Comscore Tracker

5 Debutan Termuda Timnas Argentina Dua Dekade Terakhir, Messi Termasuk

Bagaimana kariernya saat ini?

Argentina merupakan salah satu negara di Amerika Latin dengan kualitas sepak bola yang cukup baik. Saat ini, cukup banyak pemain Argentina yang memiliki kualitas mumpuni hingga menjadi andalan klub-klub elite Eropa. Sebut saja Lionel Messi yang sudah tak terbantahkan lagi kualitasnya. Tak hanya Messi, banyak pemain lainnya yang tak kalah berkualitas dan juga diandalkan timnas.

Argentina memang pernah memainkan pemain-pemain yang masih berusia belasan tahun. Messi menjadi salah satu contohnya. Lalu, siapa saja debutan termuda Timnas Argentina dalam dua dekade terakhir? Berikut daftarnya.

1. Lionel Messi

5 Debutan Termuda Timnas Argentina Dua Dekade Terakhir, Messi Termasukessentiallysports.com

Debutan termuda Timnas Argentina dalam dua dekade terakhir adalah Lionel Messi. Kualitasnya tentu saja sudah tidak diragukan lagi, bahkan sejak ia masih belasan tahun. Penyerang kanan ini melakoni debut bersama Timnas Argentina saat menghadapi Hungaria dalam laga persahabatan.

Pada pertandingan yang digelar 17 Agustus 2005 tersebut, Messi masih berusia 18 tahun, 1 bulan, dan 24 hari. Hingga kini pemain 33 tahun tersebut telah membela Timnas Argentina dalam 142 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya, ia menorehkan 72 gol dan kini masih setia membela Barcelona.

Baca Juga: Menanti Janji Laporta Pertahankan Messi di Barcelona

2. Sergio Aguero

5 Debutan Termuda Timnas Argentina Dua Dekade Terakhir, Messi Termasukgoal.com

Pemain berikutnya adalah Sergio Aguero yang tentunya sudah cukup familier. Pemain berposisi penyerang ini menjalani debut pada 2 September 2006. Saat itu, timnas Argentina menjalani laga persahabatan menghadapi Brasil. Dalam pertandingan tersebut, Aguero masih berusia 18 tahun dan 3 bulan.

Sudah berkualitas saat usia muda, performanya terus meningkat. Setelah bersinar bersama Atletico Madrid, ia kemudian membela Manchester City hingga saat ini. Bersama Timnas Argentina, ia telah mencatatkan 97 caps dengan torehan 41 gol.

3. Emanuel Mammana

5 Debutan Termuda Timnas Argentina Dua Dekade Terakhir, Messi Termasukfifa.com

Pemain berikutnya adalah Emanuel Mammana yang berposisi sebagai bek tengah. Pemain yang pernah menimba ilmu di akademi River Plate tersebut menjalani debut bersama Timnas Argentina pada 7 Juni 2014. Saat itu, Timnas Argentina menghadapi Slovenia dalam laga persahabatan.

Dalam pertandingan tersebut, Mammana masih berusia 18 tahun, 3 bulan, dan 28 hari. Selain laga tersebut, Mammana telah membela Argentina dalam 3 pertandingan hingga saat ini. Pemain berusia 25 tahun tersebut kini membela klub Russia, Sochi.

4. Leonel Galeano

5 Debutan Termuda Timnas Argentina Dua Dekade Terakhir, Messi Termasukelsol.com.ar

Pemain termuda keempat yang tampil bersama Timnas Argentina adalah Leonel Galeano. Bek tengah tersebut menjalani debut pada 10 Februari 2010 saat Timnas Argentina menghadapi Jamaika. Dalam laga persahabatan tersebut, Galeano masih berusia 18 tahun, 6 bulan, dan 24 hari.

Pertandingan tersebut menjadi satu-satunya kesempatan Galeano membela Timnas Argentina hingga saat ini. Pemain yang kini berusia 29 tahun tersebut memang tak terlalu mulus perjalanan kariernya. Saat ini ia membela klub Chile, Curico.

5. Franco Zuculini

5 Debutan Termuda Timnas Argentina Dua Dekade Terakhir, Messi Termasukskysports.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Franco Zuculini yang saat ini juga masih aktif bermain. Ia tampil pertama kali bersama Timnas Argentina saat laga persahabatan menghadapi Panama. Pada laga yang digelar 20 Mei 2009 tersebut, Zuculini masih berusia 18 tahun, 8 bulan, dan 15 hari.

Pemain 30 tahun ini juga hanya mencatatkan satu caps bersama Timnas Argentina. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut saat ini membela klub Uruguay, Defensor. Zuculini sebenarnya pernah berkarier di liga top Eropa. Hoffenheim, Genoa, dan Arsenal adalah klub yang pernah ia bela.

 

Itulah lima debutan termuda Timnas Argentina dalam dua dekade terakhir. Messi dan Aguero berhasil membuktikan jika dirinya layak diberi kesempatan debut saat usia muda.

Baca Juga: 8 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Timnas Argentina, Ada Maradona!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya