5 Debutan Termuda Manchester City di Era Pep Guardiola, Ada yang Baru!

Masih belasan tahun lho!

Josep Guardiola menjadi pelatih berpengalaman yang bergelimang prestasi. Sejak musim 2016/2017, ia dipercaya untuk menangani Manchester City. Dibekali dana fantastis membuat Guardiola kerap mendatangkan pemain-pemain bintang. Hingga kini pelatih asal Spanyol tersebut telah mengantarkan City 2 kali juara Premier League, 1 Piala FA dan 3 kali Piala Liga.

Meskipun banyak pemain bintang, Guardiola juga kerap mengorbitkan pemain muda. Ada beberapa pemain remaja yang mendapat kesempatan debut di tim utama The Cityzens. Lantas siapa saja debutan termuda Manchester City di era Pep Guardiola? Check it out!

1. Brahim Diaz

5 Debutan Termuda Manchester City di Era Pep Guardiola, Ada yang Baru!mancity.com

Brahim Diaz menjadi debutan termuda Manchester City di era Pep Guardiola. Pemain asal Spanyol ini debut bersama City pada 21 September 2016. Tepatnya saat City menghadapi Swansea City dalam ajang Piala Liga. Pada laga yang dimenangkan City tersebut, Diaz masih berusia 17 tahun, 1 bulan dan 18 hari.

Sebenarnya Diaz masih menjadi bagian tim muda City, namun dengan potensi yang dimiliki membuatnya mendapat kesempatan berharga tersebut. Gelandang serang ini juga tampil dalam 5 pertandingan City. Hingga akhirnya pada musim 2019/2020, ia direkrut raksasa Spanyol Real Madrid dengan harga 17 juta euro. 

2. Adrian Bernabe

5 Debutan Termuda Manchester City di Era Pep Guardiola, Ada yang Baru!mancity.com

Adrian Bernabe hingga saat ini belum dikontrak oleh tim utama Manchester City. Namun pada 25 September 2018, pemain asal Spanyol ini mendapat kesempatan tampil bersama tim utama City oleh Pep Guardiola. Saat itu The Cityzens menjalani laga menghadapi Oxford United dalam ajang Piala Liga.

Pada pertandingan tersebut, Bernabe masih berusia 17 tahun, 3 bulan dan 30 hari. Total pemain gelandang serang ini tampil dalam 4 pertandingan bersama tim utama. Saat ini ia berusia 19 tahun dan tergabung dengan tim muda Manchester City. 

3. Phil Foden

5 Debutan Termuda Manchester City di Era Pep Guardiola, Ada yang Baru!goal.com

Phil Foden menjadi pemain produk akademi Manchester City yang diandalkan Pep Guardiola saat ini. Pemain berkebangsaan Inggris ini menjalani debut pada 21 November 2017. Tak tanggung-tanggung, Foden diberi kesempatan tampil perdana saat City menghadapi Feyenoord dalam ajang Liga Champions.

Pada pertandingan tersebut, pemain gelandang ini masih berusia 17 tahun, 5 bulan dan 24 hari. Foden menjadi salah satu pemain terbaik produk akademi City. Sejauh ini ia telah membela The Citizens dalam 84 pertandingan dengan catatan 18 gol dan 14 assist. Masih berusia 20 tahun, Foden dikontrak Manchester City hingga Juni 2024.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Barcelona di Era Pep Guardiola

4. Liam Delap

5 Debutan Termuda Manchester City di Era Pep Guardiola, Ada yang Baru!thetimes.co.uk

Liam Delap menjadi debutan terbaru Manchester City di musim ini. Pemain berkebangsaan Inggris ini menjalani debut bersama The Cityzens pada 24 September 2020. Saat itu City menghadapi Bournemouth pada ajang Piala Liga.

Pada pertandingan tersebut, Rekik masih berusia 17 tahun, 7 bulan dan 16 hari. Delap sebenarnya masih tergabung di skuat muda City. Hingga saat ini ia membela klub asal Manchester tersebut dalam 2 pertandingan. Pemain berposisi striker ini berhasil mencetak 1 gol di laga debutnya.

5. Taylor Harwood-Bellis

5 Debutan Termuda Manchester City di Era Pep Guardiola, Ada yang Baru!90min.com

Berikutnya juga pemain berkebangsaan Inggris, yakni Taylor Harwood-Bellis. Pemain bek tengah ini pertama kali mendapat kesempatan tampil membela Manchester City yaitu saat menghadapi Preston North End dalam ajang Piala Liga. Pada laga yang digelar 24 September 2019 tersebut, Lopes masih berusia 17 tahun, 7 bulan dan 25 hari.

Taylor resmi dikontrak tim utama The Cityzens sejak awal musim 2020/2021 ini. Hingga saat ini, Taylor tampil dalam 6 pertandingan dengan mencetak 1 gol. Dengan usianya yang masih belia, pemain yang satu ini tentu bisa menjadi bek masa depan City.

Di tengah banyak pemain berlabel bintang, Pep Guardiola memberikan pengalaman berharga bagi para pemain muda. Kesempatan tersebut tentu saja cukup berharga bagi pemain belasan tahun. Akankah lahir bintang muda di skuat Manchester City?

Baca Juga: 7 Rekrutan Pertama Pep Guardiola Saat Melatih Barcelona

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya