Comscore Tracker

6 Debutan Termuda Timnas Inggris Hingga Kini, Jude Bellingham Terbaru!

Deretan pemain berbakat! 

Inggris memiliki sejarah panjang dalam sepak bola. Bahkan Negeri Rau Elizabeth itu menjadi salah satu permainan 11 lawan 11 ini. Meskipun demikian, dalam hal prestasi tim nasional Inggris masih kalah dengan negara lain dunia. Sebenarnya Inggris memiliki pemain-pemain luar biasa bahkan sejak usia muda.

Tak jarang beberapa pemain muda yang masih belasan tahun tampil membela Three Lions. Jude Bellingham menjadi pemain terbaru yang debut bersama timnas senior Inggris. Namun sebelum Bellingham, ada beberapa pemain muda lainnya yang sudah lebih dulu debut. Berikut daftar pemain termuda yang debut bersama timnas Inggris hingga kini.

1. Theo Walcott

6 Debutan Termuda Timnas Inggris Hingga Kini, Jude Bellingham Terbaru!independent.co.uk

Pemegang rekor pemain termuda yang debut bersama timnas Inggris adalah Theo Walcott. Mantan pemain Arsenal ini membela Three Lions untuk pertama pada 30 Mei 2006. Saat itu timnas Inggris menjalani laga persahabatan menghadapi Hungaria.

Dalam laga tersebut, Walcott masih berusia 17 tahun, 2 bulan dan 14 hari. Hingga kini, pemain berusia 31 tahun tersebut telah membela Three Lions dalam 47 pertandingan. Dari penampilannya tersebut, ia hanya mampu mengoleksi 8 gol. 

2. Wayne Rooney

6 Debutan Termuda Timnas Inggris Hingga Kini, Jude Bellingham Terbaru!fifa.com

Wayne Rooney juga menjadi salah satu pemain yang bersinar sejak usia muda. Pemain berposisi striker ini pertama kali membela timnas Inggris saat menghadapi Australia dalam laga persahabatan. Pada pertandingan yang digelar 12 Februari 2003 tersebut, Rooney masih berusia 17 tahun, 3 bulan dan 19 hari.

Mantan pemain Manchester United ini cukup banyak mendapat kesempatan tampil bersama timnas Inggris. Pemain 30 tahun tersebut mencatatkan 120 caps dengan torehan 53 gol. 

3. Jude Bellingham

6 Debutan Termuda Timnas Inggris Hingga Kini, Jude Bellingham Terbaru!standard.co.uk

Pemain terbaru yang menjalani debut bersama timnas Inggris di usia muda adalah Jude Bellingham. Gelandang yang kini membela Borussia Dortmund tersebut baru saja debut saat Three Lions menghadapi Irlandia. Laga yang digelar pada 12 November 2020 itu merupakan laga persahabatan.

Dalam laga tersebut, Bellingham masih berusia 17 tahun, 4 bulan dan 14 hari. Dengan usianya yang masih belia tersebut, bukan tidak mungkin Bellingham akan menjadi tulang punggung timnas Inggris di masa mendatang.

Baca Juga: Umumkan 30 Nama, Timnas Inggris Panggil 3 Debutan!

4. Raheem Sterling

6 Debutan Termuda Timnas Inggris Hingga Kini, Jude Bellingham Terbaru!fifa.com

Nama berikutnya menjadi salah satu pemain aktif yang masih kerap diandalkan timnas Inggris. Pemain tersebut yaitu Raheem Sterling yang jalani debut bersama timnas Inggris pada 14 November 2012.

Saat itu timnas Inggris menjalani laga persahabatan menghadapi Swedia. Dalam laga tersebut, Sterling masih berusia 17 tahun, 11 bulan dan 6 hari. Hingga kini pemain Manchester City tersebut telah tampil dalam 58 pertandingan dengan catatan 13 gol.

5. Michael Owen

6 Debutan Termuda Timnas Inggris Hingga Kini, Jude Bellingham Terbaru!independent.co.uk

Berikutnya juga tak kalah populer dengan nama-nama sebelumnya. Michael Owen menjadi salah satu pemain Inggris yang cukup sukses. Ia tampil perdana bersama Three Lions pada 11 Februari 1998.

Saat usianya masih 18 tahun, 1 bulan dan 28 hari, Owen diturunkan timnas Inggris menghadapi Chile dalam laga persahabatan. Bersama timnas Inggris, Owen menciptakan 40 gol dari 89 penampilan.

6. Callum Hudson-Odoi

6 Debutan Termuda Timnas Inggris Hingga Kini, Jude Bellingham Terbaru!fifa.com

Pemain terakhir dalam daftar ini belum lama menjalani debut bersama timnas Inggris. Callum Hudson-Odoi tampil perdana bersama Three Lions pada 22 Maret 2019. Tepatnya saat timnas Inggris menjalani laga kualifikasi Euro menghadapi Republik Ceko. Dalam laga tersebut, Hudson-Odoi masih berusia 18 tahun, 4 dan 15 hari.

Pemain Chelsea tersebut hingga kini sudah membela timnas Inggris dalam 3 pertandingan. Dengan usianya yang cukup muda, Hudson-Odoi masih berkesempatan menambah catatan penampilan bersama negaranya tersebut.

Pemain Inggris sebenarnya tak kalah berkualitas dibanding negara lainnya seperti Spanyol hingga Brasil. Saat ini saja mereka perkuat generasi emas yang tentu saja sudah kamu tahu. Akankah generasi emas saat ini akan membawa timnas Inggris berjaya?

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Jalani Debut Bersama Timnas Inggris, Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya