5 Debutan Termuda Timnas Spanyol di Piala Dunia, Gavi Pecahkan Rekor!

Salah satunya baru membantu Spanyol hajar Kosta Rika 7-0

Spanyol sedang membangun kembali kekuatan sepak bola mereka di bawah asuhan Luis Enrique. Turut serta di Piala Dunia 2022 Qatar, La Roja dijejali cukup banyak pemain muda. Bahkan, beberapa dari mereka sudah membela Spanyol saat melawan Kosta Rika, Rabu (23/11/2022) malam WIB.

Gavi dan Pedri yang menjadi dipercaya tampil sejak menit pertama turut mengantarkan Spanyol meraih kemenangan. Dalam laga tersebut, Gavi mencatatkan rekor baru sebagai debutan termuda Timnas Spanyol di ajang Piala Dunia.

Tak hanya Gavi, Pedri yang bermain dalam laga ini juga termasuk dalam catatan ini. Lantas, siapa saja debutan termuda Timnas Spanyol sepanjang sejarah Piala Dunia?

1. Gavi

5 Debutan Termuda Timnas Spanyol di Piala Dunia, Gavi Pecahkan Rekor!Gavi (twitter.com/SEFutbol)

Gavi mencatatkan rekor baru sebagai pemain termuda Spanyol yang mentas di Piala Dunia. Pada edisi 2022, Gavi mencicipi atmosfer magis Piala Dunia bersama La Roja.

Pada, Rabu (23/11/2022), Gavi merasakan megahnya panggung Piala Dunia saat membantu Spanyol menghajar Kosta Rika 7-0. Usia Gavi dalam laga itu masih 18 tahun, 3 bulan, dan 18 hari.

Menariknya, Gavi juga berhasil mencetak gol dalam laga tersebat. Lewat torehan itu pula, ia jadi pencetak gol termuda kedua dalam sejarah Piala Dunia setelah Pele.

2. Cesc Fabregas

5 Debutan Termuda Timnas Spanyol di Piala Dunia, Gavi Pecahkan Rekor!Cesc Fabregas (uefa.com)

Sebelum dipecahkan Gavi, Cesc Fabregas merupakan pemain yang memegang rekor ini. Dia menjalani debut di Piala Dunia bersama Spanyol pada edisi 2006.

Fabregas dipercaya tampil ketika La Roja menghadapi Ukraina di fase grup. Dalam laga tersebut, mantan pemain Barcelona ini masih berusia 19 tahun, 1 bulan, dan 10 hari. Fabregas sendiri mengoleksi 110 caps bersama La Roja dengan torehan 15 gol.

Baca Juga: Spanyol Tanpa Ampun Gilas Kosta Rika di Piala Dunia 2022

3. Pedri

5 Debutan Termuda Timnas Spanyol di Piala Dunia, Gavi Pecahkan Rekor!Pedri (uefa.com)

Pemain ketiga dalam daftar ini adalah Pedri yang juga debut di Piala Dunia 2022. Pemain Barcelona tersebut dimainkan Enrique saat Spanyol berpesta lawan Kosta Rika. Melakoni debut, Pedri sendiri masih berusia 19 tahun, 11 bulan, dan 28 hari.

Sang gelandang bertalenta telah tampil dalam 14 pertandingan bersama Spanyol. Ia menjalani debut bersama La Roja sejak 25 Maret 2021.

4. Sergio Ramos

5 Debutan Termuda Timnas Spanyol di Piala Dunia, Gavi Pecahkan Rekor!Sergio Ramos (uefa.com)

Sergio Ramos juga menjadi salah satu pemain yang bersinar sejak usia muda. Pemain berposisi bek tengah ini pertama kali membela Timnas Spanyol di Piala Dunia 2006 silam.

Laga pertamanya terjadi pada saat menghadapi Ukraina dalam fase grup. Pada pertandingan yang digelar 14 Juni 2006 tersebut, Ramos masih berusia 19 tahun, 2 bulan, dan 15 hari.

Setelahnya, Ramos selalu jadi andalan La Roja dalam berbagai ajang. Total, Ramos sudah menorehkan 180 caps dengan catatan 23 gol.

5. Julen Guerrero

5 Debutan Termuda Timnas Spanyol di Piala Dunia, Gavi Pecahkan Rekor!Julen Guerrero (uefa.com)

Pemain termuda Spanyol lainnya yang pernah bermain di Piala Dunia adalah Julen Guerrero. Mantan pemain Athletic Bilbao ini menjalani debut di Piala Dunia pada 17 Juni 1994.

Saat itu, Guerrero tampil ketika Spanyol berduel melawan Korea Selatan di fase grup. Dalam laga tersebut, Guerrero masih berusia 20 tahun, 5 bulan, dan 10 hari. Setelahnya, Guerrero rutin masuk ke skuad La Roja. Sebanyak 41 caps dikantongi Guerrero dilengkapi 13 golnya.

Timnas Spanyol memang menjadi salah satu poros kekuatan sepak bola Eropa dan dunia. Banyak talenta besar yang lahir dan membela panji La Roja dalam pentas internasional, tak terkecuali pada Piala Dunia 2022 Qatar ini.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Spanyol yang Dimainkan Luis Enrique, Berbakat!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya