5 Debutan Termuda Timnas Italia Dua Dekade Terakhir, Ada Donnarumma!

Calon bintang masa depan Gli Azzurri?

Italia menjadi salah satu negara di Eropa dengan sepak bola yang cukup baik. Dalam beberapa tahun ke belakang, prestasi mereka memang menurun. Namun saat ini, cukup banyak pemain Italia yang memiliki kualitas mumpuni.

Salah satunya ada Gianluigi Donnarumma yang jadi penerus Gianluigi Buffon. Tak hanya Donnarumma, banyak pemain lainnya yang tak kalah berkualitas dan juga dipanggil timnas.

Italia sendiri memang pernah memainkan pemain-pemain yang masih berusia belasan tahun. Lalu, siapa saja debutan termuda timnas Italia dalam dua dekade terakhir? Berikut daftarnya.

1. Gianluigi Donnarumma

5 Debutan Termuda Timnas Italia Dua Dekade Terakhir, Ada Donnarumma!sempremilan.com

Debutan termuda timnas Italia dalam dua dekade terakhir adalah Gianluigi Donnarumma. Kualitasnya tentu saja sudah tidak diragukan lagi, bahkan sejak ia masih belasan tahun. Kiper muda AC Milan ini melakoni debut bersama timnas Italia saat menghadapi Prancis dalam laga persahabatan.

Pada pertandingan yang digelar 1 September 2016 tersebut, Donnarumma masih berusia 17 tahun, 6 bulan, dan 7 hari. Meskipun masih berusia cukup muda, ia sudah mencatatkan banyak penampilan. Di mana pemain 22 tahun itu telah membela Gli Azzurri dalam 22 pertandingan.

2. Davide Santon

5 Debutan Termuda Timnas Italia Dua Dekade Terakhir, Ada Donnarumma!fifa.com/Getty Images

Pemain berikutnya adalah Davide Santon yang berposisi sebagai bek kanan. Pemain yang pernah menimba ilmu di akademi Inter Milan tersebut menjalani debut bersama timnas Italia pada 6 Juni 2009. Saat itu, timnas Italia menghadapi Irlandia Utara dalam laga persahabatan.

Dalam pertandingan tersebut, Santon masih berusia 18 tahun, 5 bulan, dan 4 hari. Tak hanya laga tersebut, Santon telah membela Gli Azzurri dalam 8 pertandingan hingga saat ini. Pemain berusia 30 tahun tersebut kini masih aktif bermain dengan membela AS Roma.

Baca Juga: 10 Kiper Asal Italia dengan Banderol Tertinggi Saat Ini, Donnarumma?

3. Moise Kean

5 Debutan Termuda Timnas Italia Dua Dekade Terakhir, Ada Donnarumma!fifa.com/Getty Images

Pemain termuda ketiga yang tampil bersama timnas Italia adalah Moise Kean. Pemain yang berposisi sebagai penyerang tersebut menjalani debut pada 20 November 2018 saat timnas Italia menghadapi Amerika Serikat. Dalam laga persahabatan tersebut, Kean masih berusia 18 tahun, 8 bulan, dan 23 hari.

Tak hanya pertandingan tersebut, ia menjadi penyerang masa depan Gli Azzurri. Di mana pemain yang kini membela Paris Saint-Germain itu telah mencatatkan 8 penampilan. Beroperasi di lini depan, pemain 21 tahun itu berhasil menorehkan 2 gol dari penampilannya tersebut.

4. Sandro Tonali

5 Debutan Termuda Timnas Italia Dua Dekade Terakhir, Ada Donnarumma!goal.com

Pemain berikutnya adalah Sandro Tonali yang tentunya sudah cukup familier. Pemain berposisi gelandang ini menjalani debut pada 15 Oktober 2019. Saat itu, timnas Italia menjalani pertandingan menghadapi Liechtenstein.

Dalam pertandingan tersebut, Tonali masih berusia 19 tahun, 5 bulan, dan 7 hari. Sudah berkualitas saat usia muda, Tonali juga disebut-sebut sebagai penerus Andrea Pirlo.

Setelah bersinar bersama Brescia, pemain 20 tahun itu kemudian membela AC Milan dengan status pinjaman hingga saat ini. Bersama timnas Italia, ia telah mencatatkan 4 penampilan. 

5. Pietro Pellegri

5 Debutan Termuda Timnas Italia Dua Dekade Terakhir, Ada Donnarumma!tuttosport.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Pietro Pellegri yang juga masih berusia cukup muda. Ia tampil pertama kali bersama timnas Italia saat laga persahabatan menghadapi Estonia. Pada laga yang digelar 11 November 2020 tersebut, Pellegri masih berusia 19 tahun, 7 bulan, dan 25 hari.

Pemain 20 tahun ini baru mencatatkan satu penampilan bersama timnas Italia hingga saat ini. Pemain yang berposisi sebagai penyerang tersebut saat ini membela klub Ligue 1, AS Monaco. Jika bisa meningkatkan performanya, bukan tidak mungkin ia akan menjadi bintang masa depan Gli Azzurri.

 

Mayoritas pemain-pemain dalam daftar ini masih berusia cukup muda. Kesempatan debut bersama timnas Italia tentunya menjadi pengalaman berharga. Akankah mereka menjadi tumpuan Gli Azzurri di masa depan?

Baca Juga: 9 Pemain Italia dengan Gol Terbanyak di Serie A, Deretan Legenda!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya