5 Debutan Termuda Timnas Portugal dalam Satu Dekade, CR7 Termasuk!

Ada catatan terbaru, lho

Portugal menjadi salah satu negara di Eropa dengan sepak bola yang cukup baik. Saat ini, cukup banyak pemain Portugal yang memiliki kualitas mumpuni hingga menjadi andalan klub-klub elit.

Sebut saja Cristiano Ronaldo yang sudah tak terbantahkan lagi kualitasnya. Tak hanya CR7, banyak pemain lainnya yang tak kalah berkualitas dan juga dipanggil timnas. Bahkan, beberapa dari mereka masih berusia cukup muda. Hal tersebut menjadi perhatian tersendiri bagi pencinta sepak bola.

Portugal memang pernah memainkan pemain-pemain yang masih berusia belasan tahun. CR7 menjadi salah satu contohnya. Lalu, siapa saja pemain termuda yang jalani debut bersama timnas Portugal dalam satu dekade terakhir? Berikut daftarnya.

1. Cristiano Ronaldo

5 Debutan Termuda Timnas Portugal dalam Satu Dekade, CR7 Termasuk!uefa.com

Debutan termuda Timnas Portugal di abad ke-21 adalah Cristiano Ronaldo. Kualitasnya tentu saja sudah tidak diragukan lagi bahkan sejak ia masih belasan tahun.

Pemain penyerang ini debut bersama timnas Portugal saat menghadapi Kazakhstan dalam laga persahabatan. Pada pertandingan yang digelar 20 Agustus 2003 tersebut, CR7 masih berusia 18 tahun, 6 bulan dan 15 hari.

Hingga kini, pemain 35 tahun tersebut telah membela timnas Portugal dalam 171 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya, ia menorehkan 102 gol dan kini berseragam Juventus. Ia berstatus sebagai pemain dengan penampilan dan gol terbanyak sepanjang sejarah timnas Portugal.

2. Renato Sanches

5 Debutan Termuda Timnas Portugal dalam Satu Dekade, CR7 Termasuk!instagram.com/renatosanches18

Pemain berikutnya ada nama Renato Sanches yang mungkin sudah cukup familier. Pemain berposisi gelandang ini menjalani debut pada 25 Maret 2016. Saat itu, timnas Portugal menjalani laga persahabatan menghadapi Bulgaria. Dalam pertandingan tersebut, Sanches masih berusia 18 tahun, 7 bulan dan 7 hari.

Meskipun kariernya sempat bersinar bersama Benfica dan Bayern Munchen, penampilannya terus menurun dan kini bermain di Ligue 1 bersama LOSC Lille. Hingga saat ini, ia telah mencatatkan 22 caps dengan torehan 2 gol. 

Baca Juga: 5 Gelandang Asal Portugal yang Kini Membela Klub Premier League

3. Ruben Neves

5 Debutan Termuda Timnas Portugal dalam Satu Dekade, CR7 Termasuk!goal.com

Pemain berikutnya juga merupakan gelandang yakni Ruben Neves. Pemain lulusan akademi FC Porto tersebut menjalani debut bersama timnas Portugal pada 14 November 2015. Saat itu, timnas Portugal menghadapi Rusia dalam laga persahabatan.

Dalam pertandingan tersebut, Neves masih berusia 18 tahun, 8 bulan dan 1 hari. Selain laga tersebut, Neves telah membela Portugal dalam 18 pertandingan hingga saat ini. Pemain berusia 24 tahun tersebut kini membela Wolves setelah sebelumnya membela FC Porto.

4. Nuno Mendes

5 Debutan Termuda Timnas Portugal dalam Satu Dekade, CR7 Termasuk!express.co.uk

Nuno Mendes menjadi pemain muda berbakat yang saat ini membela Sporting CP. Berkat penampilan impresifnya bersama klub Liga NOS tersebut, Mendes mendapat kesempatan tampil bersama timnas Portugal. Laga debutnya bersama timnas senior baru saja terjadi, tepatnya pada 24 Maret 2021.

Dalam laga kualifikasi Piala Dunia menghadapi Azerbaijan tersebut, ia masih berusia 18 tahun, 9 bulan dan 5 hari. Bek kiri ini jelas digadang-gadang menjadi penerus para bintang Portugal meskipun beroperasi di lini belakang. 

5. Hugo Viana

5 Debutan Termuda Timnas Portugal dalam Satu Dekade, CR7 Termasuk!maisfutebol.iol.pt

Sebelum pemain-pemain tersebut, Hugo Viana lebih dulu mencatatkan diri sebagai pemain termuda yang debut bersama timnas Portugal dalam satu dekade terakhir. Ia tampil pertama kali bersama timnas Portugal saat laga persahabatan menghadapi Angola.

Pada laga yang digelar 14 November 2001 tersebut, Viana masih berusia 18 tahun, 9 bulan dan 30 hari. Sosok yang kini berusia 38 tahun tersebut telah memutuskan gantung sepatu pada tahun 2016 lalu. Viana telah mencatatkan 29 caps dengan torehan 1 gol.

 

Itulah lima debutan termuda timnas Portugal dalam satu dekade terakhir. Akankah ada rekor baru?

Baca Juga: 10 Gelandang Portugal dengan Harga Tertinggi Saat Ini, Ada Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya