Comscore Tracker

5 Debutan Termuda dalam Sejarah Liga Champions, Masih Belasan Tahun!

Bagaimana kiprahnya?

Bermain di ajang Liga Champions adalah sebuah impian bagi pesepak bola muda di seluruh dunia. Persaingan yang ketat membuat mereka tak mudah mendapat kesempatan tampil di ajang bergengsi ini. Namun cerita berbeda dialami beberapa pemain yang cukup beruntung.

Meskipun masih berusia belasan tahun, pemain-pemain ini telah menjalani debut di Liga Champions. Tak hanya beruntung, pemain-pemain ini juga pastinya memiliki kemampuan spesial hingga diturunkan pelatih di ajang bergengsi. Lantas, siapa saja debutan termuda dalam sejarah Liga Champions? Berikut kami sajikan 5 di antaranya.

1. Celestine Babayaro (Anderlecht)

5 Debutan Termuda dalam Sejarah Liga Champions, Masih Belasan Tahun!goal.com

Debutan termuda dalam sejarah Liga Champions adalah Celestine Babayaro. Momen bersejarah ini terjadi pada 23 November 1994 saat dirinya membela Anderlecht menghadapi klub Romania, FCSB. Pemain berposisi bek kiri ini menjalani debut saat berusia 16 tahun, 2 bulan dan 25 hari.

Pemain berkebangsaan Nigeria ini telah gantung sepatu pada tahun 2008 saat usianya baru 30 tahun. Saat masih aktif bermain, Babayaro pernah menjadi bagian tim elite seperti Paris Saint-Germain hingga Chelsea. Di Liga Champions, ia telah memainkan 16 pertandingan dengan mencetak 1 gol dan 1 assist. 

2. Rayan Cherki (Olympique Lyon)

5 Debutan Termuda dalam Sejarah Liga Champions, Masih Belasan Tahun!ol.fr

Pemain termuda berikutnya menjadi debut di Liga Champions pada musim 2019/2020 lalu. Pemain yang dimaksud yaitu Rayan Cherki, pemain yang membela Olympique Lyon. Ia menjalani debut bersama Lyon di Liga Champions pada saat menghadapi Zenit Saint Petersburg 27 November 2019.

Saat itu, Cherki masih berusia 16 tahun, 3 bulan dan 10 hari. Dengan usianya yang masih cukup belia, gelandang yang satu ini tentu saja menjadi calon bintang masa depan. Selain laga debutnya pada musim lalu, pemain berkebangsaan Prancis ini juga telah mencatatkan penampilan di Liga Champions pada musim ini.

3. Alen Halilovic (Dinamo Zagreb)

5 Debutan Termuda dalam Sejarah Liga Champions, Masih Belasan Tahun!sportnet.rtl.hr

Berikutnya ada pemain yang membela Dinamo Zagreb saat menjalani debut, yakni Allen Halilovic. Pemain berposisi sebagai gelandang ini menjalani debut di Liga Champions saat Zagreb berhadapan dengan Paris Saint-Germain. Pada laga yang digelar 24 Oktober 2012 tersebut, Halilovic masih berusia 16 tahun, 4 bulan dan 6 hari.

Pemain berkebangsaan Kroasia ini sempat digadang-gadang akan menjadi pemain bintang. Namun ia gagal memenuhi ekspetasi dan kariernya terus menurun. Sebenarnya ia sempat direkrut beberapa klub elite seperti AC Milan hingga Barcelona. Di ajang Liga Champions, pemain yang kini membela Birmingham tersebut hanya tampil dalam 3 pertandingan.

Baca Juga: 5 Pemain yang Memenangi Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala Dunia

4. Youri Tielemans (Anderlecht)

5 Debutan Termuda dalam Sejarah Liga Champions, Masih Belasan Tahun!skysports.com

Pemain Anderlecht lainnya , yakni Youri Tielemans juga menjadi salah satu pemain termuda di Liga Champions. Pemain asal Belgia tersebut menjalani debut saat menghadapi Olympiacos pada 2 Oktober 2013. Pada laga tersebut, Tielemans masih berusia 16 tahun, 4 bulan dan 25 hari.

Setelah tampil menjajikan bersama Anderlecht, gelandang ini direkrut AS Monaco hingga akhirnya ia membela klub Premier League, Leicester City. Di ajang Liga Champions, pemain berusia 23 tahun ini telah tampil dalam 20 pertandingan. Jika terus konsisten, bukan tidak mungkin dirinya akan direkrut klub elite Eropa lainnya.

5. Charalampos Mavrias (Panathinaikos Athens)

5 Debutan Termuda dalam Sejarah Liga Champions, Masih Belasan Tahun!spaziointer.it

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah pemain  yang membela Panathinaikos saat debut di Liga Champions, yakni Charalampos Mavrias. Mavrias adalah pemain asal Yunani yang berposisi sebagai bek kanan. Ia menjalani debut di Liga Champions saat menghadapi Rubin Kazan, tepatnya pada 20 Oktober 2010.

Pada laga tersebut, Mavrias masih berusia 16 tahun, 7 bulan dan 29 hari. Karier pemain 26 tahun ini tak terlalu spesial karena belum pernah membela klub elite Eropa. Pemain yang kini membela klub Siprus, Omonia Nikosia tersebut belum juga mendapat kesempatan tampil kembali di ajang Liga Champions.

Tak hanya keberuntungan semata, pemain-pemain tersebut tentu saja memiliki bakat luar biasa. Hal tersebut membuat mereka mendapat kesempatan tampil di ajang Liga Champions saat usia belasan tahun. Akankah rekor debutan Liga Champions akan pecah pada musim ini?

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Sukses Catatkan Penampilan di Premier League

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya