mengukir rekor baru sebagai debutan termuda dalam sejarah Bundesliga. Pemain berkebangsaan Jerman tersebut mendapat kesempatan tampil bersama skuat utama Borussia Dortmund pada 21 November 2020. Tepatnya saat pekan 8, di mana Dortmund bertandang ke markas Hertha Berlin.

Dalam pertandingan tersebut, Moukoko baru berusia 16 tahun dan 1 hari. Lulusan akademi Dortmund ini memang sudah sangat produktif di tim muda Die Borussen dan tentu saja calon bintang selanjutnya. Bukan tidak mungkin ia akan menjadi incaran klub-klub elite Eropa lainnya.

3. Yann Aurel Bisseck (FC Koln)

8 Debutan Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Moukoko Ukir Rekor Baru!kicker.de

Pemain berikutnya berasal dari Jerman yaitu Yann Aurel Bisseck. Pemain berposisi bek tengah ini menjalani debut di Bundesliga bersama FC Koln. Tepatnya saat Koln berhadapan dengan Hertha Berlin pada 26 November 2017. Saat menjalani laga tersebut, Bisseck masih berusia 16 tahun, 11 bulan dan 28 hari.

Meskipun sudah bergabung dengan tim utama, ia lebih banyak dipinjamkan ke tim lain. Saat ini Bisseck membela klub Portugal, Vitoria Guimares dengan status pinjaman. Di ajang Bundesliga, 19 tahun tersebut baru bermain sebanyak 3 pertandingan.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Debut di Bundesliga Dua Dekade Terakhir 

4. Florian Wirtz (Bayer Leverkusen)

8 Debutan Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Moukoko Ukir Rekor Baru!spox.com

Berikutnya ada Florian Wirtz yang menjadi pemain termuda yang debut di Bundesliga musim 2019/2020. Pemain asli Jerman ini merupakan pemain yang lahir pada 3 Mei 2003. Wirtz menjalani debut dengan Bayer Leverkusen saat menghadapi Werder Bremen, tepatnya pada 18 Mei 2020 lalu. Saat itu pemain lulusan akademi Bayer Leverkusen ini masih berusia 17 tahun 15 hari.

Setelah laga tersebut, Wirtz lebih banyak mendapat jam terbang. Bahkan, gelandang serang ini mampu mencetak gol ke gawang Bayern Munchen dan membuatnya sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Bundesliga. Hingga kini, Wirtz telah diberi kesempatan tampil dalam 14 laga dengan torehan 1 gol dan 4 assist.

5. Jurgen Friedl (Eintracht Frankfurt)

8 Debutan Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Moukoko Ukir Rekor Baru!transfermarkt.com

Jauh sebelum pemain-pemain tersebut, Jurgen Friedl lebih dulu tercatat sebagai pemain termuda yang debut di Bundesliga. Pemain berposisi sebagai penjaga gawang ini menjalani debut bersama Eintracht Frankfurt pada 20 Maret 1976.

Dalam laga menghadapi Hanover tersebut, Friedl masih berusia 17 tahun dan 26 hari. Sepanjang kariernya, kiper berkebangsaan Jerman ini menghabiskan karier bersama klub Jerman. Namun di ajang Bundesliga, ia hanya mencatatkan 3 penampilan sepanjang kariernya hingga pensiun pada tahun 1990.

6. Ibrahim Tanko (Borussia Dortmund) 

8 Debutan Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Moukoko Ukir Rekor Baru!bundesliga.com

Sebelum Nuri Sahin, pemain Borussia Dortmund termuda yang debut di Bundesliga adalah Ibrahim Tanko. Pemain berkebangsaan Ghana ini menjalani debut pada 24 September 1994. Saat itu Tanko membela Dortmund saat berhadapan dengan Stuttgart.

Dalam laga tersebut, pemain berposisi second striker ini masih berusia 17 tahun, 1 bulan dan 30 hari. Selain membela Dortmund, Tanko juga membela klub Bundesliga lainnya, Freiburg. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2007 ini telah tampil sebanyak 109 pertandingan di Bundesliga. Dari penampilannya tersebut, Tanko hanya mampu mencetak 6 gol dan 4 assist. 

7. Giovanni Reyna (Borussia Dortmund)

8 Debutan Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Moukoko Ukir Rekor Baru!goal.com

Borussia Dortmund memang menjadi klub Bundesliga yang kerap mengorbitkan pemain muda. Pemain Dortmund lainnya yakni Giovanni Reyna juga menjadi salah satu pemain muda yang debut di Bundesliga. Reyna merupakan pemain kelahiran Amerika Serikat pada 13 November 2002. Sama seperti Wirtz, Reyna juga pemain yang berposisi sebagai gelandang serang.

Reyna menjalani debut bersama Borussia Dortmund saat menghadapi Augsburg. Pada laga yang digelar 18 Januari 2020 tersebut, Reyna masih berusia 17 tahun, 2 bulan dan 5 hari. Memiliki talenta istimewa, Reyna telah tampil dalam 23 laga Bundesliga dengan torehan 1 gol dan 5 assist.. Reyna bisa saja menjadi pemain muda selanjutnya yang menjadi bintang Dortmund.

8. Jude Bellingham (Borussia Dortmund)

8 Debutan Termuda dalam Sejarah Bundesliga, Moukoko Ukir Rekor Baru!skysports.com

Pemain terakhir dalam daftar ini juga berasal dari Borussia Dortmund dan menjalani debut pada musim ini. Pemain tersebut yaitu Jude Bellingham yang baru direkrut dari Birmingham pada musim panas ini. Pemain berkebangsaan Inggris ini pun telah debut di Bundesliga dan menjadi salah satu debutan termuda Dortmund.

Bellingham tampil perdana di Bundesliga pada 19 September 2020. Tepatnya saat Die Borussen menghadapi Borussia Monchengladbach di pekan perdana Bundesliga musim ini. Dalam laga tersebut, pemain gelandang ini masih berusia 17 tahun, 2 bulan dan 21 hari. Sejauh ini ia telah tampil di Bundesliga dalam 7 pertandingan dengan 2 assist.

Bundesliga memang menjadi salah satu arena favorit bagi pemain muda untuk mengembangkan kariernya. Hingga kini sudah banyak bintang yang lahir dari kasta teratas liga Jerman ini.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Debut di Bundesliga Musim Ini, Penuh Talenta!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya