Comscore Tracker

5 Debutan Termuda Manchester United Setelah Era Sir Alex Ferguson

Mason Greenwood jadi debutan terbaik?

Manchester United menjadi salah satu tim asal Inggris tersukses hingga saat ini. Berbagai gelar telah mereka raih dengan mengandalkan para pemain-pemain berkualitas. Sir Alex Ferguson menjadi pelatih yang cukup sukses menangani United. Tak hanya meraih trofi, Ferguson juga mengorbitkan beberapa pemain muda potensial.

Pelatih asal Skotlandia tersebut memutuskan pensiun sebagai pelatih United pada akhir musim 2012/2013. Setelah era Ferguson, Setan merah ditangani beberapa pelatih yang berusaha mengembalikan kejayaan United. Selain itu, pelatih-pelatih tersebut juga mencoba memberikan kesempatan kepada para pemain muda. Berikut daftar pemain debutan termuda Manchester United setelah era Sir Alex Ferguson. 

1. Angel Gomes

5 Debutan Termuda Manchester United Setelah Era Sir Alex Fergusonforbes.com

Angel Gomes menjadi debutan termuda Manchester United setelah era Ferguson. Pemain berkebangsaan Inggris ini merupakan lulusan akademi United dan lahir pada 31 Agustus 2000. Meskipun belum mendapat kontrak bersama tim senior, Gomes mendapat kesempatan tampil bersama tim utama United. Kesempatan langka tersebut terjadi pada 21 Mei 2017.

Saat itu Setan merah memainkan laga terakhir Premier League menghadapi Crystal Palace. Diturunkan Jose Mourinho sebagai pemain pengganti, Gomes masih berusia 16 tahun, 8 bulan dan 20 hari. Selain laga tersebut, gelandang serang ini juga ditampilkan dalam 10 pertandingan United di semua kompetisi. Meskipun dinilai cukup potensial, saat ini Gomes berstatus tanpa klub. 

2. Mason Greenwood

5 Debutan Termuda Manchester United Setelah Era Sir Alex Fergusonpremierleague.com

Pemain berikutnya yaitu Mason Greenwood yang tampil mengesankan musim ini. Greenwood merupakan pemain asal Inggris yang lahir pada 1 Oktober 2001. Sebelum menjadi andalan United musim ini, Greenwood menjalani debut pada 6 Maret 2019. Saat itu Manchester United menghadapi Paris Saint-Germain pada laga 16 besar Liga Champions.

Ole Gunnar Solskjaer menurunkan Greenwood saat usianya baru 17 tahun, 5 bulan dan 3 hari. Sejauh ini Greenwood telah membela Setan merah dalam 45 pertandingan di semua kompetisi. Lulusan akademi United ini sukses mencetak 15 gol dan 5 assist. Dengan usianya yang masih belia, Greenwood menjadi calon bintang United di masa depan. 

3. Regan Poole

5 Debutan Termuda Manchester United Setelah Era Sir Alex Fergusonmanchestereveningnews.co.uk

Dari posisi bek tengah, Manchester United juga sempat memiliki pemain potensial yaitu Regan Poole. Pemain yang lahir pada 18 Juni 1998 ini dibeli United dari Newport County pada tahun 2015. Namun ia harus membela tim muda United terlebih dulu. Meskipun demikian, pemain asal Wales ini mendapat kesempatan tampil bersama tim utama United pada 25 Februari 2016.

Tepatnya saat Setan merah menghadapi FC Midtjylland di ajang Europa League. Saat itu Luis van Gaal memainkan Poole saat usia 17 tahun, 8 bulan dan 7 hari. Laga tersebut menjadi satu-satunya kesempatan yang didapat Poole bersama tim utama United. Saat ini ia membela MK Dons yang berkompetisi di divisi tiga liga Inggris. 

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan Manchester United di Derby Manchester 

4. James Garner

5 Debutan Termuda Manchester United Setelah Era Sir Alex Fergusonmanutd.com

James Garner merupakan pemain lukusan akademi Manchester United. Pemain asal Inggris ini lahir pada 13 Maret 2001. Meskipun belum masuk dalam skuat utama United, Garner telah mendapat kesempatan tampil bersama tim utama. Hal tersebut terjadi saat Setan merah melawan Crystal Palace pada ajang Premier League.

Pada laga yang digelar 27 Februari 2019 tersebut, Garner masih berusia 17 tahun, 11 bulan dan 14 hari. Selain laga tersebut, pemain gelandang bertahan ini juga telah tampil dalam 7 laga United di semua kompetisi. Saat ini Garner masih memperkuat tim muda Manchester United.

5. Timothy Fosu-Mensah

5 Debutan Termuda Manchester United Setelah Era Sir Alex Fergusonmanutd.com

Pemain berikutnya menjadi salah satu pemain yang tergabung dengan skuat utama Manchester United saat ini. Pemain tersebut yaitu Timothy Fosu-mensah yang lahir pada 2 Januari 1998. Pemain asal Belanda tersebut direkrut United dari akademi Ajax pada musim 2014/2015. Bek kanan ini baru menjalani debut bersama tim utama United pada 28 Februari 2016.

Tepatnya saat Manchester United menghadapi Arsenal dalam lanjutan Premier League. Sempat dipinjamkan ke tim lain, Mensah telah membela Setan merah dalam 21 pertandingan hingga saat ini. Sebagai pemain muda, ia kurang dipercaya tampil oleh pelatih United saat ini, Ole Gunnar Solskjaer.

Itulah lima pemain termuda yang jalani debut bersama Manchester United setelah Sir Alex Ferguson pensiun. Siapa pemain muda berikutnya yang akan menjadi legenda bersama Setan merah?

Baca Juga: 6 Pemain Termahal yang Direkrut Sir Alex Ferguson untuk MU

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya